Racun Karya Pilkada

oleh -1.122 views
Racun karya pilkada - Muhammad Alam Rasyad
Racun karya pilkada - Muhammad Alam Rasyad

Informasi yang diberikan pun harus informasi yang benar-benar akurat, karena itu tim ini harus langsung satu muara dengan police cyber crime dan menkominfo agar klarifikasi yang sulit dicari kebenarannya bisa langsung di diskusikan dengan mereka.

Pengaturannya juga tidak akan terlalu rumit karena adanya koordinator dari setiap tim daerah, sehingga hal-hal yang mungkin saja terjadi diluar dari rencana bisa langsung di klarifikasi.

Pada pelaksanaannya semua anggota tim tidak perlu stand by 24 jam dengan gawai atau komputer, cukup dengan membagi waktu dari tiap individu perjam dan dengan santai mengecek media sosialnya atau searching berita-berita terkait pilkada lalu cek keaslian beritanya.

Apabila menemukan berita hoaks, langkah pertama cukup dengan memberikan klarifikasi di kolom komentar bila dalam berupa blog atau status dan catat linknya agar ketika akan dilakukan langkah berikutnya bisa langsung tanpa mencari-cari lagi.

Dengan segala suatunya terencana dan terorganisir akan mudah untuk dilakukan dan tidak terlalu sulit saat melakukan controlling¬ hanya butuh sedikit sentuhan dalam setiap langkah awalnya dengan hasil masyarakat dapat tahu berita mana yang benar dan tidak, sehingga informasi yang diterima bukanlah virus dari para produser hoaks.

Bersihnya informasi yang diterima masyarakat menghantarkan pada pemilihan dengan hasil yang faktual dan diinginkan sehingga dapat meminimalisasi salah pilih ketika pemilu terlaksana.

Menurut data statistik dari lembaga riset pemasaran digital e-marketer pada 2018 jumlah pengguna aktif gawai di Indonesia lebih dari 100 juta orang, dan diantaranya ada 30 juta penguna aktif internet yang terdiri dari anak-anak dan remaja.

Aktifnya pemuda dalam menggunakan media sosial bisa menjadi kekuatan dimana tidak memberatkan mereka dalam ikut membantu, Karena tujuan mereka membuka bukan hanya untuk mencari berita hoaks tetapi dengan bermain game misalnya dan ketika membuka situs game terselip berita hoaks dan mereka dapat memberikan klarifikasi atas berita tersebut.

Semakin dekatnya waktu pilkada berarti bom waktu untuk masa depan, dimana hasil dari pilihan masyarakat akan menentukan nasib bangsa ini. Pengaruh informasi terhadap pilkada akan berdampak pada pasangan calon yang akan menang nantinya, semakin bersihnya informasi yang diterima masyarakat akan memberikan hasil yang didambakan tanpa adanya penyesalan karena maksimalnya kinerja pemerintah sesuai dari informasi yang di beritakan.

Tapi apabila informasi yang diterima masyarakat kotor dan tidak sesuai fakta, akan muncul kekecewaan karena hasil dari kinerja pemerintah tidak sesuai harapan.

Karena itu memberantas hoaks sangatlah penting untuk dilakukan dan dengan melibatkan pemuda akan memberikan hasil yang memuaskan dalam menyelesaikan hoaks ini.

Semakin banyak kontribusi pemuda dalam membantu pemberantasan hoaks, dapat memberikan panen yang lebih signifikan dan menjanjikan dalam mengatasi problematika ini.

Semua solusi ini tidak lepas dari peran pemuda, ketika saat penjajahan muncul sumpah pemuda untuk menuju kata merdeka, kini saatnya bagi pemuda kembali bangkit menegakkan kebenaran yang hakiki.

Bahasa menjadi alat yang terikat dengan senjata problematika, peran bahasa dalam tatanan sosial menjadi tunjangan kebenaran. Maka saat ini pada problematika ini, pemuda menjadi eksekutor dan bahasa menjadi senjatanya, lalu munculah pahlawan muda bangsa.

Tags By : Racun karya pilkada

Esai ini ditulis oleh Muhammad Allaam Rasyad, kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com