Strategi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini

oleh -50 views
Strategi pengembangan kognitif anak usia dini
Reni Handayani - Strategi pengembangan kognitif anak usia dini

Web portal pendidikan – Siang ini kembali kami menerima kiriman artikel dari pengunjung belapendidikan dengan judul artikel “Strategi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini“. Untuk ulasan lengkapnya dapat kamu baca dibawah ini.

Strategi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini


Anak-anak merupakan tahapan dari semua proses manusia yang awal. Setelah dilahirkan dan menjadi bayi, kita tumbuh dan juga berkembang. Di masa anak-anaklah kita memiliki berbagai hal yang dianggap cemerlang seperti halnya bisa belajar, berpikir, mengenal dunia baru, mengenal berbagai hal yang paling membingungkan.

Dalam semua perkembangannya anak-anak memiliki perkembangan kognitif ataupun perkembangan pikiran. Dalam dunia psikologi ada dua tokoh yang paling dipercaya teorinya. Berikut ini penjelasan mengenai perkembangan kognitif :

  • *Kematangan
  • *Pengalaman
  • *Interaksi Sosial
  • *Ekuilibrasi

Pendidikan anak usia dini merupakan dasar pembinaan bagi anak yang baru lahir yg dilakukan melalui ransangan untuk membantu pertumbuhan si anak.Seiring bertambah canggihnya teknologi banyak sekali anak usia dini ini di biasakan dengan dengan gadget oleh orang tuanya. maka dari itu tugas orang tua adalah membimbing dan melatih anak menjadi lebih cerdas.

Selain belajar di sekolah anak jg harus di biasakan untuk mengulang atau memurojaah pelajaran yg tadi guna untuk memperluas pengetahuan si anak.

Guru juga harus memiliki banyak pengalaman dalam mengajar dan mengetahui kekurangan atau kelebihan anak muridnya dan seorang guru juga harus memiliki strategi untuk menghadapi masalah anak muridnya pada proses belajar.

Baca juga :

Guru juga harus memperhatikan keadaan muridnya saat pelajaran di mulai.anak usia dini ini harus mendapatkan perhatian yg lebih agar pembelajaran menjadi semangat.Anak usia dini ini memerlukan perhatian yg banyak agar menset dan pola pikir mereka menjadi luas .

Saat pembelajaran di mulai guru harus membuka dengan doa.Bermain adalah kebutuhan dan aktifitas yang menyatu di dunia anak.dengan bermain anak juga akan mengalami suatu proses yg mengantarkan pada pengembangan kemampuan manusiawi seperti,1)menumbuhkan percaya diri pada anak .Interaksi guru dengan murid ini sangat penting untuk pendidikan anak.

Karakteristik Perkembangan Kognitif Anak Usia 4 Sampai 6 Tahun

Adapun karakteristik perkembangan kognitif dapat dibagi beberapa macam, yaitu dapat disebutkan sebagai berikut :

  1. Dapat mengetahui fungsi benda dengan benar.
  2. Dapat mengelompokkan benda sesuai dengan bentuk, warna, ukuran dan fungsi secara sederhana.
  3. Ikut dalam kegiatan membaca dengan mengisi kata-kata atau kalimat yang belum terisi.
  4. Dapat menunjukkan dan menyebutkan anggota tubuhnya. (baca juga: Tahap Perkembangan Emosi Anak)
  5. Dapat mencocokkan hingga sebelas warna.
  6. Berusaha membaca dengan memperhatikan gambar. (baca juga: Gejala ADHD pada Bayi)
  7. Sudah bisa membaca kata-kata singkat dan juga ringan seperti 4-6 huruf.
  8. Dapat membaca cerita sederhana dengan lantang dan juga bersuara.
  9. Dapat mana hal yang fantasi ataupun realita. (baca juga: Cara Mengenali Potensi Diri)

Itulah penjelasan dari strategi pengembangan kognitif anak usia dini. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel ini lebih lanjut.

Artikel ditulis oleh Reni Handayani
Mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Email pengirim : reni handayani
Judul artikel : Strategi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com