Jurnaliscun.com – Selamat malam sobat mas hafiz, pada malam ini saya ingin membuat sebuah artikel, dimana artikel yang saya buat ini, tentu sangat bermanfaat nantinya untuk sobat sobat yang ingin mendaftar adsense dan pada saat review kedua. Judul artikel yang saya buat yaitu Tips Menghadapi Review Kedua (2) Google Adsense.

Tips Menghadapi Review Kedua Adsense
Tips Menghadapi Review Kedua Google Adsense

Sebelum saya memberikan tips nya pada saat menghadapi review kedua google adsense, alangkah baik nya sedikit saya ulas apa itu google adsense, kenapa banyak publisher yang ingin memasang iklan google adsense, dan kenapa google adsense menjadi tujuan utama dalam ngeblog. Pertanyaan pertanyaan yang saya sebutkan tentu banyak dibenarkan oleh para blogger yang ada. Untuk itu, saya akan ulas satu persatu.

APA ITU GOOGLE ADSENSE ?

Google Adsense merupakan sebuah affiliation ( Penyedia iklan ) yang paling populer dikalangan para pengguna internet, baik para blogger, youtubers, maupun pengiklan playstore. Google Adsense sendiri juga mampu membayar publisher nya dengan sangat tinggi, bisa dikatakan per click adsense sendiri melebihi dari iklan PPC lain. Penghasilan Google Adsense sendiri dilihat dari jumlah per click nya pada iklan yang ditanam didalam blog, web. Untuk Youtube sendiri, iklan google adsense terpasang pada saat ingin memutar sebuah video yang ada didalam youtube.

Kenapa google adsense dikatakan populer ? Karna hampir seluruh pengguna internet dari seluruh dunia yang mengetahui iklan ini. Karena iklan tersebut milik Google, maka seluruh dunia pun pasti akan tahu.Untuk kantor pusat Google Adsense sendiri terletak di California Amerika Serikat. Dan pada tahun ini Google Adsense mempunyai cabang kantor yang terletak di Jakarta, Indonesia.

Karena terlalu populernya iklan Adsense sendiri, Google membuat banyak peraturan untuk para calon publisher nya. Karena google sendiri harus mencari situs situs yang berkualitas untuk dipasangkan iklan dari Google sendiri. Google Adsense sendiri mereview calon publisher nya lewat 2x ( dua kali ) review. Review pertama Google mereview sebuah situs dalam hal tampilan situsnya. Dan Review ke 2 ( Ini Review yang paling sulit diterima) Dinilai dari segi artikel, kualitas blog, loading blog, responsive sebuah situs, dan mobile friendly ( situs bisa dimuat di smartphone ).

KENAPA BANYAK PUBLISHER YANG INGIN MEMASANG IKLAN ADSENSE ?

Seperti kata saya diatas, banyak publisher yang ingin memasang blog nya dengan iklan adsense dikarenakan Google Adsense mampu membayar tinggi publishernya per click. Melebihi iklan PPC lainnya seperti kliksaya, iklanblogger, dan sebagainya. Per click Adsense sendiri bisa mencapai 1$ ( jika dijumlahkan bisa 13ribu rupiah ) per click, dan bahkan bisa lebih.

KENAPA ADSENSE SENDIRI MENJADI TUJUAN UTAMA DALAM NGEBLOG ?

Sebenarnya hal itu salah, karena tujuan utama kita sebagai blogger dalam ngeblog tentunya untuk memberikan ilmu ( sharing ) kepada orang lain ( pengguna internet ) yang ingin mencari sesuatu sesuai yang mereka cari. Jika artikel atau postingan yang dibuat menarik, tentu pengguna internet akan menjelajahi situs anda. Ilmu yang anda bagikan secara tidak langsung tersebut, tentunya akan membuat orang yang membacanya mendapat inspirasi, hal itu tentunya berbuah kebaikan bagi diri anda sendiri sebagai pembuat artikel. Karena orang yang membantu orang lain yang sedang kesusahan niscaya dia akan di berkahi oleh Allah swt. Tentunya pahala ngalir kepada anda. Semakin banyak orang yang share artikel anda tersebut, tentunya pahala terus ngalir.

Dari pertanyaan diatas, tentunya hal itu bisa dirasakan oleh para blogger pemula, karena mereka melihat orang yang sudah sukses dalam ngeblog karena iklan. Nah, mereka jadi termotivasi untuk ngeblog karena menginginkan hasilnya saja.

Perlu di ingat, Blogger sejati tentu tidak akan mengharapkan penghasilan terlebih dahulu, melainkan situs nya ramai oleh para pengunjung, ramai karena situsnya banyak disenangi oleh pengguna internet. Dan secara tidak langsung iklan yang ada di situs tersebut akan di klik oleh pengguna internet tersebut. Kebanyakan para pemula dalam ngeblog berlomba lomba untuk mendaftar iklan adsense, tanpa memperdulikan kualitas blog.

Jika Anda sudah mantap dengan blog atau situsnya, dan ingin mencoba untuk mendaftar Adsense, saya akan memberikan tips nya.

1. Siapkan Blog yang sudah berumur matang ( sudah berbulan bulan ). Jika berdomain TLD blog yang 4 hari pun bisa didaftarkan, akan tetapi blog tersebut rentan akan ditolak.

2. Jika anda mempunyai blog dengan subdomain blogspot, maka daftarnya lewat menu dalam blogger. Menu > penghasilan > Daftar.

3. Untuk domain TLD, anda mendaftar adsense lewat google.com/adsense , atau bisa lewat admob, dan youtube.

4. Lengkapi data data dengan sangat lengkap. Ini tentunya akan menjadi sebuah informasi data diri anda sebagai calon publisher Adsense.

5. Berdoa dan Menunggu Email Masuk. Jika diterima anda akan melihat email seperti ini

Email Lolos Review Pertama
Jika anda melihat email seperti ini, berarti itu sudah lolos dalam review pertama

6. Jika ditolak, anda tidak akan melihat email seperti diatas.

BERLANJUT KE TAHAP REVIEW KEDUA

1. Jika sudah lolos pada review pertama, anda akan menerima email “Harap Buat Unit Iklan Pertama Anda di Google Adsense”

2. Anda diharuskan masuk ke google.com/adsense untuk memasang unit iklan.

3. Cara memasang nya buka google.com/adsense ketika dashboard sudah terbuka, pilih menu my ads atau iklan saya.

4. Create Unit iklan, Pilih yang ukuran responsive.
5. Pasang ke situs anda, bisa dipasang di sidebar, header, maupun didalam artikel.

6. Setelah terpasang, iklan akan terlihat kosong ( karena masih dalam review ).
7. Selesai

Untuk Syarat syarat blog sendiri dalam tahap review kedua adsense yaitu.

1. Template blog tidak boleh diganti ganti pada saat review kedua.
2. Update Artikel sehari satu saja udah cukup.
3. Usahakan link didalam blog tidak ada yang error.
4. Tampilan responsive
5. Loading cepat tanpa lelet.
6. Mobile Friendly.

Jika anda sudah dapat balasan email dan berisikan seperti contoh screenshoot dibawah, berarti anda ditolak pada review kedua.

Ditolak Review Kedua Adsense
Contoh Email ditolak Adsense pada review kedua

Jika anda menerima email seperti hal diatas, hal yang harus diperbaikan ada beberapa, yaitu sebagai berikut :

  • Perbaiki navigasi blog, yang dimaksudkan disini yaitu pada menu menu yang ada pada blog, misalnya seperti situs saya ini, ada web, gambar, berita, dan lain lain. Pastikan menu tersebut tidak error jika di klik. Dan pastikan juga pengunjung mengklik menu tersebut dengan benar. Dan satu lagi, diharapkan anda tidak menambahkan target=’_blank’ pada menu tersebut, sehingga pengunjung membuka tab baru karena mengklik menu tersebut.
  • Pasanglah kategori/label disitus anda dibagian sidebar samping ( kiri atau kanan ). Hal ini sangat wajib, karena mempermudah navigasi pengunjung untuk melihat hal atau postingan lain.
  • Tambahkan laman statis sesuai persyaratan dari Google Adsense sendiri. Laman statis itu sebagai berikut : Privacy, contact, about. Minimal ketiga laman itu ada. Jika ditambahkan dengan yang lain tidak masalah.
  • Lihatlah artikel anda satu persatu, apakah jumlah katanya mencapai 300san kata ? jika tidak, silahkan anda buat artikel baru dengan kata yang banyak, minimal 300 kata. lebih baik lagi 1000 kata per artikel.
  • Lihat gambar artikel, apakah copy paste dari situs orang ? dengan mengcopy link gambar situs lain, lalu dipasang ke artikel baru anda ? Jika kedapatan hal itu, tentu anda akan ditolak, untuk mengantisipasinya, anda boleh mengambil gambar di google image. lalu anda save, dan upload ulang ke artikel anda.
  • Artikel tidak boleh copy paste dari artikel orang lain, tetapi banyak juga orang yang beranggapan bahwa artikel copy paste bisa diterima adsense. Tetapi untuk berjaga jaga, alangkah baiknya anda menulis sendiri artikel yang anda buat, itung itung buat mempermudah anda dalam berpikir dan menulis serta mampu menambah ilmu.
  • Berdoa dan Terus Jaga situs anda dari tangan jail para jingling. Amankan situs anda dengan memasang robot txt penangkal jingling ( auto visitor ).
Baiklah, itu saja yang dapat saya sampaikan, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan, karena saya membuat artikel ini sesuai dengan pengalaman saya sendiri. Untuk itu silahkan di praktekan sendiri, jika sukses jangan lupa kunjungan baliknya hehee.. jika masih ditolak, silahkan berkomentar disini
Terima kasih sudah membaca artikel “Tips Menghadapi Review Kedua Google Adsense”
Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com