Virus Corona Berbahaya atau Tidak ?

oleh -739 views
virus corona berbahaya atau tidak ?
virus corona berbahaya atau tidak ?

Web portal pendidikan – Selamat pagi sobat belapendidikan, melihat perkembangan dunia yang dihebohkan oleh penyakit Corona yang berasal dari negara Cina, apakah Virus Corona berbahaya atau tidak ? Mari kita cari tau dalam artikel berikut.

Apa itu Corona ? Seberapa Mengerikan Penyakit ini ?


Banyaknya masyarakat awam yang tidak tahu mengenai penyakit ini, Corona adalah bentuk virus yang masih satu ikatan dengan SARS & Mers. Penyakit ini berbentuk seperti mahkota ditandai dengan huruf S yang menyerupai seperti sepatu di sekeliling permukaan virus.

Dikutip dari situs LIPI , Virus Corona memiliki satu rantai RNA sehingga kerap sekali disebut dengan virus RNA. Virus ini lebih cepat bermutasi hingga jutaan kalinya.

Jika sobat bertanya apakah virus ini begitu mengerikan, jawabannya adalah iya. Karna virus jenis Corona ini dapat menyebar dengan sangat cepat.

Organisasi Kesehatan Dunia atau sering disebut (WHO) memberikan nama resmi untuk jenis penyakit ini, yaitu COVID-19. CO adalah singkatan untuk Corona sendiri sedangkan VI untuk virus dan D untuk penyakit. sedangkan angka 19 di maksudkan bahwa virus ini terjadi atau timbul serta mewabah tahun 2019 akhir.

Sebelum muncul nama resmi diatas, virus ini kerap dipanggil dengan sebutan 2019-nCoV. Namun tidak banyak yang menggunakan nama tersebut sehingga masih membingungkan orang awam.

Dr. Crystal Watson dari Universitas John Hopkins di Bailtimore Maryland mengatakan kepada media BBC beberapa pekan lalu bahwa nama 2019-nCoV tidak mudah disebutkan dan dipergunakan oleh publik sehingga memilih untuk menggunakan nama lain.


Apa Saja Gejala yang Ditimbulkan dari virus Corona ?


Gejala yang ditimbulkan dapat menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, sakit kepala, batuk, radang tenggorokan, serta demam tinggi. Sistem pernapasan menjadi terganggu yang dipicu oleh sesak napas kemudian nyeri di dada.

Namun secara umum dapat dikelompokkan menjadi 3 gejala yang dirasakan oleh penderita yang terinfeksi virus corona, yaitu :

  1. Demam
  2. Batuk
  3. Sesak Nafas

Sumber : alodoktercom/virus-corona

Menurut penelitian terkait, gejala infeksi virus corona muncul dalam kurun waktu 2 hari hingga 2 minggu setelah si penderita terpapar oleh virus corona.


Beberapa Hal yang Menyebabkan Penderita Terinfeksi virus corona ?


Hal yang menyebabkan si penderita mengalami atau terinfeksi virus corona adalah tidak menerapkan hidup bersih dan sehat, sehingga virus mudah sekali masuk kedalam tubuh.

Dari kabar yang beredar mengatakan bahwa virus ini muncul dari hewan kemudian ditularkan ke manusia, dan kemudian menularkan lagi ke manusia lainnya.

Seseorang bisa dikatakan terkena / tertular coronavirus dapat melalui berbagai cara yaitu :

  • Tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk si penderita corona
  • Memegang mulut dengan tangan tanpa mencuci terlebih dahulu setelah menyentuh benda benda kotor
  • Adanya kontak jarak dekat dengan penderita corona, bisa melalui kontak mata, bersentuhan kulit (seperti berjabat tangan) atau komunikasi langsung.

Apakah Virus Corona Dapat Menyerang Siapapun ?


Jika ada yang bertanya seperti diatas maka jawabannya adalah Benar. Virus corona dapat menyerang siapapun, baik itu hewan maupun manusia, anak anak hingga orang dewasa sekalipun.

Namun pada umumnya virus ini menyerang si penderita yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah, ataupun memiliki masalah kesehatan sebelumnya.

Dari banyak sumber yang mengatakan bahwa, pemerintah Cina memiliki kasus kematian yang disebabkan oleh virus corona dengan kisaran umur 30 hingga 60 tahun.

Perlu adanya kesadaran bahwa hidup bersih itu penting untuk diri sendiri maupun orang orang terdekat kita, agar terhindar dari banyak penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus.


Pencegahan Seperti Apa yang Harus Dilakukan ?


Usaha untuk mencegah virus corona sangat penting, karna jika dibiarkan terus menerus tanpa adanya pencegahan yang serius dampak yang ditimbulkan akan sangat mematikan.

Beberapa pencegahan yang harus dilakukan setiap harinya yaitu dapat disebutkan sebagai berikut :

  • Mari mencuci tangan dengan sabun atau alcohol sebelum atau setelah melakukan aktivitas didalam dan diluar ruangan
  • Hindari menyentuh area mata, hidung atau mulut dengan tangan yang belum dicuci bersih.
  • Menghindari kontak dekat dengan orang sakit, jika memang harus, usahakan setelah menjenguk cuci tangan dengan bersih (biasanya di rumah sakit ada sabun cuci tangan).
  • Jika kamu sakit, maka hal yang dilakukan adalah tetap berada dirumah. Itu dikarnakan untuk menghindari penularan kepada orang lain
  • Pakai masker jika berpergian

Penanganan yang Dilakukan Jika Sudah Terkena Virus Corona


Jika penderita mengalami gejala seperti diatas, maka hal yang harus dilakukan adalah memeriksa kesehatan di Rumah Sakit. Tidak disarankan ke puskesmas atau klinik, dikarnakan minimnya peralatan yang disediakan pihak puskesmas atau klinik.

Penderita harus sigap dan cepat untuk memeriksa kesehatannya, jika dibiarkan berlarut larut bukan tidak mungkin penderita akan mengalami gangguan kesehatan yang lebih buruk.

Itulah penjelasan dari Virus Corona, dampak dan pencegahan yang harus dilakukan. Menurut sobat belapendidikan, apakah virus corona berbahaya atau tidak ? Berikan ulasannya di kolom komentar yang sudah kami sediakan dibawah.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami redaksi@belapendidikan.com

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

21 thoughts on “Virus Corona Berbahaya atau Tidak ?

  1. pencegahan corona dibaca di mana pun sama aja dg pencegahan thd virus pada umumnya. artinya para ahli memang blm bisa mengidentifikasi kekhasan virus tsb. intinya virus, dah gitu aja!

    1. Ya semua virus sebenarnya berbahaya dan menakutkan sie kak. Untungnya orang Indonesia banyak yang doyan jamu2an ya kak. Sehingga dengan bahan2 jamu dapat menangkal virus corona tersebut .

      1. eh, baru tahu saya kalau bahan-bahan jamu bisa menangkal penyebaran virus corona

  2. Penyakit ini lebih mengerikan daripa TBC ya mas. Sebab bisa menular hanya dengan kontak mata. Semoga kita semua dilindungi dari penyakit virus corona. Amin ya Rabbal alamin.

  3. Ngeri juga penyakit ini mas. Bahkan lebih mengerikan dari pada penyakit TBC karena virus corona bisa menular lewat kontak mata.

  4. Sebenarnya dibanding virus corona, virus lain seperti tbc itu malah lebih berbahaya. Tapi karena media, jadi terkesan mengerikan banget. Semoga semua keluarga aman dari virus ini. Aamiin.

  5. Membaca tentang penyebaran Corona ini ngeri banget. Sampai ribuan orang yg terpapar. Cara terbaik menghindari tentunya adalah dengan berjaga diri dan menerapkan pola hidup sehat

  6. Mengerikan karena penyebaran dan efeknya ke tubuh sangat cepat dan mematikan. Karena ini virus, sangat penting bagi kita untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar dapat melawan virus yang masuk ke tubuh selain menjaga kebersihan seperti yang disebutkan di atas.

  7. Saya baru kemarin mendapatkan jawaban lebih logis dari seorang dokter yang mengatakan sebab orang Indonesia relatif kebal corona. Jadi, kata Dokter Nidom, Guru Besar Biokimia di Universitas Airlangga, infeksi corona yang menyerang paru-paru itu mengakibatkan terjadinya badai sitokin. Nah, badai sitokin di paru ini bisa ditangkal dengan curcumin, zat yang banyak terkandung dalam temulawak, jahe, kunit, dan serai.

    Yaaa itu semua kan makanan sehari-hari orang Indonesia kan ya? Nyaris semua masakan ibu kita ada jahe, kunyitnya. Makanya saya jadi gak heran sekarang kenapa itu WNI kita yang dievakuasi di Natuna pada dikasih Tolak Angin. Hahaha. Jadi yg kemarin ngetawain soal Tolak Angin harusnya udah ngerti sekarang bahwa emang kandungan dalam Tolak Angin itu efektif menangkal badai sitokin dalam paru yang memicu infeksi corona virus ini.

  8. Virus Corona lebih banyak hoax nya daripada penjelasan ilmiahnya. Kalau menurut aku sih, Corona kayak semua virus belum ada obatnya, hanya tubuh sendiri yang harus kuat melawan virus tersebut. Obat anti virus pun sebetulnya untuk menguatkan daya tahan tubuh. Yang sempat heboh, awak kapal cruiser yang dikirimi Tolak Angin mungkin ada benarnya juga. Banyak suplemen herbal kita kan yang menguatkan daya tahan tubuh. Walaupun demikian semoga engga ada virus-virus lagi deh. Semoga sehat semua…

  9. Virus corona ini udah berdampak ke segala lapis kehidupan, gk cuma kesehatan, tp juga ekonomi. Dan makin harus waspada karena vaksinnya baru tersedia 18 bln lagi

  10. semoga kita semua dijauhkan dari virus vorona ini ya kak..dan benar adanya mungkin perilaku orang Indonesia yg selalu membasuh dengan air ketika melakukan apapun menyebabkab kebersihan tubuh lebih terjaga disamping sumber makanannya penuh dengan bumbu dapur mengandung herbal

  11. Semoga kita semua terhindar dari virus corona & segera ditemukan obatnya, vaksin pencegahannya agar tidak berlarut-larut. Karena efeknya lumayan signifikan nih, segala sesuatu yang import jadi kosong dipasaran

  12. Jadi sekarang nama resminya COVID-19 ya Corona ini. Terima kasih banyak aku jadi dapat info lengkap dari sini, dari mulai nama, bentuk virusnya, hingga gejala dan penularannya lewat apa. Gila sih lewat tatapan mata sama bersentuhan (berjabat tangan) aja bisa langsung nular ya. Pantesan aja yang di karantina di kapal pesiar itu bisa sampai ratusan penumpang yang terkena Corona

  13. Virus COVID-19 atau Corona ini menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar orang. Saya jadi teringat dengan 100 orang lebih turis Cina yang datang ke daerah saya, Sumatera Barat, beberapa waktu lalu. Mereka mendapat penolakan dari warga di daerah wisata yang ingin mereka kunjungi.

    Semoga permasalahan Corona di dunia bisa segera diatasi.

  14. Sekarang masalah virus corona jadi sesuatu yang menghebohkan di dunia, padahal dengan melakukan pola hidup sehat kita bisa terhindar dari virus dan penyakit apapun.

  15. Saya jadi ingat obrolan pagi tadi sama kakak-kakak di kwarcab, virus corona mungkin ga bakal masuk Indonesia celotehnya sambil becanda, kenapa karena Indonesia kan negara tropis. Beda dengan negara asalnya virus. Menurut saya pribadi dengan pola hidup sehat insya Allah akan terhindar dari segalah macam penyakit termasuk Corona.

  16. Menyikapi pemberitaan mengenai virus corona ini memang perlu bijak ya, mengingat ada banyak sekali pemberitaan yang kurang bisa dipertanggungjawabkan di luar sana. Tapi dari artikel ini minimal kita bisa tahu apa yang harus dilakukan untuk mencegah terkena virus tersebut. Yah minimal dengan menangkalnya melalui kebiasaan dan pola hidup sehat.

  17. imo, virus corona ini setara dengan MERS. Penularan yang cepat lewat udara memang membuat cepat penyebarannya. Semoga segera ditemukan vaksin supaya berwisata ke luar negeri bisa tenang 🙂

  18. Harus lebih waspada nih apalagi virus corona sudah menjangkit di indonesia. Gaya hidup sehat dan bersih, pola makan sehat, wajib banget diterapin…

  19. Makanya itu sekarang pemerintah di seluruh dunia sudah menganjurkan untuk social distancing kan untuk menurunkan tingkat penularan.

Komentar ditutup.