web portal pendidikan – Selamat siang sob, kali ini kita akan bahas sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Apa saja sih sumber daya alam yang bisa kita olah dan kita perbaharui itu ? simak selengkapnya dalam artikel kali ini.

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang bisa diperbaharui adalah tipe sumber daya alam yang apabila persediaanya telah sedikit atau bisa dibilang langka dan bisa diproduksi kembali. Pembaharuan pembaharuan tersebut bisa dilakukan dengan cara yang alamiah dan bantuan dari manusia. Contohnya adalah sumber daya hutan dan sumber daya hewan.

Jenis-jenis Sumber Daya Alam yang Bisa Diperbahrui

1. Tumbuhan

Mengapa tumbuhan ? Karena tumbuhan adalah sumber daya alam yang sangat penting. Tidak hanya bisa berguna untuk beberapa kebutuhan saja, organisme ini mempunyai performa untuk menghasilkan oksigen dan karbohidrat melewati proses fotosintesis.

Oleh sebab itu, tumbuhan adalah produsen dan penyusun dasar rantai makanan. Eksploitasi tumbuhan yang berlebihan bisa mengakibatkan kerusakan bahkan kepunahan dan faktor ini bakal berakibat pada rusaknya rantai makanan. Kerusakan yang terjadi dikarenakan punahnya salah satu faktor dari rantai makanan bakal berakibat punahnya konsumen tingkat di atasnya.

Beberapa tumbuhan yang berguna bagi manusia, di kembangbiakan melewati kegiatan pertanian.

Kegunaan dari tumbuhan untuk manusia diantaranya sebagai berikut:

  • Bahan bahan makanan seperti: padi, jagung,gandum, dan tebu
  • Bahan bangunan : kayu jati, kayu mahoni
  • Bahan bakar (biosolar) seperti: kelapa sawit
  • Obat – obatan, misalnya: jahe, daun binahong, kina, mahkota dewa
  • Bahan bahan baku pupuk kompos.
  • Bahan bsaku tesktil, misalnya: kapas

2. Hewan

Sumber daya alam bisa berupa hewan liar maupun hewan yang telah di budidayakan. Kegunaaan hewan bagi manusia antara lain:

  1. menolong pekerjaan berat manusia, semisal kerbau dan kuda
  2. sebagai sumber bahan pangan, semacam unggas kambing dan sapi.

Beberapa hewan khas Indonesia, semacam harimau Jawa, Badak bercula satu, Burung Maleo dewasa ini terancam kepunahan. Untuk menjaga kelestarian satwa langka ini, diperlukan kawasan pelestarian yang disebut suaka marga satwa alias hutan lindung.

Suaka margasatwa adalah kawasan pelestarian yang mempunyai tipe satwa dan keanekaragaman yang unik. Pelestarian itu bisa dilakukan dengan cara sengaja ataupun alamiah untuk menjaga kelangsungan kehidupan satwa tersebut.

Melewati adanya upaya konservasi yang diinginkan, kehadiran tumbuhan dan hewan tersebut masih terjaga dari ambang kepunahan. Jadi kelestarian keanekaragaman hayati tumbuhan dan hewan di Indonesia masih terjaga sampai masa yang akan datang.

Jenis Jenis Sumber Daya Alam

3 Air

Air adalah salah satu kebutuhan mutlak makhluk yang ada di bumi. Seiring dengan pertumbuhan populasi manusia, kebutuhan air baik itu untuk kebutuhan sehari-hari maupun sebagai sumber energi (PLTA), semakin meningkat.

Pemakaian air di PLTA adalah salah satu pilihan energi yang ramah lingkungan, sebab air tidak memunculkan polusi. Air juga dipakai untuk pengairan, bahan dasar industri minuman, penambangan, dan tempat rekreasi.

4. Angin

Angin sanggup menghasilkan energi. Energi yang dihasilkan angin tidak menghasilkan residu yang bisa mencemari lingkungan. Beberapa negara yang telah memakai turbin angin sebagai sumber energi pilihan adalah Belanda dan Inggris.

5. Tanah

Tanah salah satu yang tergolong sumber daya alam yang bisa diperbarui, sebab tanah terbentuk dari adanya sisa sisa makhluk hidup yang telah mati, semacam daun,dahan, ranting, kotoran hewan juga manusia yang diurai oleh hewan-hewan kecil seperti rayap yang menjadi tanah.

Tanah mempunyai kegunaaan yang sangat besar bagi hidup manusia, tanah digunakan oleh manusia sebagai lokasi tempat tinggal, juga untuk menanam beberapa macam tumbuhan yang yang berguna bagi makhluk hidup lainnya seperti manusia dan hewan.

Beberapa macam tumbuhan yang ada di hutan, perkebunan dan pertanian membutuhkan tanah yang harus subur, bilamana tanahnya tidak subur, maka tidak akan ada hutan, tidak akan ada lahan pertanian dan juga tidak ada lahan perkebunan.

Kesuburan tanah sangat tergantung terhadap bagaimana kita semua mengelola dan menggunakannya dengan baik. Dan bila manusia menggunakan dan mengelola tanah tersebut dengan cara sembarangan, tidak cerdas, dan seenaknya sendiri maka bisa mengakibatkan tanah tersebut menjadi tidak subur.

Beberapa perbuatan yang bisa mengurangi kesuburan tanah antara lain adalah pembuangan limbah, terutama yang mengandung zat kimia berbahaya ke tanah dan pemakaian pestisida dengan cara berlebihan.

Mengelompokkan SDA (Sumber Daya Alam)

Secara ekonomi dikatakan bahwa sumber daya alam itu kualitasnya tidak tertentu. Umpamanya pada tahun 1930, daerah pedalaman Liberia hanya sedikit yang mengenal, dan belum mempunyai kualitas sebagai sumber-sumber alam, tetapi sekarang daerah itu adalah daerah biji logam yang paling baik.

Bahan bauksit di Afrika Barat, minyak di Aljazair dan Nigeria baru tampak sebagai daerah yang kaya setelah adanya transportasi ke daerah-daerah tersebut. Hutan di Kalimantan juga sangat penting sebagai sumber alam sejak tahun 1970 an.

Di pantai Selatan antara Cilacap dan pantai Parang tritis tersimpan deposit pasir logam yang semula tidak diketahui dan baru digunakan pada mula tahun 1970. Bahkan sekarang tidak sedikit orang yang berlomba-lomba membeli bunga anggrek dengan harga jutaan rupiah, padahal tumbuhnya di hutan hutan. Kalimantan dan Papua, tanaman tersebut berserakan.

Sumber daya alam bukan saja meliputi jumlah bahan yang ada untuk diolah dan untuk dipakai, tetapi sumber daya alam sendiri juga dinamis dan dapat berubah ubah sifatnya. Mengenai tidak sedikitnya kualitas sumber daya alam tergantung pada waktu dan tempat, tingkat teknik dan penemuan-penemuan baru, sikap manusianya terhadap sumber daya tersebut, perubahan-perubahan dalam selera baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Perubahan-perubahan dalam variabel ini menyebabkan negara itu bakal lebih baik atau bisa jadi kurang baik (dalam arti sumber daya alamnya) meskipun jumlah fisik dari sumber daya alam tersebut tidak berubah.

Berdasarkan performanya untuk memperbarui diri setelah mengalami sebuah gangguan, maka sumber daya alam dibagi ke dalam dua golongan, yaitu: (1) sumber daya alam yang bisa memperbaharui diri; dan (2) sumberdaya alam yang tidak bisa memperbarui diri.

Sumber daya alam yang tidak dapat memperbaharui dirinya semacam minyak bumi, mineral dan gas bumi adalah sumber daya alam yang sangat berguna bagi negara, terutama bagi negara yang mau maju atau berkembang.

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam yang bisa memperbaharui diri tentu sangat menentukan untuk kelangsungan dari sebuah pembangunan, oleh sebab itu, pengelolaannya wajib sangat diperhatikan.

Selain pemecahan berdasarkan performa untuk memperbaharui diri, sumber daya alam juga bisa digolongkan berdasarkan potensi pemakaiannya, yaitu:

  • Sumber daya alam penghasil energi; misalnya: air, matahari, arus laut, gas bumi, minyak bumi, batu bara, angin dan biotik atau tumbuhan
  • Sumber daya alam penghasil bahan baku terutama: mineral, gas bumi, biotis, perairan, tanah dan sebagainya
  • Sumber daya alam lingkungan seperti: udara dan ruang, perairan, landscape dan sebagainya.

Menurut Undang-Undang RI Nomor. 23 Tahun 1997 mengenai Pengelolaan Lingkungan Hidup, sumberdaya alam dibagi ke dalam sumber daya hayati seperti biotika baik hewan maupun tumbuhan, sedangkan sumberdaya alam non hayati semacam tanah, udara, air, dan lain-lain.

Penggolongan sumber daya alam bisa juga berdasarkan keadaan dalam ruang dan waktu yaitu sebagai berikut.

Sumber daya alam yang terdapat pada suatu tempat. Sumber daya alam semacam ini sangat langka seperti buah kemang yang terdapat di Bogor dan Palembang. Apabila dikultur maka keadaan didaerah menjadi semacam faktor pembatas.

Sumber daya alam yang terdapat di area yang luas. Sumber daya alam semacam ini biasanya memerlukan musim kawin jadi produksinya musiman. Produksi bakal membeludak mesikipun dalam waktu yang singkat.

Sumber daya alam yang terdapat dalam jangka waktu lama di area yang luas. Sebagai contoh adalah buah apel yang hanya bisa tumbuh dengan baik di salah satu tempat tertentu dan terdapat dalam jangka yang lama.

Sumber daya alam yang ada di atas permukaan bumi maupun yang ada di bawah permukaan bumi, baik yang telah ditemukan oleh manusia maupun yang belum ditemukan, baik yang telah diketahui kegunaaannya bagi hidup manusia ataupun yang belum diketahui, pada dasarnya bisa dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu sumber daya alam yang bisa diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui.

Tetapi demikian itu manusia juga bisa membuat dan merencanakan beberapa macam pengelompokan terhadap sumber daya alam yang ada di permukaan ataupun di bawah permukaan bumi, seperti barang tambang, hasil pertanian, hasil perternakan, hasil hutan, sumber daya laut dan sebagainya.

Kegunaan Dari Sumber Daya Alam

Semua kekayaan bumi baik biotik maupun abiotik, yang bisa digunakan untuk kesejahteraan hidup manusia adalah sumber daya alam. Tumbuhan, hewan, manusia dan mikroba adalah sumber daya alam hayati.

Baca Juga : Gejala Alam Biotik dan Abiotik

Sedangkan faktor abiotik lainnya merupakan sumber daya alam non hayati. kegunaan dari sumber daya alam wajib diikuti pemeliharaan dan pelestariannya, sebab sumber daya alam bersifat terbatas.

Di bumi tempat kita berpijak ini, penyebaran sumber daya alam pastinya tidak merata letaknya. Ada daerah yang sangat kaya bakal mineral, ada pula yang tidak. Oleh sebab itu supaya kegunaannya bisa berkesinambungan, maka perbuatan eksploitasi wajib disertai dengan perbuatan perlindungan.

Pemeliharaan dan pengembangan lingkungan wajib untuk dilakukan dengan cara cara yang rasional antara lain sebagai berikut :

  1. Menggunakan sumber daya alam yang bisa diperbaharui dengan sangat hati-hati dan efisien, misalnya (air, tanah dan udara).
  2. Memakai bahan pengganti, semacam hasil metalurgi (campuran).
  3. Mengembangkan metoda menambang dan proses yang efisien, dan pendaur ulangan (recycling).
  4. Melaksanakan etika terhadap lingkungan berdasarkan falsafah kehidupan yaitu dengan cara yang damai dengan alam.

Berikut ini Beberapa Kegunaan Dari Sumber Daya Alam

a. Penggunaan dari sumber daya alam nabati, antara lain sebagai berikut :

1) Sebagai sumber bahan pangan
2) Sebagai sumber sandang
3) Sebagai tanaman hias.

b. Penggunaan sumber daya alam hewani, antara lain :

1) Sebagai sumber dari berbagai bahan pangan dan bahan sandang.
2) Sebagai benda-benda hasil seni dan kerajinan tangan manusia.
3) Menambah kualitas hidup dan kualitas adat manusia.

c. Penggunaan sumber daya alam barang tambang antara lain :

1) Minyak bumi, dipakai untuk bahan bakar kendaraan, penerangan tanah.
2) Gas alam, dipakai untuk bahan bakar rumah tangga dan industri.
3) Batu bara, dipakai untuk bahan bakar pemberi tenaga dan bahan mentah untuk cat, obat-obatan, wangi-wangian, bahan peledak dan lain sebagainya.

Sumber daya alam tersebut dibagi dalam kegunaannya untuk kehidupan manusia. Tetapi dalam menggunakan dan mengelolanya wajib dilakukan sesuai aturan aturan yang mengikat semua pihak supaya bisa berguna dalam jangka waktu yang panjang.

Maka hal-hal berikut ini sangat butuh dilaksanakan, antara lain :

  • Sumberdaya alam wajib dikelola untuk memperoleh kegunaaan yang maksimal, tetapi sumber daya alam wajib diusahakan supaya produktifitasnya masih berkelanjutan.
  • Eksploitasinya wajib dibawah batas daya regenerasi dan asimilasi sumber daya alam.
  • Diperlukan suatu kebijaksanaan dalam pemanfataan sumber daya alam yang bisa dilestarikan dan berkelanjutan dengan menanamkan arti sikap serasi dengan lingkungannya.

DAMPAK NEGATIF PENGAMBILAN SDA TANPA PELESTARIAN

Pengambilan hasil laut dan sungai

Penangkapan ikan dengan cara besar-besaran dan dengan memakai bahan peledak atau racun bakal merusak semua habitat laut dan sungai.

Pengambilan hasil hutan

Penebangan pohon dengan cara liar dan illegal bakal mengangkat akibat hilangnya habitat hutan dan daerah resapan air.

Pengambilan tanah galian

Pengerukan tanah yang dipakai untuk industri tanpa memperdulikan keseimbangan lingkungan bakal mempercepat terjadinya erosi tanah dan tanah longsor.

DAMPAK NEGATIF PENGAMBILAN SDA LAINNYA ADALAH :
a. Rusaknya lingkungan dan terganggunya keseimbangan lingkungan hidup.
b. Hilangnya SDA bagi generasi yang akan datang.
c. Hilangn dan punahnya beberapa macam tipe tumbuhan dan hewan.
d. Timbulnya bencana alam.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com