Web portal pendidikan – Halo sahabat edukasi, kali ini portal pendidikan akan mengulas perbedaan jurusan IPA atau IPS, jika kamu dikasih pilihan pilih jurusan IPA atau IPS ? Berikut ulasannya

Pilih Jurusan IPA Atau IPS ?

pilih jurusan IPA atau IPS
Pilih jurusan IPA atau IPS

Hai sahabat intelektual, hari ini kita mau membahas seputar jurusan IPA dan jurusan IPS. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), mari kita bersama-sama melihat jumlah sekolah yang ada di Indonesia.

Pada musim pembukaan siswa baru, berbondong-bondong orang tua mendaftarkan anaknya untuk bersekolah mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Pernah nggak sih kalian berpikir, “Emang sekolah di Indonesia itu ada berapa ya?”

Pernah berpikir demikian ? Sini author kasih tahu sama kamu.

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada tahun 2018, jumlah sekolah dari jenjang SD sampai SMA/Sederajat, termasuk Sekolah Luar Biasa (SLB) di Indonesia sudah mencapai 307.655 sekolah pada tahun ajaran 2017/2018. Sudah ada 307.655 sekolah ! Wow, angka yang tidak kecil tentunya.

Dari jumlah tersebut menurut Kemendikbud terbagi menjadi 169.378 sekolah negeri dan 138.277 sekolah swasta.

So, semoga nggak penasaran lagi ya hehe.

Bali ke pembahasan awal, artikel kali ini akan membahas tentang kebingungan teman-teman sekalian yang bingung pilih IPA atau IPS.

Sebenarnya dulu di SMA ada tiga pilihan jurusan yaitu jurusan IPA, jurusan IPS, dan jurusan Bahasa. Namun, beberapa sekolah menghapus jurusan Bahasa karena ada banyak alasan seperti peminatnya yang sedikit atau kekurangan tim pengajar.

Kamu sendiri sudah tahu belum apa maksud dari jurusan ? Kenapa harus ada penjurusan ? Belum tahu ya ? Sini author bisikin.

Baca juga : Tips memilih jurusan di SMA

Apa itu jurusan ?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian jurusan ada beberapa hal yaitu :

  • arah atau tujuan
  • bagian (pengkajian ilmu), contohnya : ia siswa jurusan IPS
  • bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi. Contohnya, jurusan Teknik Sipil.

Jadi, begitulah kira-kira arti dari jurusan. Nah, pada artikel ini jurusan yang dimaksud adalah bagian.

Kamu jurusan IPS memiliki maksud yang sama dengan kamu bagian jurusan IPS. Artinya, kamu mengambil jurusan IPS di sekolah.

Baca juga : Perbedaan jurusan sastra, linguistic, dan pendidikan bahasa

Kenapa harus ada penjurusan ?

Sudah tentu harus ada penjurusan di sekolah, malah ada beberapa negara di belahan dunia sana telah menerapkan sistem penjurusan di sekolah tingkat dasar.

Kenapa harus ada penjurusan ? Hal ini dilakukan agar setiap orang atau siswa punya tujuan yang jelas. Dengan adanya penjurusan membuat siswa menjadi fokus dalam belajar, tidak semua hal dipelajari. Misal kamu lebih suka dengan pengetahuan alam, lebih suka tentang pembelajaran yang berkaitan dengan fenomena semesta seperti bulan dan bintang, tumbuh-tumbuhan, bagian terdalam dari makhluk hidup dan sejenisnya, maka cocok sekali untuk mengambil jurusan IPA.

Sedangkan, jurusan IPS itu belajar tentang sosial kemasyarakatan, antar satu individu ke individu lain, belajar mengenai fenomena sosial, dan sejenisnya.

Nah, setidaknya di bagian paragraf ini teman-teman sudah sedikit terbuka cakrawalanya. Harapan saya, semoga kamu tidak bingung lagi pilih IPA atau IPS. Atau masih bingung nih ? Sok mangga kita lanjutin.

Apa saja jurusan kuliah yang bisa diambil oleh anak jurusan IPA dan jurusan IPS ?

Pilihan jurusan IPA untuk kuliah :

  1. Pendidikan Dokter atau Kedokteran Umum

Ada banyak pilihan kalau kamu berminat di jurusan ini seperti Jurusan Pendidikan Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan dan lain-lain.

  1. Teknik

Ini banyak pilihannya, kamu bisa masuk ke jurusan Teknik Sipil, Teknik Pertambangan, Teknik Elektro, Teknik Kimia, dan lain-lain.

  1. Ilmu Murni

Ilmu murni disini maksudnya adalah ilmu yang dipelajari secara mendalam, biasanya mereka yang mengambil jurusan ini nantinya akan bekerja sebagai saintis atau peneliti. Ilmu murni yang bisa kamu ambil seperti jurusan Kimia, Fisika, Biologi, dan kawan-kawannya.

4. Pendidikan Keguruan

Ketika ada ilmu murni, maka ada ilmu yang diajarkan kepada siswa. Artinya ilmu yang dipelajari di jurusan ini adalah ilmu dasar yang akan diajarkan kepada siswa di sekolah. Ada jurusan pendidikan Matematika, pendidikan Fisika, dan sejenisnya.

  1. Teknik Informatika

Kamu suka dengan teknologi informasi ? Suka otak-atik isi komputer ? Nah Teknik Informatika ini jawabannya.

6. Pertanian

Jelas sekali lah ya, disini teman-teman akan belajar mengenai pengetahuan di bidang pertanian.

7. Dan masih banyak lagi

Baca juga : Kebijakan pengelolaan lingkungan hidup

Pilihan jurusan IPS untuk kuliah :

  1. Ekonomi

Jurusan IPS kental sekali dengan Ekonomi, kamu nantinya bisa mengambil jurusan Akuntansi, Manajemen, Ilmu Ekonomi atau Ekonomi Pembangunan.

  1. Ilmu Sosial

Ilmu Sosial ada menawarkan banyak pilihan juga seperti jurusan Ilmu Komunikasi, jurusan Administrasi Negara, Sosiologi, dan banyak lagi.

  1. Hukum

Mau jadi pengacara ? Ya udah masuk jurusan Ilmu Hukum saja deh bisa banget dari jurusan IPS. Apalagi kamu kuat banget dalam menghafal, bisa berlama-lama membaca Undang-undang yang tebalnya minta ampun. Ngomong-ngomong Hotman Paris yang kaya itu profesinya pengacara lho. Siapa tahu kamu mau mengikuti jejak beliau hehe.

  1. Pendidikan Keguruan

Tenang, anak IPS juga bisa jadi guru kok. Kamu bisa mengambil kuliah di jurusan pendidikan sosiologi, pendidikan geografi, pendidikan sejaran, dan kawan-kawannya.

  1. Sastra dan Bahasa

Aktif berkomunikasi ? Suka banget mempelajari bahasa ? Boleh banget anak dari jurusan IPS untuk mengambil jurusan sastra dan bahasa seperti Sastra Jepang, Sastra dan Bahasa Indonesia, Sastra Korea, Sastra Inggris, dan lain-lain.

  1. Pariwisata dan Perhotelan

Suka jalan-jalan ? Jurusan Pariwisata dan Perhotelan bisa kamu pilih nantinya selepas lulus di bangku SMA.

7. Dan masih banyak lagi

Baiklah itu dia artikel mengenai Pilih IPA atau IPS ? Baca Artikel ini Dulu. Semoga bermanfaat !

Artikel ditulis oleh @author dengan judul artikel pilih jurusan IPA atau IPS. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]