Hai sobat web belapendidikan.com pada perjumpaan kali ini saya akan membahas tentang artikel resiko hamil di usia muda ,yuk simak artikenya sobat

RESIKO HAMIL DIUSIA MUDA

Di era globalisasi saat ini, hamil di usia muda bukanlah hal yang sulit untuk ditemukan, telah banyak kaum remaja yang hamil di usia muda hal itu disebabkan karena beberapa faktor diantaranya adanya pergaulan yang tidak sehat dengan lawan jenis, faktor budaya serta adanya tekanan ekonomi yang membuat para wanita akhirnya menikah atau hamil di usia muda.

namun taukah anda sobat setia bahwa terdapat beberapa resiko yang mungkin terjadi jika hamil di usia muda.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas beberapa resiko yang mungkin terjadi pada ibu maupun bayi jika wanita hamil di usia kurang dari 20 tahun, yaitu :

  • Seorang wanita yang hamil di bawah usia 20 tahun lebih rentan terjadi anemia (kekurangan sel darah merah ). Dimana dikatakan anemia ketika HB dibawah dari nilai normal,umumya kadar HB normal >11 gr % .anemia pada ibu hamil diklasifikasikan menjadi 3 bagian ,yaitu :
Hb 9-10 gr % anemia ringan
Hb 7-8 gr % anemia sedang
Hb < 7 gr % anemia berat

Hb merupakan sel darah merah yang berfungsi mensuplai oksigen keseluruh tubuh dimana selama kehamilan ibu hamil tidak hanya memberikan oksigen pada dirinya namun pada janin yang dikandungnnya melalui plasenta. Sehingga ibu memerlukan pasokan sel darah merah yang relatif lebih besar jika dibandingkan.

[wpspoiler name=”Artikel Terkait” open=”true” style=”wpui-green”]Pengertian STDS, Gejala dan Cara Pencegahan
Manfaat Lempar Lembing Untuk Kesehatan
Pusing Saat Membaca Di Dalam Mobil[/wpspoiler]

Sebelum hamil selain itu darah juga berfungsi untuk memberikan pasokan nutrisi pada janin namun sayangnya jika seseorang yang hamil diusia muda 3x lipat lebih beresiko terkena anemia dibandingkan ibu hamil usia 20 tahun.

Hal itu disebabkan karena alat reproduksi  pada usia dibawah 20 tahun belum terlalu matang sehingga bisa menimbulkan terjadinya anemia. Yang bisa berakibat fatal pada bayi misalnya kematian janin dalam rahim ( KJDR) ,BBLR, prematuritas dan cacat bawaan serta pada ibu bisa berakibat pendarahan pasca / setelah persalinan yang jika tidak di atasi bisa mengakibatkan syok hingga kematian.

sebaiknya ibu hamil di usia muda harus memeriksakan kehamilannya pada petugas kesehatan, mengkonsumsi makananan bergizi serta tablet zat besi yang dapat memberikan tambahan sel darah merah pada ibu.

  • Hamil di usia < 20 tahun lebih beresiko terjadinya plasenta previa 3x lipat daripada ibu yang usia > 20 tahun, dimana plasenta previa adalah letak plasenta yang tidak normal yaitu menutupi sebagian atau seluruh pembukaan jalan lahir dan plasenta previa terjadi diatas usia kehamilan 22 minggu.

adapun penyebab dari plasenta previa pada usia < 20 tahun yaitu karena organ reproduksi seorang wanita belum siap untuk menerima kehamilan. Demikian  juga  dengan  jaringan endometriumnya.

Ketidaksiapan jaringan  endometrium  inilah  yang dapat mengakibatkan jaringan plasenta akan  memperlebar  diri  untuk memenuhi  kebutuhan  nutrisi  janin, sehingga  menutupi  seluruh  atau sebagian  ostium  uteri (pembukaan jalan lahir ).

Adapun gejala awal yang di alami oleh ibu hamil biasanya terjadi pengeluaran darah segar dan tanpa nyeri pada OUI.

sehingga jika hal ini dibiarkan dapat berakibat terjadinya pengeluaran hasil konsepsi (janin) sehingga melahirkan bayi yang prematuritas dan bisa mengakibatkan pendarahan pada ibu baik selama kehamilan, persalinan dan pasca persalinan yang jika tidak ditangani secara baik bisa mengakibatkan syok pada ibu hingga kematian.

  • organ panggul belum siap menampung janin, pada wanita hamil dengan usia < 20 tahun alat reproduksi seperti rongga panggul belum terlalu matang sehingga biasanya bayi dengan presentase ( letak ) yang tidak normal seperti letak bokong, lintang, kaki sehingga pengeluaran hasil konsepsi akan dilakukan dengan cara tindakan operatif (SC)

Demikianlah resiko yang dapat terjadi jika hamil di usia muda sehingga sebaiknya wanita hamil paling ideal yaitu usia 20-35 tahun, Semoga artikel yang berjudul Resiko hamil di usia muda ini dapat membantu sobat semua ,sampai jumpa ,salam sejahetara dan terimakasih.

Penulis : Nur Syuhada
Email : [email protected]

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com