Tips Interview Agar Sukses Hadapi HRD

oleh -100 views
Tips interview agar sukses hadapi HRD
Tips interview agar sukses hadapi HRD

Web portal pendidikan – Selamat siang sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan memberikan tips interview agar sukses hadapi HRD. Bagaimana tips nya ? Penasaran bukan ? Berikut ini akan kami ulas tips interview agar sukses dalam hadapi HRD dibawah ini.

Tips Interview Agar Sukses Hadapi HRD

Tips interview agar sukses hadapi HRD
Tips interview agar sukses hadapi HRD

Melamar pekerjaan bergengsi seringkali menjadi salah satu hal paling ditakuti oleh sebagian besar orang. Kebanyakan dari mereka merasa gugup dan tidak percaya diri sehingga belum apa-apa sudah takut melamar pekerjaan di perusahaan bergengsi. Salah satu sesi paling menakutkan bagi mereka biasanya adalah sesi interview dengan HRD. 

Proses seleksi dalam tahapan ini membutuhkan kompetensi bukan hanya dari segi keilmuan dan keterampilan saja, akan tetapi juga menguji kemampuan Anda dalam berkomunikasi dengan baik. Tidak dapat dipungkiri bila saat ini ada banyak pencari kerja yang mahir dalam mengerjakan tes kompetensi maupun psikologi, namun ternyata pada akhirnya justru mereka gagal pada saat melakukan sesi interview.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang gagal menjalani seleksi interview. Baik dari dalam diri sendiri maupun faktor luar yang sering tidak terprediksi dengan baik. Meski keputusan sepenuhnya menjadi hak perusahaan, namun ada berbagai cara paling mudah untuk menguasai situasi dan sukses menghadapi HRD dengan baik.

Di bawah ini adalah tips interview agar sukses hadapi HRD dan Anda menjadi lebih percaya diri, antara lain:

#1 Tetap Tenang dan Positif Thinking

Menghadapi situasi resmi dan menghadapi orang yang berpengaruh dalam sebuah perusahaan memang tidak mudah. Terutama bagi yang baru pertama kali mencari kerja. Kondisi ruangan yang begitu tenang sekaligus mengintimidasi selama proses seleksi berlangsung tidak jarang menurunkan nyali dan rasa percaya diri seorang pelamar kerja.

Situasi interview yang menegangkan bisa dinetralisir dengan sikap tenang, jangan panik, dan mengkhawatirkan banyak hal. Cukup fokus pada proses interview saja. Disamping itu, Anda hanya perlu meyakinkan diri sendiri bahwa apapun pertanyaan yang akan keluar nantinya bisa terjawab dengan baik.

Tarik nafas dalam-dalam selama beberapa detik kemudian hembuskan dengan pelan-pelan. Meski belum mengenal karakter HRD yang akan memberikan wawancara, cobalah untuk selalu berpikir positif bahwa orang-orang tersebut sangat kooperatif, ramah, dan tidak akan mempersulit Anda selama sesi wawancara berlangsung. 

Cobalah melatih senyum di wajah Anda dengan baik meski Anda mungkin merasa sedikit tegang. Hal ini secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa percaya diri dengan sendirinya. Jadi, sebisa mungkin cobalah untuk mendengarkan baik-baik semua pertanyaan yang diberikan oleh pihak HRD. 

Jangan langsung menjawab, beri jeda beberapa detik setelah HRD selesai bertanya. Ini akan membantu meningkatkan ketenangan dan rasa percaya diri Anda. Dengan begitu, nantinya semua jawaban akan mengalir secara sistematis dan jelas. Yang pasti, cobalah untuk selalu menggunakan penjelasan efektif tanpa dipanjang-panjangkan agar mudah dimengerti oleh pihak HRD.

Dari pemilihan kata yang digunakan, HRD akan menilai bagaimana cara berpikir peserta interview. Agar terbiasa menggunakan kata-kata yang tepat, cobalah untuk melatih diri dengan banyak membaca. Pada posisi tertentu sering dibutuhkan orang-orang yang mampu berpikir kritis out of the box. Tunjukkan bahwa kita memiliki kemampuan itu supaya sukses menghadapi HRD.

Baca juga : Tips agar lamaran kerja diterima HRD secara langsung dan melalui email

#2 Persiapkan Penampilan dan Sikap Tubuh

Jangan sepelekan penampilan pada saat akan menjalani seleksi interview. Penampilan luar akan memberi kesan pertama bagi perusahaan tempat kita melamar kerja. Kenakan pakaian bersih, rapi, sopan, pantas, office look, dan warna yang tidak mencolok. Tampil maksimal akan meningkatkan rasa percaya diri saat akan menghadapi sesi wawancara kepada HRD.

Gunakan alas kaki yang nyaman sehingga tidak mengganggu fokus Anda ketika akan interview. Berjalan memasuki ruangan dengan tegap dan pandangan ke depan. Dari sikap tubuh seperti ini HRD akan memberikan catatan positif sebagai pribadi yang siap bekerja. Jabat tangan dengan mantap dan hangat disertai dengan senyuman.

Duduk dengan tegap tanpa melipat tangan maupun kaki. Ini akan membantu Anda dalam memperlancar artikulasi saat berbicara, sekaligus masuk dalam penilaian HRD. Jangan ragu untuk menatap lawan bicara pada saat menjawab pertanyaan. Bekali diri dengan pengetahuan seputar posisi yang dilamar sehingga bisa menjawab semua pertanyaan dengan tuntas dan baik (lancar).

Yakin pada kemampuan diri sendiri pada saat menjawab pertanyaan dari HRD itu juga menjadi poin plus tersendiri. Berikan penjelasan apa adanya tanpa ada yang ditutupi. HRD akan menilai sejauh mana kesesuaian kita dengan posisi pekerjaan yang dibutuhkan. Tentu untuk pekerjaan bergengsi tidak cukup kemampuan biasa-biasa saja.

Ingat, bahwa orang-orang HRD sudah terbiasa berhadapan dengan para peserta interview. Pada saat kita menjawab dengan keadaan yang tidak sebenarnya akan mudah diketahui. Setiap perusahaan membutuhkan orang-orang jujur, bisa dipercaya memegang tanggung jawab dan kode etik perusahaan serta mampu bekerjasama.

Baca juga : 2 cara paling jitu agar cepat dapat kerja

Boleh bertukar pengalaman dengan para peserta interview lainnya jika memungkinkan. Namun jangan terpengaruh dengan pengalaman negatif orang lain. Tetap percaya pada diri sendiri dan yakin proses interview akan menyenangkan. Sehingga muncul kekhawatiran yang bisa mengacaukan suasana.

Artikel ditulis oleh @Shinta dengan judul artikel tips interview agar sukses hadapi HRD. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami cs@keluhkesah.com

Kata kunci : Tips interview agar sukses hadapi HRD