Tips Agar Lamaran Kerja Diterima HRD secara Langsung dan Melalui Email

oleh -55 views
Tips agar lamaranmu diterima HRD secara langsung
Tips agar lamaranmu diterima HRD secara langsung

Web portal pendidikan – Selamat sore sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan membagikan tips agar lamaran kerja diterima HRD secara langsung dan melalui email. Ulasannya dapat kamu lihat dalam artikel yang saya sampaikan dibawah ini.

Tips Agar Lamaran Kerja Diterima HRD Secara langsung


Berapa jumlah surat lamaran yang sudah ditulis sampai akhirnya diterima kerja? Mungkin ada yang sekali melamar langsung diterima. Namun kebanyakan orang sudah menulis berlembar-lembar sebelumnya sampai akhirnya mendapat kesempatan bekerja di sebuah perusahaan. 

Bentuk lamaran sendiri sekarang ini tidak hanya sekedar dikirim dalam bentuk hard copy. Saat ini ada banyak perusahaan mulai membuka kesempatan pengiriman lamaran pekerjaan melalui email. Bahkan hal tersebut merupakan salah satu cara paling cepat bagi perusahaan untuk bisa mendapatkan tenaga kerja yang potensial. 

Melihat hal tersebut, maka sebagai pelamar itu, baik dalam bentuk fisik maupun email, penulisan lamarannya harus diperhatikan. Agar surat lamaran efektif sebaiknya perhatikan beberapa tips agar lamaran kerja diterima hrd, berikut ini hal yang harus diperhatikan sebelum mengirim lamaran kerja:

Baca juga : Pengertian HRD, fungsi, tugas, dan tipsnya menjadi HRD

Tips Mengirim Lamaran Kerja Langsung

Tips mengirim lamaran kerja secara langsung
Tips mengirim lamaran kerja secara langsung

Mengirim lamaran secara langsung masih banyak dilakukan saat ini. Bukan hanya melalui pos tetapi banyak pelamar menitipkan map atau amplop berisi surat lamaran pekerjaan di pos satpam atau relasi. Dikirim atau dititipkan lamaran pekerjaan harus berkualitas supaya tidak ditolak oleh HRD. Di bawah ini adalah tips mengirim lamaran pekerjaan secara langsung lewat hardcopy, antara lain:

Baca juga : Tips interview agar sukses hadapi HRD

  1. Sesuai Posisi yang Dibutuhkan

Surat lamaran yang baik harus sesuai dengan posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan saat ini. Hindari melamar untuk posisi yang tidak jelas. misalnya menuliskan “untuk semua posisi”, atau “melamar sebagai karyawan”. Lamaran tidak jelas seperti ini sudah pasti tidak akan direview oleh HRD. Karena dari awal memperlihatkan bahwa Anda tidak bisa fokus dan bekerja secara profesional.

  • Tulisan Rapi dan Jelas

Menulis lamaran bisa menggunakan tulisan tangan maupun diketik menggunakan komputer. Usahakan untuk menulis surat lamaran dengan jelas dan rapi. Jika belum berpengalaman dalam membuat surat lamaran, carilah contohnya melalui internet. Tulis inti lamaran dengan baik, jangan terlalu panjang, usahakan 1 halaman saja tapi berbobot isinya.

  • Penyusunan Berurutan 

Buat susunan lamaran secara berurutan. Paling depan adalah surat lamaran dan foto jika dibutuhkan. Lembar kedua adalah daftar riwayat hidup, selanjutnya adalah persyaratan lain yang dibutuhkan oleh perusahaan. Jangan sampai terbalik dalam menyusunnya. Karena bila Anda asal menyusun surat lamarannya, hal ini akan menunjukkan bahwa Anda hanya asal-asalan dalam melamar pekerjaan.

  • Kelengkapan Syarat Lamaran

Penuhi syarat kelengkapan lamaran dengan baik. Misalnya dibutuhkan sertifikat TOEFL dengan score minimal 500, jangan sekali-sekali mengirim sertifikat dengan score di bawahnya. Hal ini sudah pasti akan ditolak karena tidak memenuhi persyaratan melamar posisi pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan tertentu.

Tips Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email

Tips mengirim lamaran kerja melalui email
Tips mengirim lamaran kerja melalui email

Mengirim lamaran pekerjaan melalui email lebih mudah, praktis, cepat, dan murah. Tidak perlu menyiapkan dana untuk print surat lamaran, fotocopy, membeli amplop, membayar biaya pengiriman, dan sebagainya. Meski lebih mudah, namun sebaiknya Anda harus tetap mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan agar lamaran segera di review oleh HRD. Berikut adalah tipsnya!

  1. Tulis Subject Email 

Subject email sangat penting. Meski tidak dijelaskan bahwa subject email harus diisi, namun ini akan menentukan apakah email yang Anda kirim akan dibaca atau tidak. Email tanpa subject yang jelas akan diabaikan oleh HRD baik isinya penting atau tidak.

Subject email harus diisi dengan posisi pekerjaan yang dilamar, meski perusahaan tidak memberikan instruksi. Jadi pihak HRD tahu bahwa Anda merupakan salah satu pelamar kerja. Penting untuk memperhatikan batas pengiriman lamaran. Jangan melebihi tanggal yang disyaratkan, meski lamaranmu bagus tetap akan ditolak bila sudah melebihi deadline.

  • Isi Body Email

Jangan biarkan body email kosong. Banyak pelamar kerja yang membiarkan body text kosong dengan alasan surat lamaran sudah dimasukkan dalam attachment. Meski lamaran lengkap dan subject email jelas, jika body text kosong tetap akan ditolak. Ini menunjukkan pelamar tidak menghormati perusahaan. Itulah sebabnya bagian ini tidak boleh diabaikan begitu saja.

Minimal isilah bagian body email ini dengan menggunakan kalimat perkenalan dan inti dari maksud email Anda. Yaitu dengan cara menulis alasan Anda melamar pekerjaan sesuai dengan posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

Berikan salam dengan hormat, tidak perlu terlalu detail dan panjang karena lamaran yang lengkap sudah dilampirkan lewat menu attachment. Gunakan gaya penulisan yang rapi dengan mengikuti KBBI supaya surat lamaran Anda diperhitungkan oleh pihak HRD.

  • Isi Lampiran dengan Lengkap Sesuai Ukuran File yang Disyaratkan

Lampiran atau attachment harus lengkap sesuai yang disyaratkan oleh perusahaan. Mulai dari daftar riwayat hidup, foto terakhir, sertifikat yang relevan dengan posisi pekerjaan, sertifikat tes toefl, dan hal-hal yang berkaitan didalamnya. Perhatikan syarat maksimal ukuran file agar mudah dibuka oleh HRD dari awal.

Jadi seperti itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Dengan memperhatikan tips di atas, niscaya lamaran Anda akan segera diterima oleh HRD.

Baca juga : 2 Cara paling jitu agar cepat dapat kerja

Artikel ditulis oleh @Shinta dengan judul artikel tips agar lamaran kerja diterima HRD secara langsung dan melalui email . Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Kata kunci : tips agar lamaran kerja diterima HRD secara langsung dan melalui email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *