Web Portal Pendidikan – Sesuai dengan topik di atas , sedikit saya akan menyampaikan tentang retorika , yakni prinsip prinsip dasar retorika. Saya akan menjelaskan kurang lebih ada 10 prinsip prinsip dasar nya, untuk itu silahkan simak di bawah ini :

Prinsip Prinsip Dasar Retorika

1. Penguasaan secara aktif sejumlah kosa kata bahasa yang dikuasainya. Semakin besar jumlah kosa kata yang dikuasai secara aktif, semakin mampu pula memilih kata kata yang tepat untuk menyampaikan pikiran.

2. Penguasaan secara aktif kaidah kaidah ketatabahasaan yang memungkinkan penulis mempergunakan bermacam macam bentuk kata dengan nuansa dan konotasi yang berbeda beda kaidah kaidah ini meliputi bidang fonologi, morfologi, dan sintaksis.

3. Mengenal dan menguasai bermacam macam gaya bahasa dan mampu menciptakan gaya yang hidup dan baru untuk lebih memudahkan penyampaian pikiran penulis.

4. Memiliki kemampuan penalaran yang baik, sehingga pikiran penulis dapat disajikan dalam suatu urutan yang teratur dan logis.

5. Mengenal ketentuan ketentuan teknis penyusunan komposisi tertulis sehingga mudah dibaca dan dipahami disamping bentuknya dapat menarik pembaca.

6. Dengan demikian pencorakan dalam retorika moderen akan meliputi bentuk karangan yang disebut moderen akan meliputi bentuk karangan yang disebut eksposisi, argumentasi, deskripsi, dan narasi.

7. Eksposisi adalah suatu bentuk retorika yang tujuannya adalah memperluas pengetahuan pembaca, agar pembaca tahu mengenai apa yang di uraikan.

8. Argumentasi merupakan teknik teknik untuk berusaha mengubah dan mempengaruhi sifat pembacanya.

9. Deskripsi menggambarkan objek uraian sedemikian rupa sehingga barang atau hal tersebut seolah olah berada di depan mata pembaca.

10. Narasi merupakan tekhnik retorika untuk mengisahkan kejadian kejadian yang ingin disampaikan penulis sedemikian rupa, sehingga pembaca merasakan seolah olah dia sendiri yang mengalami peristiwa tersebut.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang prinsip prinsip dasar retorika, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan kepada para pengunjung belapendidikan.com

Kurang lebih mungkin prinsip retorika yang saya sampaikan mungkin terlalu sedikit, tapi yang saya sampaikan ini adalah prinsip dasarnya sajaa,
Jika sobat ingin artikel di atas, agan bisa mendownload nya disini 

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com