Tips Menjaga Kehamilan Dengan Metode Nipt Test

oleh -84 Dilihat
tips menjaga kehamilan dengan metode nipt test
tips menjaga kehamilan dengan metode nipt test

Web portal pendidikan – Selamat malam sobat keluhkesah.com, kali ini kita akan memberikan tips menjaga kehamilan dengan memakai metode Nipt Test. Apakah metode Nipt Test itu ? Ulasannya akan kita rangkum dalam artikel berikut :

Tips Menjaga Kehamilan Dengan Metode Nipt Test


Untuk mencari tau metode Nipt Test tentu kita harus mengetahui Nipt Test itu sendiri. Non Invasive Prenatal Test (NIPT) merupakan pemeriksaan (screening) pada awal mula masa kehamilan (prenatal) yang dilakukan secara non invasif agar mendeteksi kemungkinan terjadinya kelainan “genetik” pada janin.

Pemeriksaan yang dimunculkan pada tahun 2011 di Eropa Barat ini dilakukan dengan cara mengambil sample darah dari vena ibu untuk memeriksa materi genetik janin dari plasenta yang ikut bercampur di dalam darah ibu.

Karena metode ini dilakukan secara non invasif, pemeriksaan relatif lebih aman untuk ibu dan janin dengan tingkat akurasinya lebih dari 99%. NIPT dapat dilakukan sejak usia kehamilan mulai dari 10 minggu hingga akhir kehamilan.

Keuntungan Pemeriksaan NIPT TEST


Adapun keuntungan yang didapat jika mengikuti metode pemeriksaan Nipt Test yaitu aman untuk ibu dan janin pada tingkat akurasi yang tinggi dengan mencapai angka 99% Pemeriksaan secara menyeluruh untuk 23 pasang kromosom Non invasif (hanya membutuhkan 10 mL darah ibu hamil)

Namun yang perlu diingat bahwa NIPT merupakan metode pemeriksaan yang bertujuan untuk mendeteksi secara dini (screening) dan bukan sebagai pemeriksaan diagnostik.

Baca juga : Mengapa Ibu Hamil Selalu Diberikan Suplemen Zat Besi

Hasil Pemeriksaan NIPT TEST


Hasil pemeriksaan “Nipt Test” biasanya merupakan interpretasi dengan tingkat risiko rendah (low risk) ataupun juga risiko tinggi (high risk) terhadap kemungkinan kelainan bawaan yang diperiksa.

Hasil Test dengan nilai risiko yang tinggi mungkin akan memerlukan pemeriksaan diagnositik lebih lanjut, misalnya pemeriksaan genetik dari cairan ketuban (amniocentesis) ataupun chorionic villus sampling (CVS).

Tips Menjaga Kehamilan

Berbagai cara tentu akan dilakukan agar janin yang dikandung tetap dalam kondisi yang baik. Nah, disini kami akan memberikan tips dan cara untuk menjaga kehamilan ibu dan janin. Adapun tips dalam menjaga kehamilan sebagai berikut:

A. Mengonsumsi Makanan Bergizi dan Minum Vitamin Yang Cukup

Si bunda harus pintar pintar dalam memilah makanan apa saja yang harus di konsumsi, makanan yang baik ialah makanan yang berasal dari sayuran dan buah buahan.

Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, tentu juga akan berpengaruh terhadap perkembangan otak janin. perkembangan berat tubuh dan menghindari resiko cacat lahir.

B. Rajin Melakukan Pemeriksaan Ke Dokter Kandungan

Bunda harus selalu melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter kandungan, untuk melihat perkembangan janin seperti apa. Bisa dengan cek USG atau skrinning. Biasanya dilakukan secara berkala 2 minggu hingga 3 minggu.

C. Olahraga Senam Ringan Kehamilan

Rajin melakukan gerakan olahraga tentu dapat membuat otot lebih rileks, salah satu olahraga yang harus bunda lakukan yaitu yoga, karena yoga sangat bermanfaat untuk ibu hamil, selain mengatur nafas, tentu juga bisa mengatur tingkat emosi dan ketenangan.

Olahraga dapat mengendurkan otot otot yang tegang selama kehamilan berlangsung, mengurangi tingkat stress serta bisa mereda sakit punggung yang dialami oleh si ibu hamil.

D. Menghindari Mengonsumsi Rokok Ataupun Obat obatan Terlarang

Sebisa mungkin bunda harus menghindari mengonsumsi rokok, karena zat yang terkandung didalam rokok tidak bagus untuk ibu hamil serta janin. Sebisa mungkin jauhin orang yang merokok, ya walaupun bukan kita yang merokok namun orang lain yang merokok juga dapat berdampak ke ibu dan buah hati.

Hindari mengonsumsi obat obatan terlarang yang tidak dianjurkan dokter untuk di konsumsi, karena hal itu dapat berdampak terhadap janin yang dikandung.


Nah itulah ulasan singkat mengenai tips menjaga kehamilan dengan metode NIPT Test. Kritik dan saran yang membangun dari pengunjung dapat menjadi acuan untuk kami agar lebih baik kedepannya.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami halo@keluhkesah.com

Kata kunci : Tips menjaga kehamilan, Metode Nipt Test, Keuntungan Pemeriksaan NIPT Test, Hasil Pemeriksaan NIPT Test

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com