Teknologi Menurut Para Ahli dan Aplikasi dalam Dunia Modern

oleh
teknologi menurut para ahli
teknologi menurut para ahli

Web portal pendidikan – Selamat sore sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan membagikan artikel edukasi seputar teknologi menurut para ahli dan aplikasi dalam dunia modern, berikut penjelasannya.

Teknologi Menurut Para Ahli

teknologi menurut para ahli
teknologi menurut para ahli

Teknologi menurut para ahli sangat luas, masing-masing memiliki persepsi berbeda. Namun secara garis besar arti dari teknologi memiliki kesamaan.

Apa manfaat kita mempelajari teknologi? Tentu meningkatkan wawasan mengenai manfaat bagi kehidupan manusia serta konsekuensi yang harus dihadapi supaya lebih bijak menggunakan.

Selama ini teknologi selalu dikaitkan dengan mesin, komputer, handphone, alat transportasi. Namun teknologi lebih dari apa yang kita tahu selama ini.

Penggunaannya lebih luas mencakup berbagai aspek kehidupan manusia. Mulai dari hal paling kecil misalnya penanak nasi yang sering kita gunakan, merupakan hasil perkembangan teknologi.

Teknologi Menurut Para Ahli

Teknologi menurut para ahli memiliki sedikit perbedaan antara satu sama lain. Sebab masing-masing mengartikan sesuai dengan pemahaman yang dimiliki.

Ada yang mengacu pada istilah dari kata pembentuknya. Ada pula yang mempersepsikan sebagai ilmu. Berikut ini adalah beberapa ahli yang mengulas tentang teknologi.

Baca juga :

1. Teknologi Menurut Poerbahawadja Harahap

Poerbahawadja Harahap menyebutkan bahwa teknologi adalah sebuah ilmu yang berhubungan dengan cara kerja teknis.

Lebih lanjut Harahap menjelaskan bahwa teknologi merupakan pengetahuan yang diaplikasikan dalam bidang industri atau pabrik. Definisi ini mengacu pada penggunaan kata teknologi yang lebih banyak untuk bidang industri dan pabrik.

2. Teknologi Menurut Niasbit

Menurut Niasbit, teknologi mengacu pada benda dan objek serta bahan dan wujud. Hal ini disampaikannya menurut pengertian yang didapat dari Random House Dictionary.

Menurutnya, teknologi berbeda dengan manusia biasa. Lebih diartikan sebagai benda yang digunakan untuk mendukung aktivitas manusia itu sendiri. 

3. Teknologi Menurut Miarso

Menurut Miarso (2007), teknologi adalah sebuah proses bertahap yang menghasilkan nilai tambah. Dalam proses tersebut digunakan serta menghasilkan sebuah produk baru.

Jadi teknologi disini bisa diartikan sebagai sebuah rangkaian proses produksi dengan tujuan meningkatkan nilai jual. Miarso menambahkan bahwa teknologi merupakan integral sebuah sistem.

4. Teknologi Menurut Read Bain

Teknologi menurut para ahli sudah disampaikan sejak tahun 1937 oleh Read Bain. Bain adalah sosiolog berkebangsaan Amerika yang menjelaskan bahwa teknologi merupakan semua peralatan, mesin, perkakas, transportasi, komunikasi dan skill.

Dimana menurutnya manusia pada umumnya mampu menghasilkan. Jadi teknologi diartikan sebagai peralatan yang dibuat manusia.

5. Teknologi Menurut Ursula Franklin

Pada tahun 1989 Ursula Franklin mendefinisikan bahwa teknologi adalah cara sederhana yang digunakan manusia pada umumnya untuk memenuhi kebutuhannya.

Definisi ini merupakan hasil rujukan dari pengertian bahwa teknologi merupakan alat yang digunakan manusia, dimana manusia juga bisa membuat dan mengembangkannya.

6. Teknologi menurut Sardar

Pada tahun 1987 seorang ahli bernama Sardar menjelaskan bahwa teknologi adalah sarana yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam peradaban manusia.

Tanpa kehadiran teknologi segala permasalahan dalam kehidupan manusia menjadi lebih kompleks dan sulit untuk diselesaikan.

7. Teknologi menurut Capra

Teknologi menurut para ahli juga diungkap oleh Capra. Cara mendefinisikan teknologi sebagai salah satu cara sistematis atas seni pertukangan.

Definisi ini mengacu pada pengertian teknologi secara istilah yang berasal dari bahasa Yunani yaitu techne. Techne diartikan sebagai wacana seni, seni diartikan sebagai hasil karya manusia.

8. Teknologi menurut Manuel Castells

Definisi selanjutnya berasal dari sosiolog bernama Manuel castells yang mengatakan bahwa teknologi adalah paduan antara alat, peraturan dan prosedur.

Alat, peraturan dan prosedur yang dimaksud adalah penerapan dari sebuah ilmu pengetahuan dalam pekerjaan dengan kemungkinan terjadinya pengulangan. Teknologi yang tercipta dapat digunakan kembali secara berulang.

9. Teknologi menurut Toynbee

Menurut Toynbee teknologi adalah tanda dari perkembangan manusia yang menunjukkan bahwa kebutuhan bukan hanya sebatas makanan tetapi lebih besar dari itu.

Menurutnya teknologi merupakan manifestasi kecerdasan akal manusia. Menyangkut konstituen non-material yang dimiliki manusia yaitu perasaan, pemikiran, intuisi serta ideal.

10. Teknologi menurut Rogers

Ahli lain juga menjelaskan mengenai teknologi, salah satunya adalah Rogers pada tahun 1994. Menurutnya teknologi adalah suatu perencanaan dari langkah instrumental dalam tujuan mencapai tujuan sesuai harapan serta memperkecil keraguan akan sebab akibat.

Pendapat Rogers ini tertulis dalam buku yang direlease oleh Seels and Richey. Baju dan alas kaki yang digunakan masyarakat secara umum juga merupakan hasil dari sebuah teknologi.

Artikel ditulis oleh @shinta dengan judul artikel Teknologi menurut para ahli. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]