Web portal pendidikan – Halo sahabat intelektual, pada kesempatan yang bahagia ini portal pendidikan akan memberikan tips memilih jurusan di SMA (pilih IPA atau IPS ?). Berikut ulasannya dapat saya bagikan dibawah ini.

Tips Memilih Jurusan Di SMA, IPA Atau IPS ?

tips memilih jurusan di sma
tips memilih jurusan di sma

Setelah kemarin membahas tentang bingung pilih IPA atau IPS, kita hari ini akan membahas tips memilih jurusan di SMA. Setidaknya setelah membaca artikel kemarin, keraguan dalam diri kamu berkurang.

Sebelum masuk ke tips memilih jurusan di SMA, kita bahas dulu yuk belajar apa saja di jurusan IPA dan jurusan IPS.

Baca juga : Pilih jurusan IPA atau IPS ?

Jurusan IPA Belajar Apa Aja ?

Kalau di jurusan IPA, ada tiga mata pelajaran wajib penjurusan yang harus dipelajari yaitu Fisika, Kimia, dan Biologi. Lho, belajar apaan tuh kak?

Beberapa sekolah, sewaktu SMP ada yang sudah memecah pelajaran IPA menjadi beberapa bagian seperti Fisika, Kimia, dan Biologi. Namun, beberapa sekolah hanya mempelajari IPA secara keseluruhan. Jadi, jika kamu bertanya 3 mata pelajaran itu belajar apa, saya rasa itu wajar sekali.

  • Fisika, merupakan pelajaran di jurusan IPA yang berfokus pada gejala alam yang tidak hidup. Kita belajar gaya, massa, hukum newton, relativitas, termodinamika dan sebagainya.
  • Kimia, merupakan mata pelajaran yang akan mempelajari tentang struktur, komposisi, dan sifat dari sebuah materi. Biasanya di mapel ini kamu akan mempelajari nama-nama dari senyawa.
  • Biologi, merupakan salah satu bagian dari mata pelajaran di jurusan IPA yang mempelajari tentang makhluk hidup baik tumbuhan, hewan, hingga manusia itu sendiri.

Jurusan IPS Belajar Apa Aja ?

Kalau di jurusan IPS, ada tiga mata pelajaran wajib penjurusan juga yang harus kamu pelajari yaitu Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi.

  • Ekonomi, di sini kamu akan mempelajari tentang cara manusia memenuhi kebutuhannya. Di sini kita belajar tentang uang, kelangkaan barang/jasa, neraca pembayaran, kurs, devisa, dan banyak lagi.
  • Geografi, sebuah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari tentang fenomena fisik terkait bumi serta semesta. Kamu akan belajar tentang susunan pembentuk bumi, belajar tentang bagaimana dulunya bumi ini terbentuk, fenomena yang terjadi di bumi, belajar tentang jagad raya, dan lain-lain.
  • Sosiologi, merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku sosial antara satu individu dengan individu lain, antar individu dengan kelompok, antar kelompok dengan kelompok. Kita akan belajar mengenai interaksi sosial, kemiskinan, fenomena di masyarakat, dan seterusnya.

Tips Memilih Jurusan di SMA : IPA atau IPS ?

Setelah mengetahui sedikit tentang belajar apa di jurusan IPA dan IPS, maka yuk sini dibaca dulu tips memilih jurusan di SMA.

Sebenarnya baik IPA atau IPS semuanya sama-sama bagus, kembali lagi pada kamu. Apakah kamu serius belajar atau sekadar sekolah kemudian lulus saja ? Harusnya mau masuk IPA atau IPS, teman-teman harus belajar yang serius. Jangan sampai tiga tahun di SMA berjalan begitu saja tanpa ada yang membekas di ingatan.

Memang ketika kita lulus dari jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan hasil nilai IPA dan IPS seimbang, rasanya galau sekali. Apalagi ketika banyak pihak yang mendukung secara keseluruhan. IPA boleh, IPS pun jadi. Bingungkan pasti ?

Atau kadang yang tambah bingung, ketika orang-orang di sekitar kamu mendukung untuk mengambil jurusan A sedangkan hati kecilmu inginkan B. Duh bingungkan pasti ?

Dari pada bingung, coba dibaca dulu tips sederhana berikut ini :

Bakat dan Kemampuan

Kamu harus mengenali diri kamu sendiri terlebih dahulu. Bakatnya apa, kemampuannya bisa apa saja. Bakat dan kemampuan ini selurusan dengan hobi, hal apa yang kamu sukai dan kamu lakukan dengan senang hati.

Kalo orang lihat kamu dan ia bilang begini, “Si Budi pinter euy kalo hitung-menghitung, kayak sudah ada bakat dari lahir.”

Itu contoh kalimat saja, sebenarnya bakat itu bisa dibentuk. Nah, coba diingat-ingat lagi teman-teman kamu mengenalmu sebagai apa. Atau kamu jago dalam menghafal ? Sebenarnya mau IPA atau IPS, keduanya dituntut untuk bisa menghafal dan memahami materi.

Tetapi, kemampuan diri kita sendiri yang tahu adalah kita sendiri. Sekarang coba dievaluasi kembali, pada saat SMP mana yang membuatmu lebih nyaman dalam belajar.

Jika lebih condong menyukai alam, bereksperimen di laboratorium, suka hitung-hitungan, ada baiknya kamu memilih jurusan IPA. Sedangkan, jika kamu lebih menyukai bisnis ya walaupun bisnis kecil-kecilan, kemudian suka menghafal, suka mengamati interaksi individu atau kelompok, ada baiknya kamu memilih jurusan IPS.

Baca juga : ingin dapat beasiswa ke luar negeri ?

Kenali Cita-citamu

Seperti yang sudah dibahas pada artikel bingung pilih IPA atau IPS, kalau belum baca lagi coba. Di artikel tersebut sudah membahas tentang setelah lulus SMA, jurusan apa yang bisa diambil bagi lulusan jurusan IPA atau IPS.

Jika kamu lebih menyukai dunia bisnis, marketing, kerja kantoran, arkeolog, sejarawan, menjadi pengacara, itu lebih condong untuk pilihan mengambil jurusan IPS di SMA.

Jika kamu ingin menjadi dokter, bidan, perawat, saintis, arsitek, kerja di pertambangan, itu lebih cocok kalau di SMA mengambil jurusan IPA.

Nah, yuk kenali dulu cita-citamu. Mau jadi apa ? Segera ditetapkan ya pilihannya.

Ikut Psikotes

Tips memilih jurusan di SMA selanjutnya adalah ikut psikotes. Sebenarnya tips ini bisa menjawab tips kenali cita-citamu karena dengan ikut psikotes kita akan tahu tentang karakter diri kita.

Kita bisa mengenali diri kita sendiri dari hasil psikotes. Ada banyak bentuk psikotes, salah satunya terkait IQ. IQ juga akan menjelaskan porsi penggunaan otak kiri dan otak kanan. Biasanya anak yang hobi hitung-menghitung, ia akan dominan menggunakan otak kiri.

Sedangkan, anak yang kuat dalam menghafal biasanya otak kanan. Bahkan ada yang hampir seimbang penggunaan otaknya baik otak kiri dan otak kanan. Cobain dulu deh untuk ikut tes Psikotes.

Diskusi Dengan Orang Tua

Nah, tips terakhir nih dari author. Penting sekali bagi kamu untuk berdiskusi dengan orang tua. Diskusinya yang baik-baik ya, jika ada perbedaan antara kamu dan orang tua maka jangan takut untuk memberikan alasan kenapa kamu mau ambil jurusan A. Apapun hasil diskusi nantinya, ketika sudah memperoleh titik tengah yakinkan pada diri kamu bahwa itulah pilihan yang terbaik. Semangat ya !

Artikel ditulis oleh @author dengan judul artikel tips memilih jurusan di SMA, IPA atau IPS. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]