Kepadatan Tulang Menurun Usia 30, Sadari Pentingnya Suplemen Kalsium

oleh -20 views
Suplemen kalsium tulang
Suplemen kalsium tulang

Web portal pendidikan – Selamat siang sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan memberikan ulasan mengenai kepadatan tulang menurun di usia 30 tahun, betapa pentingnya suplemen kalsium untuk tulang. Berikut ulasannya dapat saya sampaikan dibawah ini.

Pentingnya Suplemen Kalsium Untuk Tulang


Tulang merupakan komponen penting di dalam tubuh. Tulang berfungsi sebagai alat gerak dan membentuk postur tubuh manusia. Tulang juga merupakan tempat penyimpanan kalsium, yaitu mineral penting untuk berbagai fungsi tubuh.

Anda perlu tahu, sel-sel tulang akan beregenerasi secara berkala. Proses regenerasi sel tulang dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya karena faktor usia.

Pada usia anak-anak, massa tulang terus meningkat dan mencapai puncaknya hingga usia 25 tahun. Itu sebabnya, waktu terbaik untuk memperkuat tulang adalah sebelum Anda berusia 25 tahun.

Lalu, saat usia 25-30 tahun, biasanya kepadatan tulang akan cenderung stabil. Namun secara perlahan, kepadatan tulang akan menurun setelah melewati usia tersebut.

Jika tidak diantisipasi, tak dimungkiri Anda bisa mengalami osteoporosis saat memasuki usia tua nantinya.

Mengapa Kepadatan Tulang Bisa Menurun di Usia 30?


Proses regenerasi ditandai ketika sel tulang lama dibuang dan digantikan dengan sel-sel tulang yang baru. Proses tersebut dilakukan oleh osteoblas dan osteoclast.

Osteoclast dan osteoblast melakukan tugasnya secara seimbang. Setelah osteoclast menghancurkan sel tulang lama, osteoblast akan datang membentuk sel tulang yang baru.

Proses tersebut diatur ketat oleh tubuh untuk mempertahankan kekuatan dan kepadatan tulang.

Sayangnya pada usia 30 tahun ke atas, proses tersebut sudah tidak seimbang lagi. Sebab, kerja osteoclast semakin meningkat atau tetap, sedangkan kemampuan osteoblast semakin menurun. Hasilnya, kepadatan sel tulang tubuh juga semakin menurun.

Kondisi tersebut adalah normal akibat proses penuaan yang akan dialami semua manusia. Akan tetapi, ada beberapa kebiasaan buruk yang membuat proses penurunan kepadatan tulang menjadi lebih cepat.

Misalnya, kurang mengonsumsi makanan atau minuman mengandung kalsium dan vitamin D. Lalu, jarang berolahraga juga bisa menyebabkan kepadatan tulang menurun lebih cepat.

Perlu diketahui, wanita berisiko lebih tinggi untuk mengalami penurunan kepadatan tulang dibandingkan pria. Bahkan, wanita menopause rentan terkena masalah kesehatan tulang seperti tulang keropos atau osteoporosis.

Kondisi tersebut disebabkan oleh massa tulang wanita yang lebih kecil dan juga proses hormonal, seperti penurunan hormon estrogen, pada saat menopause.

Baca juga : 4 ciri wanita mengalami menopause

Jaga Kepadatan Tulang Di Usia 30


Belum ditemukan cara untuk menghindari penurunan kepadatan tulang. Namun, ada beberapa cara bisa dilakukan untuk memperlambat proses tersebut. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  1. Hindari Rokok dan alkohol
    Rokok dan alkohol dapat mempercepat penurunan kepadatan tulang wanita maupun pria. Selain itu, merokok dan konsumsi alkohol juga dapat memperlambat proses penyembuhan jika Anda mengalami patah tulang dan berbagai masalah tulang lainnya.
  1. Olahraga Secara Teratur
    Olahraga, seperti berjalan, joging, aerobik, dan latihan angkat beban dapat menstimulasi proses regenerasi tulang. Dengan berolahraga, tulang Anda menjadi lebih kuat dan padat.
  2. Konsumsi Protein
    Protein merupakan penyusun utama dari tulang, sehingga Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut untuk menjaga kepadatan tulang. Anda bisa mendapatkan protein dari konsumsi makanan seperti, telur, daging, atau brokoli.
  3. Konsumsi Suplemen yang Baik untuk Tulang
    Untuk memperlambat penurunan kepadatan tulang, Anda dapat mengonsumsi suplemen mengandung kalsium, vitamin D, vitamin C, dan vitamin B6.

Kalsium terbaik didapatkan dialam suplemen yang baik pula, disini saya merekomendasikan Calcium D Redoxon (CDR) sebagai suplemen dalam menjaga kesehatan tulangmu. CDR Orange merupakan salah satu produk yang rekomended untuk kamu yang butuh kalsium yang cukup.

Konsumsi kalsium dalam jumlah cukup sangat penting untuk menguatkan tulang dan menurunkan risiko terjadinya patah tulang. Lalu, vitamin D berfungsi penting untuk meregulasi kalsium di dalam tubuh.

Baca juga : Fungsi kalsium dalam tubuh

Sementara itu, vitamin C berperan menghasilkan kolagen untuk membentuk struktur tulang. Terakhir, vitamin B6 dapat mendukung kesehatan tulang dan melindunginya dari osteoporosis.

Nah itulah penjelasan dari seberapa pentingnya menyadari kesehatan kalsium untuk tulang pada usia 30 tahun. Suplemen kalsium yang kita konsumsi saat ini sangat berpengaruh untuk masa tua nanti.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan kamu juga bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami halo@keluhkesah.com

Kata kunci : suplemen kalsium untuk tulang

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *