web portal pendidikan – Selamat siang sobat jurnaliscun yang sedang melakukan puasa pada hari ini. Bagaimana kabarnya ? sehat kan ? Mimin kembali lagi posting dengan judul artikel yang baru tentunya. Mau bahas apasih min ? Saya akan bahas tips menghasilkan konten yang baik. Bagaimana caranya ? berikut ulasannya

Tips Menghasilkan Konten Yang Baik

Berbicara tentang konten, konten atau artikel adalah suatu bacaan yang mengharapkan orang lain untuk membacanya. Kita tentu akan membuat suatu konten menjadi bacaan yang menarik untuk dibaca kan, nah maka dari itu kualitas konten haruslah baik agar para pembaca sangat senang dengan tulisan yang kita buat.

Menurut pengertian umumnya konten adalah suatu informasi yang tersedia melalui media masa (surat kabar) atau media elektronik. Penyampaian konten dapat dilakukan melalui surat kabar, televisi, internet bahkan acara live atau langsung seperti konferensi dan pertunjukan diatas panggung.

Melihat dari judul diatas, bagaimana sih tips menghasilkan konten yang baik itu ? Kita harus mengetahui dulu “baik” yang dimaksud itu apa. Menurut mimin konten yang baik itu adalah konten yang berisi informasi yang akurat, tidak lari dari pokok bahasan dan tulisan yang dibuat sangat mudah dipahami.

Di jaman modern ini orang pada umumnya lebih senang membaca artikel lewat internet, nah disini lah kamu sebagai penulis memberikan informasi informasi yang akurat untuk dicari pengunjung. Jangan membuat konten yang tidak berkualitas, bisa dikatakan disini judul dan isi konten tidak sesuai dengan alurnya. tulisan nya kemana mana, tidak langsung tertuju pada target bahasan.

Orang yang suka menghasilkan konten yang baik pasti pemikiran nya juga baik. Karena konten yang baik pasti akan berdampak juga pada penulisnya. Ketika tulisan itu sangat “baik” di mata pengunjung, tentu pengunjung juga pasti sudah memperkirakan bahwa si penulis orang yang profesional. Karna kalau seorang newbie membuat konten pasti akan sangat berbeda dengan seorang profesional yang sudah ahli dibidangnya.

Buat kamu yang ingin tahu bagaimana sih caranya menulis konten yang baik itu? Disinilah mimin akan mengupas tips dan cara jitu nya agar artikel atau konten yang kita buat sangat baik.

Tips Menghasilkan Konten Yang Baik

  • Siapkan strategi konten
  • Tujuan konten

Strategi konten

Sebelum membuat konten kamu harus membuat dahulu strateginya apa, strategi adalah pendekatan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan gagasan dan mengeksekusi dalam kurun waktu yang di targetkan. Misalnya kamu ingin membuat suatu konten dengan tema “konten yang baik” . Nah disini kamu harus melakukan perencanaan yang matang agar artikel yang kamu buat tepat sasaran.

Kamu harus melakukan perencanaan dengan memikirkan hal apa yang harus ditulis. Lalu buat suatu judul yang sangat menarik para pembaca, lalu mulai lah dengan isinya. Ketika perencanaan itu sudah matang, kamu tidak lagi memikirkan bagaimana caranya mengisi artikel tersebut.

Untuk melakukan perencanaan pastinya kita akan berpikir terlebih dahulu kan, apa yang mau dibuat, tema apa yang mau ditulis. Kamu bisa melakukan browsing ke situs situs lain, dengan cara itu kamu akan mendapatkan ide untuk membuat suatu artikel. Ketika ide sudah didapatkan tinggal mencari judul apa yang mampu membuat artikel itu sangat disukai pengunjung. Ketika semua sudah disiapkan kamu tinggal menulis saja, biarkan pikiran mu menjelajah semua kosa katanya.

Tujuan Konten

Tujuan adalah hasil akhir atau segala sesuatu yang akan dicapai, Kamu harus memikirkan tujuan kamu membuat konten itu untuk apa ? Untuk siapa ? Kamu harus tahu membuat konten itu tujuan nya untuk mengasah pikiran melalui tulisan, sebenarnya jika ditanya untuk siapa jawabannya untuk diri kamu sendiri, untuk membuktikan bahwa kamu bukan orang yang tidak tau apa apa.

Dengan membuat suatu konten tentu wawasan kita akan menjadi lebih luas. Hal yang sebelumnya kita tidak tahu sekarang menjadi tahu. Dengan melakukan hal ini tiap harinya tentunya akan mengasah ide menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Hal Hal Yang Mendukung Terciptanya Konten Yang Baik

Hal apa saja sih yang perlu kita ketahui untuk mendukung terciptanya konten yang baik itu ? disini admin akan memberikan rincian hal hal yang mendukung kamu untuk menciptakan suatu konten yang baik.

Lingkungan yang mendukung

Lingkungan menjadi sangat penting untuk terciptanya suatu artikel yang baik kenapa ? coba pikirkan, ketika kita ingin membuat konten tetapi lingkungan tidak mendukung terhadap apa yang ingin kita lakukan. Misalnya kita ingin membuat konten tetapi lingkungan nya ramai dengan kendaraan kendaraan, membuat bising, dan lain sebagainya.

Ketika kita ingin membuat suatu konten pasti lingkungan yang dibutuhkan adalah lingkungan yang aman, damai dan nyaman. Lingkungan yang nyaman tentu akan membuat pikiran kita menjadi fresh (segar) dan mampu memberikan ide ide cemerlang. Menulis ditempat yang sesuai juga dapat meningkatkan mood seseorang.

Buat Jadwal Menulis

Buat kamu yang super sibuk dengan jadwal harian kamu tentu jadwal menulis menjadi kacau, dan tidak terjadwal. Mulai lah dari sekarang kamu buat jadwal menulis konten, dengan adanya jadwal kamu tentunya sudah mempersiapkan diri terlebih dahulu. Misalnya jadwal menulis kamu besok, pastinya kamu udah siap malam harinya. Ketika kamu ingin menulis besok hari tentu kamu sudah mempersiapkan tempat dan alat alat yang digunakan untuk membuat konten.

Baca juga sob : tips menulis artikel yang baik

Lakukan dengan rutin, maka kamu nantinya akan terbiasa. Ketika sudah terbiasa, kamu tidak perlu repot repot lagi untuk mempersiapkan segalanya. Karena kamu sudah mengetahui apa yang harus dilakukan.

Ketika kamu ingin membuat konten dengan tema yang bervariatif tentunya kamu akan mempersiapkan jadwalnya. Tidak mungkin satu hari itu kamu mampu membuat konten dengan tema yang berbeda beda. Buatlah jadwal harian untuk jadwal menulis kamu, misalnya hari ini kamu mau nulis tentang apa, nah besoknya kamu buat konten dengan tema yang berbeda pula.

bagaimana jika hasrat menulis hilang ?
bagaimana jika hasrat menulis hilang ? Apakah ada cara untuk itu ?

Bagaimana Jika Kamu Tidak Niat Untuk Menulis ?

Pastinya setiap orang punya rasa boring ya, nah hal ini harus kita hilangkan. Ketika kamu yang hobi nulis konten lalu tiba tiba hilang hasrat untuk menulis apa yang harus dilakukan ? Poin poin yang harus kamu lakukan adalah

  • Kamu harus bertanya kepada diri kamu sendiri, kenapa kamu menulis ? Untuk apa ? Ketika kita sudah mendapatkan jawabannya tentu semangat dan mood akan kembali lagi.
  • Usahakan ketika jadwal sudah terbuat, sebelum buat konten kamu harus mandi, kenapa ? karena ketika mandi akal dan pikiran menjadi segar kembali. Hal ini dapaat meningkatkan mood kamu untuk menulis
  • Berbaur lah dengan para penulis lainnya untuk memicu semangat kamu dalam membuat konten. Dengan berbaur dengan para penulis lain tentu kita akan bertukar pikiran tentang hal apa yang harus ditulis.

Ketika poin poin diatas sudah kamu lakukan, tentu hasrat untuk menulis tidak akan hilang. Kamu menjadi lebih bersemangat dalam membuat konten yang baik.

Baca juga sob : tips menangkal rasa malas ngeblog

Itulah tips yang harus kamu lakukan ketika ingin membuat suatu konten dengan baik. Lakukan apa yang ingin kamu lakukan tanpa ada paksaan atau ikut ikutan orang. Penulis yang baik adalah penulis yang mempunyai integritas dan semangat yang tinggi.

Sampai disini artikel tentang “tips menghasilkan konten yang baik Jangan lupa dibagikan ke teman teman yang masih awam dengan menulis. Karena membantu sesama adalah hal positif bagi diri kita. Udah dulu ya sob lain kali kita ketemu lagi dengan tema yang berbeda.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com