Web portal pendidikan – Selamat siang sobat belapendidikan. Kiriman artikel hari ini yaitu dengan judul revolusi mental di era revolusi industri. Untuk lebih lengkap dapat kita ulas dalam artikel berikut ini.

Revolusi Mental di Era Revolusi Industri

Dunia saat ini sudah memasuki era Revolusi industri 4,0, dimana teknolgi berkembang secara pesat. Dan kebutuhan masyarakat dengan mudah dapat tercukupi dengan mudah dengan melalui teknologi yang ada.

Revolusi industri 4,0 merupakan lanjutan dari revolusi industri 3,0. Dimana dalam revolusi industri 3,0 dengan adanya penggunan komputer, sedangkan revolusi industri 4,0 yaitu adanya era digital, dan perkembangan internet yang semakin pesat termasuk negara Indonesia.

Dengan adanya revolusi industri 4,0 manusia dituntut untuk dapat beradaptasi dengan globalisasi yang ada. Dan revolusi mental perlu dilakukan, karena kualitas sumber daya manusia sangat berpengaruh dalam menghadapi revolusi industri 4,0.

Tujuan utama dari adanya revolusi mental bagi suatu negara yaitu agar dapat beradaptasi dan diterima diseluruh penjuru negeri. Keberhasilan dalam revolusi industrimental akan menciptakan bangsa yang maju dan dapat bersaing di era globalisasi.

Bagaimana Tingkat Revolusi Industri 4,0 di Indonesia ?

Di indonesia sendiri, tingkat kecerdasan masyarakat masih tergolong rendah. Tingginya ketergantungan masyarakat Indonesia dalam menggunakan internet memicu lunturnya kebudayaan Indonesia.

Di revolusi industri 4,0 masyarakat harus berkembang diera digital saat ini, dan bukan masyarakat yang menjadi korban dari teknologi. Masyarakat indonesia harus bisa memanfaatkan perkembangan teknologi secara bijak.

Menteri Pembangunan Manusia dan kebudayaan, Puan Maharani mengungkapkan 3 pentingnya revolusi mental di Indonesia yaitu :

  • Karena bangsa ini sudah terlalu lama membiarkan praktik-praktik dalam berbangsa dan bernegara dilakukan dengan cara tidak jujur, tidak memegang etika dan moral, serta tidak dapat diandalakan dan tidak dapat dipercaya.
  • Dalam bidang perekonomian Indonesia tertinggal jauh dari negara lain, karena kehilangan etos kerja, daya saing, semnagat mandiri, kreativitas, dan semangat iovatif.
  • Sebagai bangsa, indonesia mengalami krisis indentitas

Menurut World Health Organization (WHO), sekitar 20% anak-anak dan remaja mengalami gangguan mental. Dan lebih dari 800.000 orang setiap tahun mengalami bunuh diri.

Di indonesia sendiri 6% orang dewasa mengalami gangguan mental berupa kecemasan berlebihan dan depresi parah. Dan penderita gangguan mental di Indonesia mayoritas mendapatkan perlakuan diskriminatif dan tidak manusiawi.

Menurut saya di zaman sekarang ini masyarakat Indonesia harus lebih peka dan aware terhadap mental health karena hal itu berdampak terhadap perekonomian sebuah negara.

Di indonesia sendiri topik tentang “Kesehatan Mental” masih menjadi topik yang kurang diminati bahkan terasingkan. Secara global Indonesia berada di urutan ke 4 dalam daftar negara dengan tingkat depresi paling tinggi, dan urutan ke 6 untuk hal tentang gangguan mental.

Revolusi mental di Indonesia sendiri merupakan gerakan perubahan masyarakat baik pemerintah maupun masyarakat dengan mengubah cara pandang, sikap, dan perilaku yang sesuai dengan ideologi negara.

Baca Juga : Pembaruan Mental Sistematis di Dunia Pendidikan

Kesehatan mental di Indonesia masih terganjal oleh stigma negarif masyarakat. Karena dengan stigma tersebut, banyak orang yang enggan mencari pertolongan.

Dengan adanya pelatihan atau sosialisasi tentang kesehatan mental masyarakat maka masyarakat akan lebih aware dan lebih paham akan pentingnya kesehatan mental.

Indonesia perlu sistem yang lebih komprehensif agar manusia lebih paham tentang kesehatan mental, salah satunya dengan meningkatkan sistem layanan yang lebih merata dan berkualitas, dan memperbaiki sistem kesehata jiwa diseluruh area di Indonesia.

Artikel ini ditulis oleh Halimah kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com