Jurnaliscun.com – Baru baru ini terdengar berita heboh bahwa blogspot.com sudah berubah menjadi blogspot.co.id untuk wilayah Indonesia. Banyak juga yang bertanya tanya bagaimana sih setting domain nya agar menjadi seperti semula lagi (blogspot.com) ?. Karena bagi pengguna akun google adsense yang didaftarkan dari blogspot.com tentu tidak akan syncron dengan blogspot.co.id, sehingga akun google adsense yang kita miliki iklan nya akan hilang di blog. Cukup merepotkan ya ?

Setting Domain Blogspot
Setting sub domain blogspot.co.id ke blogspot.com

Sebenarnya adanya hal ini tentu membuat Indonesia di akui oleh blogger, banyak dari negara negara lain yang sudah memiliki sub domain sendiri, seperti singapore , jepang , australia dan sebagainya. Hal yang sangat merepotkan dalam hal adsense, melihat laporan nya. Pada saat memilih site, google adsense tentu memberikan laporan menurut ujung domain di sumber visitor dari berbagai negara.

Sub Domain Blogspot co.id
Contoh Sub Domain Yang Sudah Berubah

Untuk sahabat yang ingin setting domain nya dari blogspot.co.id tetap ke blogspot.com , saya mempunyai cara untuk merubahnya, cara ini berbentuk script yang harus anda pasang ke dalam template blog yang anda miliki.

1. Login ke akun blogger anda
2. Masuk ke bagian template
3. edit html
4. Cari <head> atau </head> ( gunakan ctrl F biar lebih cepat )
5. Copykan script dibawah ini dibawah <head> atau diatas </head>

<script type=”text/javascript”>

var blog = document.location.hostname;

var slug = document.location.pathname;

var ctld = blog.substr(blog.lastIndexOf(&quot;.&quot;));

if (ctld != &quot;.com&quot;) {

var ncr = &quot;http://&quot; + blog.substr(0, blog.indexOf(&quot;.&quot;));

ncr += &quot;.blogspot.com/ncr&quot; + slug;

window.location.replace(ncr);

}

</script>

6. Save template dan lihat hasilnya.

Untuk yang bermain adsense , saat ini google adsense mempunyai kantor resminya untuk negara Indonesia, jadi diharapkan dengan adanya kantor tersebut, dapat memudahkan blogger blogger Indonesia untuk di terima oleh google adsense.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com