5 Tips Jitu Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri

oleh -128 Dilihat
Tips jitu dalam meningkatkan kepercayaan diri
Tips jitu dalam meningkatkan kepercayaan diri

Keluhkesah.com – Selamat malam sob, kali ini kita akan memberikan suatu tips yang sangat jitu dalam meningkatkan kepercayaan diri. Berikut ulasannya dapat saya sampaikan dibawah ini.

Tips Jitu Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri


Apakah kamu tahu percaya diri itu apa ? dan bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri ? Percaya diri atau self-confidence adalah suatu penilaian terhadap diri sendiri serta skill dan kemampuan yang kita miliki.

Namun tak hanya itu saja pengertiannya, pada umumnya percaya diri merupakan suatu hal yang dapat kita pelajari dengan membentuk sosialisasi di lingkungan.

Tapi tidak semua orang punya rasa percaya diri yang tinggi, merasa tidak percaya diri merupakan hal normal dan manusiawi yang dirasakan oleh hampir setiap orang.

Setiap orang kadang memiliki sifat ragu atau kebingungan tentang dirinya sendiri yang terkadang juga memicu timbulnya insecur di mana merasa tidak tentram ataupun gelisah terhadap dirinya, merasa tidak nyaman, bahkan sampai merasa tidak punya motivasi.

Untuk membentuk self-confidence atau percaya diri pada umumnya juga memerlukan waktu di mana proses yang dilakukan setiap orang untuk mendapatkan rasa percaya dirinya berbeda-beda tergantung dari lingkungan yang mempengaruhinya.

Merasa minder, grogi, ataupun merasa ada yang kurang dari diri kita saat berkumpul dengan society atau saat berkumpul di hadapan banyak orang, tentunya hal tersebut merupakan hal manusiawi yang ada di diri setiap individu.

Hal tersebut merupakan hal yang wajar dan dialami oleh setiap orang. Selain itu, krisis percaya diri saat ini sering datang dan melanda tiap individu. Krisis percaya diri tak hanya didapatkan oleh kalangan anak-anak muda saja, bahkan orang dewasa pun juga mengalaminya.

Tidak bisa dirincikan secara jelas faktor apa yang mempengaruhi rasa tidak percaya diri ini, karena pada dasarnya rasa percaya diri menyangkut tentang kepribadian yang dialami oleh seseorang.

Namun, secara umum faktor yang terlihat jelas juga beragam, misalnya tidak percaya diri karena penampilan fisik, status ekonomi, pekerjaan, status pendidikan, sikap tertutup, merasa kesepian, hingga kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan.

Baca juga : Bagaimana Membangun Pribadi Yang Lebih Percaya Diri


Mengapa Kita Perlu Meningkatkan Percaya Diri?

Memiliki rasa percaya diri tinggi pun banyak manfaat untuk kehidupan kita sendiri, Selain hidup terasa lebih semangat, percaya diri akan mengantarkan kita pada kebahagiaan. Kira kira apa saja sih manfaat dari percaya diri?

  • Meningkatkan motivasi untuk hidup lebih baik.
  • Lebih Menghargai Diri
  • Siap menghadapi rintangan dan tantangan
  • Mengasah jiwa leadership
  • Tahan banting dan tidak mudah menyerah
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni
  • Pikiran yang damai dan minimnya stres
  • Lebih mudah mempengaruhi

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

Adapun 5 cara meningkatkan kepercayaan diri dapat kami sebutkan dibawah ini, berikut ulasannya :

1. Bersyukur dengan apa yang sudah kamu miliki

Tips pertama cara meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan meningkatkan rasa syukur yang dengan apa yang kita punya. Bersyukur dengan segala yangsudah kamu miliki dan yang kamu capai.

Karena diluar sana masih banyak orang yang tidak seberuntung keadaanmu saat ini. Jika kamu memiliki kekurangan tetaplah untuk selalu bersyukur karena pastinya di balik sebuah kekurangan Tuhan selalu menciptakan suatu kelebihan.

2. Lakukan hal baik untuk diri sendiri

Perasaan gelisah ataupun merasa kurang percaya diri terkadang muncul karena rasa adanya ketakutan kalau kamu tidak akan berhasil sehingga rasa takut tersebut secara nyata menghalangi kinerjamu.

Solusinya adalah kamu harus mengalahkan rasa gelisah tersebut dengan berusaha dalam melakukan hal baik untuk dirimu sendiri.

Jika kamu merasa takut terjatuh atau gagal, tetaplah coba untuk menentang semua pikiran yang negatif yang kamu pikirkan.

Tetap hati hati dengan rasa takut, karna bisa saja masuk kedalam pikiranmu hingga membuatmu menjadi stress, overthinking, atau malah berujung depresi. Lakukan hal-hal yang membuatmu merasa lebih tenang, nyaman, dan rileks terhadap dirimu sendiri.

3. Awali dengan doa sebelum melakukan sesuatu

Jika kamu merasa grogi dan kurang percaya diri saat hendak melakukan sesuatu, doa adalah cara mudah yang dapat kamu lakukan.

Berdoa adalah cara untuk meningkatkan rasa percaya diri terhadap apa yang ingin dilakukan. Percayalah dengan doa, Tuhan akan senang membantu kamu dalam melakukan sesuatu.

4. Lakukan Afirmasi untuk dirimu sendiri

Sering menerima penilaian yang negatif dari orang lain tentunya juga dapat mempengaruhi rasa percaya diri.

Bahkan lebih dari itu, penilaian negatif dari orang lain kepada kita juga dapat mempengaruhi perilaku kita, karena pada akhirnya kita akan berperilaku sesuai dengan penilaian dari orang lain hingga membuat rasa tidak nyaman dengan terhadap diri sendiri.

Kamu tentunya dapat menghindari penilaian tersebut dengan cara melakukan afirmasi terhadap diri sendiri.

Afirmasi yaitu pernyataan positif dan meyakinkan apapun yang kita katakan kepada diri sendiri. Kamu dapat melakukan dengan tegas dan lantang sehingga kamu dapat lebih semangat dan termotivasi.

Baca juga : Yuk Buktikan Dengan Menulis Membuatmu Lebih Percaya Diri

5. Lakukan suatu hal yang kamu sukai

Tips berikut adalah melakukan suatu hal yang kamu sukai. Jika kamu memiliki hobi yang kamu sukai, tentunya jangan ragu untuk melakukan hal-hal yang membuatmu senang.

Hal – hal yang dapat membuatmu senang tentunya akan lebih membuatmu cenderung untuk berpikiran positif.

Kamu dapat melakukan hobi atau hal-hal yang dapat membuatmu senang pada akhir pekan seperti menyanyi di karaoke, berenang, menari, memasak, menonton film, menulis buku, dan hal-hal sejenisnya.

Contohnya dengan ikut dalam Kompetisi Yupi’s Got Talent 2022. Ini merupakan ajang pencarian bakat untuk anak anak (5-11 tahun) dan remaja (12-19 tahun) yang berhadiah jutaan rupiah loh.

Yupi’s Got Talent 2022
Yupi’s Got Talent 2022

Kategori yang di buka mulai dari nyanyi, foto contest, musik, story telling, sport, dance (single & group), modelling, dan bakat lainnya untuk ikutan.

Bagaimana caranya ? Caranya dengan beli Yupi Gummy dulu di Shopee atau Tokopedia. Lalu daftar akun dan registrasi di websitenya yupiland.com/ygt.

Masukin kode unik yang ada pada kemasan yuppi
Masukin kode unik yang ada pada kemasan yuppi

Masukkan kode unik yang ada didalam produk Yupi’s Got Talent versi Bright atau Shine. Upload link video ataupun foto untuk bakat mu. Terakhir yang harus dilakukan sediakan identitas diri ya (KTP/KK/Kartu Pelajar).


Nah itulah ulasan dari artikel tentang “tips jitu dalam meningkatkan kepercayaan diri.” Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan yang sebesar besarnya dari para pengunjung keluhkesah.com

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami halo@keluhkesah.com

Hastag : Tips jitu dalam meningkatkan kepercayaan diri, cara meningkatkan kepercayaan diri, Meningkatkan kepercayaan diri sangat baik untuk kehidupan

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com