web portal pendidikan – Selamat pagi sob, udah masuk hari ke 4 nih, buat kamu yang ingin daftar jadi CPNS, yuk ikuti daftar online nya. Oh iya, buat pendaftar yang mengalami kendala saat daftar cpns admin ada tipsnya. Untuk info selengkapnya dapat kalian simak dalam artikel berikut.

Tips Untuk Pendaftar Yang Mengalami Kendala Saat Daftar CPNS

Pendaftaran online Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dibanjiri keluhan dan salah satunya Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tidak terdaftar. Pendaftaran CPNS 2017 ini sendiri baru dibuka 1 Agustus 2017 lalu.

Sekretaris Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara serta Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Aba Subagja menerangkan, faktor tersebut kemungkinan sebab adanya pelamar yang memasukkan NIK bukan miliknya. Padahal, setiap pelamar hanya boleh memiliki 1 NIK saja.

“Sebenarnya salah pengetikan, harusnya nol aku ketik satu, jadi bukan punya aku. Itu punya orang. Akhirnya dua-duanya nggak bisa, akhirnya dua orang itu nggak bisa masuk,” kata dirinya terhadap wartawan salah satu media, di Jakarta, Kamis (3/8/2017).

Dia membicarakan, itu terjadi sebab pelamar tidak lebih teliti saat memasukkan NIK. Oleh sebabnya, dirinya meminta pelamar berhati-hati saat memasukan nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan).

“Pertama orang itu harus betul-betul meneliti ketika memasukkan data. Sebab data itu hanya diinputnya sekali jadi berdampak dari tindaklanjutnya karena NIK harus terintegrasi. Sebab kenapa NIK cuma sekali, kalau itu tidak valid orang bisa berkali-kali. Itu sebetulnya untuk seleksi orang nggak bisa double-double,” jelas dia.

Lebih lanjut, pendaftaran CPNS online sendiri dilakukan dan harus mengunjungi sscn.bkn.go.id. Dirinya meminta para pelamar tidak usah khawatir sebab gangguan seperti itu bisa diatasi. Aba berkata, dalam laman tersebut ada help desk serta Pengaduan di mana keluhan bisa disampaikan untuk ditindaklanjuti.

“Tapi di situ ada fasilitasnya untuk complain, bisa diaktifkan kembali jika datamu belum diinput, ujar dia”

Dia bilang, adapun syaratnya memakai gambar kartu bukti diri pelamar.”Ada di dalam fasilitas di webnya untuk mengembalikan. Biasanya gambar KTP yang dikirim,” kata dia.

Faktor Yang Bisa Buat Kamu Gagal Saat Daftar CPNS

Pemerintah mengimbau para calon pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) harus dapat melewati daftar online supaya cermat mengikuti mekanisme dan prosedur pendaftaran online. Faktor ini butuh dilakukan supaya calon pelamar tidak gagal saat mendaftar pada laman sscn.bkn.go.id.

Pendaftaran online CPNS telah dibuka sejak awal agustus (1/8/2017) dan bakal ditutup pada 31 Agustus mendatang. Pendaftaran ini bakal berjalan hingga 26 Agustus 2017 untuk Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM mencantumkan tenggat waktu pendaftaran 31 Agustus 2017.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Herman Suryatman, mengimbau masyarakat untuk membaca dengan baik mekanisme dan prosedur pendaftaran.

[wpspoiler name=”Baca Juga” open=”true”]Pendaftar CPNS Tembus Puluhan Ribu Peserta
Mekanisme Pendaftaran Online CPNS 2017
Tips Lulus Tes Bahan CPNS 2017[/wpspoiler]

“Seluruh sistem pendaftaran CPNS dapat dilakukan dengan cara elektronik dan calon pelamar tidak bisa merubah opsi dengan argumen apa pun. Sehingga pendaftar harus cermat membaca dengan baik seluruh prosedur pendaftaran,” kata Herman dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kegagalan mendaftar dominan karna kecerobohan dan ketidakcermatan pendaftar. Oleh sebab itu, pelamar dianjurkan membaca dan memahami dengan cara menyeluruh ketentuan dan persyaratan pelamaran.

“Kegagalan mendaftar umumnya sebab kecerobohan calon peserta, karena kesalahan dalam melakukan input data. Jadi, persiapkan kelengkapan data yang diperlukan khususnya KTP dan KK,” Herman menyarankan.

Calon pelamar harus melakukan registrasi online dengan mengisi formulir yang telah terdapat dan memakai data kependudukan yang valid, yakni Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau NIK pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK.

“Apabila ada ketidaksesuaian atas data-data kependudukan tersebut, disarankan supaya segera memperbaharui data di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat,” ujar dia.

Selain memperhatikkan dengan cermat data data diri dan proses pendaftaran online CPNS, dia kembali menghimbau calon pelamar (pendaftar) supaya memperhatikan poin-poin persyaratan yang telah ditentukan di MA dan Kementerian Hukum dan HAM.

Untuk Permasalahan Yang Lebih Lanjut, Silahkan Hubungi Call Center Instansi Terkait

Apabila terdapat hal-hal yang tetap memerlukan penjelasan terkait persyaratan pelamaran tersebut, pelamar bisa menghubungi call center instansi tersebut. Call Centernya Kementerian Hukum dan HAM yakni (021) 5253004 (ext 310) dan Mahkamah Agung call center nomor 082110891729.

Itulah penjelasan dari artikel Tips Untuk Pendaftar Yang Mengalami Kendala Saat Daftar CPNS. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel ini di masa yang akan datang