Sepak bola adalah salah satu olahraga terpopuler yang pernah ada. Tahukah Anda sejarah sepak bola? Disini, Anda akan di jelaskan bagaimana awal kemunculan sepak bola, apa itu sepak bola, dan sejarah sepak bola yang perlu Anda tahu, apalagi Anda seorang pecinta sepak bola.

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang menggunakan bola besar. Umum di mainkan dengan 11 orang dalam satu tim dan saling adu strategi dan kekuatan dengan tim lain di satu lapangan. Kemenangan tim di lihat dari jumlah gol yang berhasil di masukkan ke gawang lawan. Aturan mutlak dalam sepak bola adalah menggunakan kaki (Bagian tubuh lainnya) dan tak boleh menggunakan tangan (Kecuali penjaga gawang).

Sejarah Sepak Bola di Dunia

Sepak bola adalah salah satu kegiatan kebugaran yang tua, telah ada sejak abad ke-2 SM di Tiongkok. Dalam sejarah Tiongkok, masyarat bermain menggunakan bola khusus (Kulit) dan menggiring, menendang bola tersebut ke jaring kecil yang tersedia.

Permainan tersebut di ketahui tidak hanya di mainkan di Tiongkok saja. Di Jepang, permainan ini di sebut sebagai Kemari. Pada abad ke-16, permainan ini berkembang hingga ke Italia dan berkembang pesat sebagai salah satu kegiatan olahraga yang populer di sana.

Mulai memasuki awal modern, sepak bola kemudian berkembang ke berbagai Negara, salah satunya adalah Inggris. Sepak bola telah ditetapkan aturan-aturan yang membuat permainan ini cepat di gemari. Sayangnya, Raja Edward III akhirnya melarang olahraga ini terus di mainkan pada tahun 1365 karena di beberapa kompetisi, sepak bola terkesan menimbulkan tindak kekerasan.

Pengertian dan Sejarah Sepak Bola

Raja James I Skotlandia juga melarang keras permainan ini karena kekerasan yang ada didalamnya. Pada tahun 1815, permainan ini kembali berkembang dan populer di kalangan kampus dan sekolah. Freemasons Tavern 1863, adalah masa dan tempat sepak bola modern mulai ada dan menjadi sangat populer.

Bersamaan dengan hal tersebut, Rugby dan sepak bola di pisahkan dan dibedakan pada tahun 1869 dimana menggunakan tangan dalam sepak bola telah dilarang. Selama abad ke-18 dan ke-19, sepak bola di populerkan oleh para pelaut, tentara Inggris, dan para pedagang ke berbagai belahan dunia.

Tahun 1904, FIFA resmi dibentuk dan menjadi asosiasi tertinggi cabang olahraga sepak bola dan mengadakan berbagai kompetisi yang diikuti berbagai Negara di Dunia.

Kepopuler dan Kejuaran Internasional Sepak Bola

Tidak hanya populer di kalangan laki-laki, sepak bola akhirnya secara perhalan juga di gemari oleh kaum perempuan. Beberapa decade berlalu, Futsall juga telah ada kemudian di kenal sebagai olahraga sepak bola mini yang perkembangannya sangat pesat.

Sejarah sepak bola mulai dari awal permainan ini dimainkan oleh anak-anak jaman dulu sampai akhirnya menjadi cabang olahraga terpopuler saat ini tidaklah pendek. Untuk itu, terbentuklah berbagai kejuaraan nasional yang bisa diikuti oleh berbagai Negara di dunia. Bahkan Piala Dunia adalah kejuaraan sepak bola terbesar dimana seluruh Negara di Dunia memiliki kesempatan sama meraih juara.

Baca juga: Budaya Politik Menuju Masyarakat Madani

Piala dunia di selenggarakan oleh FIFA yang di adakan setiap 4 tahun sekali. Pertama kali di mulai di Uruguay pada tahun 1930. Jules Rimet adalah pengacara yang memberikan ide ini. Tidak hanya piala dunia, Copa Amerika, Piala Emas CONCACAF dan kejuaraan wilayah dunia lainnya adalah kejuaraan sepak bola yang besar dan akan terus di lestarikan.