Tips Pemakaian Softlens Agar Tidak Iritasi Atau Kering

oleh -158 views
tips pemakaian softlens agar tidak iritasi atau kering
tips pemakaian softlens agar tidak iritasi atau kering

Web portal pendidikan – Selamat siang sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan membagikan tips pemakaian softlens agar tidak iritasi ataupun kering. Berikut ulasannya dapat saya sampaikan dibawah ini.

Tips Pemakaian Softlens Agar Tidak Iritasi Atau Kering


Kebersihan adalah aspek penting pertama dalam perawatan Softlens yang benar. Selalu cuci tangan Anda sampai bersih dengan sabun lembut, bilas dengan hati-hati dan keringkan sebelum menyentuh Softlens Anda. Banyak orang awam yang tidak mengetahui cara memasang Softlens dengan benar.

Banyak orang juga tertarik untuk menggunakannya tetapi takut untuk menggunakannya karena mereka tidak tahu bagaimana cara menggunakannya dengan benar. Sebelum memikirkan untuk membeli dan memasang Softlens, ada baiknya Anda memperhatikan cara-cara memasang Softlens di bawah ini agar Anda tidak ragu-ragu jika ingin menggunakannya. Penting untuk mengecek Softlens saat kita membelinya sebelum benar-benar masuk ke mata agar nyaman dipakai.

Beberapa tips untuk memasang softlen yang benar:

tips pemakaian softlens agar tidak iritasi
Tips Pemakaian Softlens Agar Tidak Iritasi

1. Lihat dan periksa Softlens

Sebelum memasang Softlens, periksa kembali Softlens Anda untuk memastikannya bebas dari goresan atau sobekan. Jika terlihat rusak maka jangan digunakan, lebih baik dikembalikan atau dibuang. Pastikan juga posisi Softlens Anda tidak terbalik dari dalam ke luar. Letakkan soft lens di ujung jari telunjuk Anda dan tahan dalam posisi sejajar dengan mata.

2. Pengambilan Softlens

Ambil Softlens dengan jari Anda atau dengan penjepit, pegang dari samping. Posisi yang benar adalah lensa akan melengkung ke dalam, sedangkan posisi yang salah akan menggulung jari-jari Anda. Tentunya pengambilan contact lens harus dengan tangan atau alat penjepit dalam kondisi bersih agar debu atau kotoran tidak masuk ke dalam contact lens.

3. Masukkan Sofltens

Masukkan Softlens ke dalam mata dengan menggunakan tangan yang menurut anda paling nyaman dipakai, baik tangan kanan maupun kiri, lalu angkat kelopak mata dengan jari tengah dan letakkan lensa pada kornea mata, akan menempel, usahakan jangan sampai banyak berkedip saat lensa akan dimasukan karena jika banyak berkedip maka Softlens akan sulit masuk ke dalam mata. Ulangi proses seperti ini dengan mata di sebelahnya.

Bagi sebagian orang, memakai Softlens terasa lebih praktis dan stylish dibandingkan memakai kacamata. Namun, jangan sembarangan saat memakainya karena kesalahan dapat menyebabkan berbagai masalah pada mata. Dibawah ini Hal yang menyebabkan Iritasi :

Tidur

Mengenakan softlens saat tidur bisa membuat kornea mata kekurangan oksigen. Hal tersebut tidak hanya membuat mata menjadi kering dan terasa tidak nyaman. Jika Anda sering melakukan ini, mata Anda bisa menjadi bengkak dan penglihatan Anda bisa kabur.

Bakteri juga lebih mudah “terperangkap” di mata saat Anda tidur sambil memakai soft lens. Faktanya, sebuah penelitian dari Australia menemukan bahwa mereka yang sering tidur dengan Softlensmemiliki kemungkinan 6,5 kali lebih besar untuk mengalami infeksi kornea. Salah satu infeksi yang paling umum adalah ulkus kornea, suatu kondisi di mana terdapat luka terbuka di kornea.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menggunakan Softlens?

hal yang tidak boleh dilakukan saat menggunakan softlens
hal yang tidak boleh dilakukan saat menggunakan softlens

Mandi dan Berenang

Satu hal yang harus diperhatikan saat memakai softlens adalah jangan sampai mereka basah. Air dapat membuat softles berubah bentuk dan menempel pada mata, yang ujung-ujungnya justru dapat melukai kornea Anda. Masalah lainnya, air mengandung mikroorganisme yang bisa terperangkap di Softlens. Akibatnya mata bisa menjadi infeksi yang menyakitkan yang tidak menutup kemungkinan menyebabkan hilangnya penglihatan secara permanen.

Tidak Memperhatikan Tanggal Kedaluwarsa

Hal lain yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat memakai Softlens adalah tidak memperhatikan tanggal kadaluwarsa. Memang ini kelihatannya lebih ekonomis, tapi memakai Softlens yang “basi” bisa menyebabkan infeksi mata. Sebaiknya jangan mengambil risiko memakai Softlens yang sudah melewati tanggal kadaluwarsanya, meski hanya satu atau dua hari.

Jarang Membersihkan Tempat Softlens

Menjaga kebersihan tempat softlens juga penting. Tempat softlens yang kotor merupakan sarang kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi mata. Jadi, bersihkan tempat Softlens Anda setiap hari untuk mencegah infeksi. Tidak sulit, cukup rendam dalam air panas agar bebas dari kuman dan bakteri. Dianjurkan agar Anda mengganti tempat Softlens setiap tiga bulan untuk menjaga kebersihan Softlens serta kesehatan mata Anda.

Jangan gunakan terlalu lama

Beberapa orang mungkin diharuskan memakai Softlens setiap hari. Perlu diketahui, kekuatan mata menggunakan Softlens pada setiap orang berbeda-beda, ada yang hanya bertahan selama 6 jam dan ada yang mungkin bisa memakainya hingga 15 jam. Jadi lamanya pemakaian tergantung masing-masing individu. Jika mata terasa lelah, sebaiknya segera lepas Softlens.

Softlens dalam kondisi baik

Pastikan Softlens yang akan digunakan dalam keadaan baik. Adanya sobekan atau cacat pada contact lens atau penggunaan lensa kontak terbalik dapat membuat lensa kurang nyaman digunakan. Jika Softlens sudah rusak walaupun sedikit lebih baik tidak digunakan karena bisa menyebabkan luka pada mata. Selalu perhatikan tanggal kedaluwarsa Softlens sebelum digunakan.

Jaga mata tetap lembab Setiap pengguna Softlens membutuhkan obat tetes mata untuk mencegah terjadinya mata kering.  Oleskan obat tetes mata secara berkala saat menggunakan Softlens.

Softlens Paling Sehat Dan Cantik Alami

Softlens paling sehat dan cantik alami
Softlens paling sehat dan cantik alami ya miacare

Kami rekomendasikan kepada kalian softlens paling sehat dan cantik alami, yaitu softlens dari produk miacare. Itu dikarenakan miacare lebih memperhatikan kualitas serta kesehatan mata penggunanya. Miacare bisa disebut sebagai “the expert” atau ahlinya dalam bidang softlens.

Miacare mempunyai desain bentuk softlens yang baik, kenapa ? karna kandungan yang terdapat didalam softlens dapat membuat mata menjadi tidak lelah jika memakainya, sirkulasi oksigen yang diterima mata tetap lancar sehingga membuat mata tidak cepat lelah. Softlens ini juga mempunyai keunggulan UV Blocking nya, melindungi mata dari sinar ultra violet secara langsung.

Kenapa harus memilih miacare ?

Jawabannya karna softlens ini terbuat dari silicone Hydrogel (SIHy), miacare menjadi satu satunya softlens berwarna silicone hydrogel yang memiliki SIHy didalamnya. Bahan silicone Hydrogel dinilai mampu untuk menjaga mata lebih aman, nyaman dan terawat.

Selain itu juga softlens miacare mempunyai kemampuan transmisibilitas oksigen (oxygen transmissibility) yang dimana teknologi ini mengutamakan kesehatan kornea mata. Harus kamu tahu bahwa lensa kontak bisa menjadi penghalang yang dapat mengurangi sejumlah oksigen untuk mencapai kornea.

Tentunya bagi orang yang menggunakan softlens pasti ingin tetap beraktivitas dengan lancar bukan ? Miacare peduli dengan hal yang seperti ini, dengan teknologi baru yang dimiliki bernama “Eautrasil“, teknologi ini mampu untuk melindungi mata dari radiasi sinar ultraviolet (UV).

Miacare sudah terdaftar di KEMENKES dan sudah teruji di kanca dunia yang dikenal sebagai No.1 Healthy and Charming Softlens in The World. Jadi kamu tidak perlu meragukan lagi softlens yang dihasilkan Miacare ini. Pastinya aman untuk digunakan.

Kemampuan Transmisibilitas Oksigen (DK/t)

kemampuan transmisibilitas oksigen DK/t
kemampuan transmisibilitas oksigen (DK/t)

Dengan teknologi baru yang ada, Softlens CONFIDENCE Dailly (Shimmer) mengutamakan kesehatan pada kornea mata. Karna mencari softlens bukan hanya mengukur pada warna serta kadar airnya saja, namun juga harus diperhatikan DK/t nya alias kemampuan pada sirkulasi atau penyerapan oksigen yang sangat berguna untuk mata.

Di teknologi lama hanya menggunakan permeabilitas oksigen, sedangkan di lensa CONFIDENCE Daily (Shimmer) menggunakan teknologi yang mengatur tingkat transmisi oksigen (DK/t)

“Nilai Transmissibility pada produk miacare dinilai yang paling tinggi dibanding produk softlens lainnya. Contohnya saja bisa dilihat di seri CONFIDENCE Monthly (Flash), DK/t 193 menjadi yang tertinggi di dunia, kemudian untuk CONFIDENCE Daily (Shimmer) DK/t nya mencapai 151, yang juga tertinggi pada kelasnya.”

sumber : miacare.co.id

Miacare
Website : www.miacare.co.id

Demikianlah Ulasan Tentang Tips Pemakaian Softlens Agar tidak iritasi Atau Kering semoga artikel yang kami ulas dapat bermanfaat untuk pengunjung.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami cs@keluhkesah.com

Kata Kunci : Tips pemakaian softlens agar tidak iritasi atau kering

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com