Web portal pendidikan – Halo sahabat edukasi, kali ini portal pendidikan akan mengulas perbedaan jurusan sastra, linguistic dan pendidikan bahasa. seperti inilah perbedaan jurusan sastra berikut.

Seperti Inilah Perbedaan Jurusan Sastra, Linguistic Dan Pendidikan Bahasa

seperti inilah perbedaan jurusan sastra linguistik dan pendidikan bahasa
seperti inilah perbedaan jurusan sastra linguistik dan pendidikan bahasa

Dalam menempuh dunia pendidikan perguruan tinggi, tentunya jurusan sastra, pendidikan bahasa dan linguistic sudah tidak asing terdengar di telinga setiap orang. Jurusan ini mempelajari tentang seluk beluk dari bahasa. Namun tahukah anda bahwa yang dipelajari tidak hanya itu saja.

Misalnya jurusan ilmu linguistic , meskipun ketiganya masih satu rumpun karena mempelajari bahasa. Namun dalam prakteknya, pelajaran yang dibahas ternyata berbeda. Maka dari itu bila anda masih bingung menentukan jurusan kebahasaan, sebaiknya simak dulu perbedaan ketiganya di bawah ini.

Baca juga : Cerdas dan bijak menggunakan bahasa

#1 Jurusan Sastra

Saat mendengar jurusan ini pertama kali, anda mungkin langsung berpikir bila sastra hanya membahas tentang buku, puisi, dan bacaan (tulisan) tertentu. Sebenarnya hal tersebut tidak salah, namun jika dibahas lebih luas lagi sastra merupakan ilmu yang mempelajari seputar bagaimana kata secara mendalam.

Jadi pembahasannya cukup luas dan bisa meliputi apa saja yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat sehari hari dalam menggunakan bahasa tertentu. Itulah sebabnya ilmu sastra bisa menciptakan banyak karya yang bervariasi. Misalnya saja seperti cerpen, novel, puisi, film, dan lagu. Semuanya tidak lepas dari jurusan sastra.

Selain itu, jurusan ini juga melakukan analisis sastra banyak karya sesuai teori dan pedoman sebelumnya. Misalnya saja soal cara menganalisis lagu yang didengarkan, setelah itu dikelompokkan dan dikaji sesuai teori sastra lainnya. Bila ada yang memilih sastra urban, maka lagu yang dipilih berkaitan dengan kondisi perkotaan.

Contoh implementasi lain dari jurusan sastra adalah mempraktekkan ilmunya sebagai karya yang menarik. Misalnya saja menciptakan pementasan, teater kepada pihak kampus atau teman teman kuliah. Selain mempelajari bahasa, ilmu seperti seni dan sosial juga dipelajari dalam jurusan sastra.

Itulah sebabnya bila anda ingin mempelajari tentang karya yang menarik, seperti puisi, film, novel, cerpen dan lagu. Maka jurusan ini patut dipilih karena dengan mempelajarinya akan membuat anda bisa mendapatkan banyak hal yang menarik seputar karya sastra.

#2 Jurusan Pendidikan Bahasa

Berbeda sekali dengan jurusan sastra, pendidikan bahasa ini ilmu yang dipelajari tidak seluas sastra. Karena selain belajar bahasa, anda juga belajar cara menjadi seorang pendidik (guru bahasa) yang berkompeten kedepannya. Jadi jangan heran bila kemudian anda akan diajarkan tentang teori pendidikan, guru dan lain lain.

Materi yang diajarkan seperti ilmu keguruan pada umumnya. Karena setiap mahasiswa harus mempelajari cara membimbing murid, menjalani profesi menjadi guru, dan soal dasar pendidikan. Tidak hanya itu saja, mahasiswa dari jurusan ini juga harus bisa membuat metode pembelajaran yang berkualitas.

Baik dari media pembelajarannya dan evaluasi agar sesuai dengan kebutuhan pelajar. Namun meskipun jurusan ini fokus terhadap dunia pendidikan, ternyata ilmunya juga dipelajari jurusan ilmu sastra. Hanya saja persentasenya tidak banyak, dan yang pasti jurusan sastra dan pendidikan bahasa itu baik untuk dipelajari.

Karena ini bisa mempengaruhi kondisi seseorang dan latar belakangnya dari hasil pembelajaran yang sudah dilakukan. Untuk itu bila dari awal anda bercita cita ingin menjadi seorang pendidik (guru), maka jurusan ini cocok dipilih. Namun bila dari awal tidak ingin menjadi pendidik, maka ilmu sastra dan linguistic pilihannya.

#3 Jurusan Linguistic

Meskipun masih asing, ternyata jurusan ini sangat penting sekali karena berkaitan dengan proses analisis dan manusia dalam berbicara. Dengan mempelajari cara manusia berbicara, maka itu termasuk kajian ilmu jurusan linguistic. Itu karena yang dipelajari berkaitan dengan pembicaraan antar manusia langsung.

Selain itu jurusan ini juga mempelajari bagaimana kalimat bisa terbentuk, tata bahasa, dan hal hal seperti tanda baca, serta pengucapannya juga dipelajari disini secara mendalam. Lebih menariknya lagi adalah ternyata ilmu linguistic mempunyai banyak cabang. Meskipun mulanya mahasiswa mungkin hanya mempelajari pemahamannya secara umum.

Namun pada akhirnya anda akan menemukan banyak cabang pembelajaran dari jurusan ini. Misalnya saja seperti teknologi dan juga pragmatik. Semuanya dipelajari sesuai dengan minat setiap mahasiswa. Bila cabang ilmu linguistic ini dipelajari dengan belajar bahasa asing, biasanya hasilnya adalah mahasiswa tersebut menjadi penerjemah bahasa asing.

Baca juga : Mengasah bahasa asing dirumah saat pandemi

Menjadi seorang penerjemah adalah bukti nyata dari hasil peserta didik jurusan linguistic. Dengan mengambil jurusan linguistic, maka peluang untuk bisa belajar ke luar negeri menggunakan program beasiswa jenjang S2 dan S3 terbuka lebar.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya ketiga jurusan tersebut sangat berbeda jika dilihat dari segi implementasinya.Meskipun bila dilihat secara prinsip dan tujuan sama, namun sebaiknya pilih jurusan yang sesuai dengan keinginan (minat) anda.

Dengan memilih jurusan yang tepat akan membuat anda lebih nyaman mempelajari ilmunya. Sehingga ini akan mempengaruhi anda dalam meniti karir kedepannya. Maka dari itu jangan pernah mengambil jurusan hanya karena ikut ikutan saja. Karena itu bisa berdampak pada kenyamanan belajar di kelas.

Artikel ditulis oleh @author dengan judul artikel seperti inilah perbedaan jurusan sastra, linguistic dan pendidikan bahasa. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com