8 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu

oleh -32 Dilihat
8 tips membeli mobil bekas agar tidak tertipu
8 tips membeli mobil bekas agar tidak tertipu

Keluhkesah.com – Selamat malam sobat keluhkesah.com, kali ini kita akan memberikan ulasan mengenai “8 tips membeli mobil bekas agar tidak tertipu.” Untuk ulasan lengkapnya dapat kita simak dibawah ini.

8 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu


Membeli mobil bekas merupakan salah satu opsi jika kamu memiliki dana terbatas dan butuh kendaraan untuk melakukan aktivitas. Agar tidak tertipu, kamu wajib tahu beberapa tips membeli mobil bekas. 

Mobil merupakan alat transportasi yang dapat membantu memudahkan berbagai mobilitas dan aktivitas manusia. 

Beragam mobil yang diproduksi oleh berbagai perusahaan tentunya dibanderol dengan harga sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. Terkadang, harga dapat menjadi kendala untuk dapat membeli mobil yang diidam-idamkan. 

Membeli mobil bekas tentunya dapat menjadi solusi karena harga yang ditawarkan lebih terjangkau. 

Selain itu, membeli mobil bekas juga dapat menghemat biaya pajak mobil yang dapat terasa berat. Tentunya hal ini juga harus disesuaikan dengan fitur-fitur yang ditawarkan dan tahun produksi mobil bekas tersebut. 

Jangan lupa memproteksi finansial kamu dengan asuransi untuk mobil, ya. Apalagi mobil bekas pasti risiko mengalami kerusakan mobil tinggi.


Apa saja Tips Membeli Mobil Bekas yang Aman?

Tips membeli mobil bekas yang aman
Tips membeli mobil bekas yang aman

Meskipun menawarkan harga yang terjangkau dan ramah pajak, membeli mobil bekas juga harus waspada lebih lanjut. 

Karena statusnya yang sudah pernah digunakan, kamu harus lebih teliti tentang kondisi mobil yang sedang ditawarkan. Oleh karena itu, simak tips membeli mobil bekas agar tidak tertipu oleh oknum berikut!

1. Sesuaikan Budget 

Harga merupakan pertimbangan utama dalam melakukan transaksi, termasuk membeli mobil bekas. 

Untuk itu, lakukan survey dan pertimbangan harga dari berbagai lokasi di showroom-showroom mobil bekas ketika hendak membeli mobil. Hal ini penting dilakukan agar kamu mendapatkan mobil yang sesuai dengan budget yang kamu miliki. 

2. Pastikan Kelengkapan Dokumen Mobil

Kelengkapan dokumen seperti STNK, BPKB, dan sebagainya merupakan hal yang harus dipastikan saat membeli mobil bekas. 

Selalu cek dan teliti tanggal-tanggal yang tertera dalam kelengkapan dokumen untuk memastikan tanggal aktif dokumen tersebut. Selain itu, pastikan juga track record mobil dari Nomor Induk Kepemilikan (NIK) mobil maupun plat nomor. 

3. Survey Kondisi Sebelum Membeli 

Jika kamu mendapatkan mobil idaman kamu melalui sosial media, pastikan untuk selalu cek kondisi fisik mobil. 

Buat kesepakatan untuk bertemu secara langsung dengan penjual untuk melakukan survey kondisi mobil. Hal ini penting untuk memastikan bahwa mobil bekas yang kamu incar berada dalam kondisi fisik yang prima. 

4. Kenali Pemilik Sebelumnya 

Mengenali pemilik mobil sebelumnya juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli mobil. 

Dengan mengenali pemilik mobil, kamu akan memahami karakter pemilik mobil. Hal ini juga bertujuan untuk meminimalisir terjadinya penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. 

5. Cek Kondisi Kelengkapan Mesin dan Interior Mobil 

Kelengkapan mesin dan interior mobil merupakan aspek penting yang harus dicek sebelum membeli mobil bekas. 

Kondisi mesin dan interior yang diharapkan tentunya berada pada kondisi yang prima meskipun mobil pernah dipakai oleh pemilik sebelumnya. Oleh karena itu, selalu pastikan kondisi mobil dalam keadaan yang berfungsi dengan baik. 

6. Lakukan Test Drive Mobil 

Setelah mengetahui kondisi dan kelengkapan mobil, ada baiknya kamu melakukan test drive pada mobil bekas incaran. 

Hal ini bertujuan untuk menguji performa mobil bekas di lapangan. Tentunya pastikan juga kondisi tempat duduk, kualitas AC, suara mesin, visibilitas pengemudi, dan hal-hal penting lain yang menunjang kenyamanan kamu saat menggunakan mobil. 

Baca juga : 6 cara mendapat cicilan kredit mobil murah

7. Ajak Tenaga Ahli 

Ketika memeriksa kondisi mobil, sebaiknya kamu mengajak rekan kerja atau teknisi mesin yang ahli dan berpengalaman. 

Jangan lupa mengajak rekan yang terpercaya untuk menghindari kurangnya pengetahuan tentang mesin atau mobil agar kamu tidak tertipu saat pembelian. Hal ini penting karena mobil bekas pernah dipakai sebelumnya sehingga kamu harus teliti. 

8. Cek Asuransi Mobil yang Digunakan 

Meskipun bekas, mobil yang hendak dibeli juga sebaiknya dilindungi oleh asuransi. Jika pemilik sebelumnya belum menggunakan asuransi, sebagai pemilik baru, kamu kamu harus memastikan mobil terlindungi oleh jaminan asuransi mobil. 

Hal ini bertujuan untuk mencegah kerugian finansial dan resiko kecelakaan yang mungkin terjadi saat menggunakan mobil bekas. 


Apa saja Keuntungan Membeli Mobil Bekas?  

keuntungan membeli mobil bekas
keuntungan membeli mobil bekas

Membeli mobil bekas tentunya memiliki berbagai keuntungan yang dapat kamu peroleh. Oleh karena itu, jika budget kamu terbatas namun membutuhkan mobil untuk menunjang mobilitas pribadi kamu, membeli mobil bekas tentunya adalah pilihan yang bijaksana. 

Berikut beberapa keuntungan membeli mobil bekas yang dapat kamu peroleh: 

1. Mudah Saat Pengajuan Pinjaman Kredit 

Pengajuan kredit mobil bekas relatif lebih mudah dibandingkan saat membeli mobil baru. Persyaratan yang diajukan oleh penjual juga tidak serumit pembelian mobil baru. 

Tentunya kamu dapat mendiskusikan hal ini ketika proses transaksi berlangsung dengan penjual untuk negosiasi kredit terbaik sesuai dengan budget yang telah kamu siapkan. 

2. Kualitas Prima dengan Harga Terjangkau 

Membeli mobil bekas tentunya lebih terjangkau daripada mobil baru. Namun, dengan akses dan kesempatan untuk melakukan cek dan test drive saat pembelian, kamu tidak perlu khawatir lagi. Kemudahan tersebut akan sangat bermanfaat untuk kamu dapat membeli dan memastikan mobil berada pada kualitas prima dengan harga yang terjangkau. 

3. Dapat Segera Digunakan

Mobil bekas juga menawarkan transaksi yang lebih cepat daripada mobil baru. Sehingga, jika kamu perlu dengan cepat dan segera menggunakan mobil, pilihan membeli mobil bekas dapat digunakan. 

Tentunya segala proses surat-menyurat pastikan telah lengkap sehingga mobil dapat digunakan segera. 

Demikian beberapa tips membeli mobil bekas yang dapat kamu pahami sebelum melakukan transaksi mobil. 

Tentunya tips ini berguna agar kamu tidak salah membeli dan tertipu oleh oknum yang berbuat curang. Pastikan segala kelengkapan mobil telah terpenuhi.

Kemudian, kamu juga dapat melengkapi proteksi mobil dengan program-program asuransi mobil. Salah satu asuransi mobil yang dapat kamu pilih adalah asuransi mobil Simas Insurtech.

Salah satu manfaat yang akan kamu dapatkan yakni asuransi akan menjamin risiko atas kerusakan total mobil lebih dari 75% dari harga mobil kamu.


Itulah ulasan mengenai “8 tips membeli mobil bekas agar tidak tertipu”. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan yang sebesar besarnya dari pengunjung keluhkesah.com

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami halo@keluhkesah.com

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.