Sudah Tahu Apa Saja Macam Macam Seni? Ini Penjelasannya!

oleh -32 views
Apa saja macam macam seni
Apa saja macam macam seni

Web portal pendidikan – Saya akan mengulas apa saja macam macam seni. Sobat keluhkesah.com apakah ada yang tau apa saja sih macam macam seni ? Jika ada yang tau tulis dikolom komentar ya, dan yang belum tau akan kami ulas dibawah ini.

Apa Saja Macam Macam Seni ? Berikut Ulasannya


Bila selama ini Anda mungkin hanya mengenal 1 jenis seni saja, maka saatnya mengenal lebih jauh tentang macam macam seni dan serba-serbi penjelasan tentang istilah seni itu sendiri. Kata seni itu sendiri biasanya sering dijumpai dimana-mana, mulai dari tv, kantor, jalan, dan rumah.

Baca juga : Pengertian kesenian menurut para ahli

Jadi seni adalah bentuk ekspresi jiwa dan emosi manusia yang mengandung keindahan. Seni itu sendiri biasanya disampaikan lewat berbagai macam media, mulai dari suara, gerakan, puisi, dll. Dimana semuanya itu bisa dirasakan menggunakan panca indera.

Macam-Macam Seni Berdasarkan Indra Penerapannya


Seiring berjalannya waktu, hal ini membuat semuanya semakin berkembang. Begitu juga dengan kesenian. Ini terbukti dari banyaknya jenis seni baru yang hadir di masyarakat. Di bawah ini adalah macam-macam seni berdasarkan indra penerapannya menurut Oswald Kulpe, antara lain:

1. Seni Audio

Ini adalah seni yang bisa dirasakan lewat indra pendengar. Menurut perkembangannya, seni audio itu dibagi menjadi 3 bagian. Sehingga perlu diperhatikan macam-macamnya lebih jauh. Di bawah ini adalah macam-macam seni audio, antara lain:

  • Seni musik, yaitu seni yang dapat dinikmati lewat nada. Misalnya saja berupa musik instrumental yang berasal dari alat tunggal layaknya biola dan piano. Ada pula musik instrumental yang merupakan gabungan dari sejumlah alat musik layaknya pada pertunjukan orchestra.
  • Seni suara, yaitu seni yang dapat dinikmati lewat kata dan nada. Beberapa contoh seni suara, meliputi musikalisasi puisi, karya lagu, dan tembang.
  • Seni sastra, yaitu seni yang dapat dinikmati lewat bahasa. Misalnya saja dalam pementasan drama dan pembacaan puisi.

2. Seni Visual

Jenis seni ini bisa dinikmati menggunakan indra penglihatan berupa mata. Jenis seni visual ini terbagi menjadi 3 macam. Yaitu seni 2D dan 3D. Berikut penjelasannya lebih jauh antara seni 2 dimensi dan 3 dimensi, antara lain:

  • Seni 2D, yaitu meliputi seni 2D tanpa gerak layaknya karya seni rupa berupa gambar dan lukisan. Selain itu, jenis seni ini juga meliputi sinematografi.
  • Seni 3D, yaitu jenis seni 3D tanpa gerak meliputi pahatan dan patung. Sementara untuk seni 3D gerakan meliputi pantomime dan seni tari.
  • Seni Audio Visual

Jenis seni ini dapat dinikmati menggunakan indra penglihatan dan pendengaran. Di bawah ini adalah macam-macam seni audio visual berdasarkan jenisnya, antara lain:

  • Seni drama, yaitu seni yang menunjukkan perpaduan antara kata, gerak, dan juga visual.
  • Seni tari, yaitu menunjukkan keindahan nada dan gerakan.
  • Seni opera, yaitu menunjukkan gabungan antara nada, gerak, dan juga visual.

Macam-Macam Seni Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya, macam-macam seni itu ada banyak. Di bawah ini adalah macam-macam seni berdasarkan bentuknya, antara lain:

1. Seni Rupa

Contoh seni rupa
Contoh seni rupa

Seni rupa merupakan cara untuk menunjukkan keindahan berupa karya yang dapat dilihat, dirasakan, diraba, sekaligus dinikmati. Jadi bisa dibilang bahwa seni rupa itu fokus pada karya yang ada wujudnya. Biasanya seni rupa diwujudkan dalam bentuk gambar, lukisan, kerajinan tangan, patung, multimedia, dll.

Jenis seni ini sendiri sebenarnya sudah ada dari zaman dinamisme dan animisme. Jadi dalam seni rupa tersebut mempresentasikan wujud kasat mata yang dihadirkan ke dalam bentuk rupa.

Baca juga : Belajar mengenal seni rupa dan contohnya

2. Seni Tari

Contoh seni tari
Contoh seni tari

Seni tari adalah bentuk seni yang fokus pada gerakan tubuh untuk memperlihatkan keindahan. Gerakan tarian inilah yang nantinya digunakan untuk media berkomunikasi lewat gerakan koreografer.

Umumnya keindahan tari bisa dilihat dari kepuasan, kebahagiaan yang terlihat pada peraga, koreografer, penonton, dan penikmatnya. Selain itu, jenis seni ini biasanya dihadirkan bersamaan dengan seni musik sehingga konsistensi dan konsentrasi gerkan seni tari semakin sempurna.

Karena pada dasarnya seni tari itu diwujudkan ke dalam gerakan tubuh. Berdasarkan jenisnya, seni tari itu dibagi menjadi 2 bagian. Yaitu seni garapan dan juga seni tari tradisional.

3. Seni Musik

Contoh seni musik
Contoh seni musik

Seni musik ini disebut juga dengan audio yang mana merupakan karya seni berbentuk bunyi. Sehingga jenis seni ini dapat dinikmati lewat indra pendengar. Lewat rangkaian bunyi inilah nantinya bisa memberi rasa puas dan senang kepada penikmatnya.

Karena seni musik tersebut berasal dari rangkaian tangga nada yang tersusun dengan sempurna sehingga bunyinya menjadi enak didengar. Jadi bisa dibilang bahwa unsur bunyi itu merupakan bentuk dari seni musik.

Sementara untuk unsur lainnya berbentuk melodi, harmoni, dan juga notasi musik. Seni musik sendiri sebenarnya mulai tumbuh dan berkembang dari era Renaissance. Dimana seni musik tersebut adalah ciptaan dari manusia yang dapat menghasilkan harmoni dan bunyi ritme yang enak didengar karena indah suaranya.

Umumnya, secara garis besar itu seni mesik terbagi menjadi 2 macam. Yaitu musik vocal dan instrumental. Musik vocal adalah jenis musik yang mengandalkan suara dari manusia itu sendiri. Misalnya saja seperti akapela dan beatbox. Sementara yang meliputi musik instrumental itu berasal dari alat musik.

4. Seni Drama atau Teater

Contoh seni teater
Contoh seni teater

Jenis seni yang satu ini diperlihatkan dalam bentuk pertunjukkan yang kemudian diperlihatkan di atas panggung. Umumnya seni teater ini merupakan gambaran dari kejadian duniawi sehingga menunjukkan tingkah laku manusia dalam gerakan, nyanyian, tari.

Semuanya dihadirkan ke dalam bentuk dialog dan akting. Seni drama termasuk dalam jenis seni peran sehingga perlu keahlian untuk melakukannya. Misalnya saja untuk memahami karakter dialog, membuat naskah, dan mengekespresikan karakter yang ada dalam naskah.

Seni teater ini meliputi kemampuan seseorang dalam memahami karya teater, membuat naskah, sekaligus kemampuan seseorang dalam memerankan karakter di bidang casting. Sehingga ada teknik tersendiri ketika akan dipentaskan di atas panggung.

Karena pada dasarnya seni teater itu bagian dari integral kesenian yang mengungkapkan suara berbentuk pemeranan. Teknik pada seni drama ini meliputi pembawaan, casting, intonasi, diksi, laring, pengaturan, dan juga faring.

5. Seni Sastra

Contoh seni sastra
Contoh seni sastra

Jenis seni ini diaplikasikan lewat serangkaian bahasa secara tertulis dan lisan sehingga dapat memberikan kepuasan dan rasa senang bagi yang membaca karya seni sastra tersebut. Jadi bisa dibilang bahwa seni ini berasal dari hasil kreasi manusia berbentuk visual.

Baca juga : Hasil tulisan sastra para penulis tamu keluhkesah.com

Seni sastra dapat dilihat dan dinikmati keindahannya berbentuk kata-kata yang ditulis dan disuarakan. Beberapa contoh dari seni sastra meliputi kaligrafi, tulisan, dan juga puisi. Umumnya seni sastra itu terbagi menjadi 2 macam, antara lain:

  • Prosa, yaitu seni sastra yang disampaikan dengan cara mendeskripsikan keinginan, kondisi, dan imajinasi seseorang secara lengkap dan mendetail.
  • Puisi, yaitu seni yang dilakukan dengan cara menyederhanakan deskripsi dengan cara mencari inti permasalahan yang mau disampaikan.

Jadi itu tadi adalah sedikit penjelasan tentang macam-macam dari seni berdasarkan indera penerapan dan bentuknya lebih jauh. Dengan memahami penjelasan di atas, tentunya hal tersebut akan membantu Anda untuk mengenal tentang seni lebih jauh.

Nah itulah penjelasan dari artikel kita dengan judul “apa saja macam macam seni. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami halo@keluhkesah.com

Kata kunci : Apa saja macam macam seni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *