Permainan Sepak bola : Pengertian, Teknik Dan Aturan

oleh -32 views
Permainan Sepak Bola
Permainan Sepak Bola : Pengertian, Teknik dan Aturan

Web portal pendidikan – Selamat siang sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan menjelaskan permainan sepak bola yang di bagi atas pengertian sepak bola, teknik permainan sepak bola dan aturan yang ada dalam permainan sepak bola. Adapun ulasannya dapat saya sampaikan dibawah ini.

Permainan Sepak Bola

Permainan Sepak Bola
Permainan Sepak Bola : Pengertian, Teknik dan Aturan

Permainan sepak bola secara resmi diperkenalkan sebagai cabang olahraga yang menggunakan bola yang pada umumnya terbuat dari kulit ataupun plastik dan dimainkan oleh dua tim. Adapun pengertian permainan sepak bola secara lengkap dapat saya jelaskan dibawah.

A. Pengertian Sepak Bola

Pengertian sepak bola
Pengertian Sepak Bola

Sesuai dengan namanya sepakbola, yaitu suatu permainan bola yang disepak, ditendang, menggunakan kaki, dimainkan oleh dua tim dan beranggotakan 11 orang satu timnya. Permainan ini harus dilakukan di sebuah lapangan yang luas.

Panjang lapangan sepakbola antara 90 – 120 meter dan lebar lapangan antara 45 – 90 meter. Untuk pertandingan yang resmi yang diselenggarakan komite olahraga ataupun instansi terkait, panjang lapangan bisa sampai 100 – 110 meter dan lebar antara 64 – 75 meter.

Permainan sepak bola dimainkan dalam kurun waktu 90 menit yang dimainkan 2 babak. 1 babak dimainkan 45 menit dan babak kedua dimainkan 45 menit juga.

Cara permainan sepak bola

Setiap tim yang beranggotakan 11 orang termasuk 1 orang kiper (penjaga gawang) harus bermain dan memasukan bola ke gawang tim lawan, bola di sepak atau ditendang sampai masuk ke gawang lawan. Jika bola sudah masuk ke gawang itu artinya tim yang memasukan berhak menambah skor. Tim yang berhasil mencetak skor lebih banyak bisa dinyatakan sebagai pemenang.

Namun perlu diperhatikan, permainan ini tidak segampang yang kita pikirkan. Karena akan ada aturan yang dibolehkan ketika permainan sedang berlangsung, jika melanggar aturan tersebut pemain bisa di sanksi berupa teguran ataupun terkena kartu.

Sejarah Sepak bola

Kabar yang berhembus di media mengatakan bahwa permainan sepak bola sudah ada sejak zaman kerajaan tiongkok pada masa Dinasti Han. Pada saat itu orang orang disana membuat permainan dari bola kulit yang ditendang masuk ke sebuah jaring yang kecil.

Permainan sepak bola terus berkembang sampai pada akhirnya muncul ide pembentukan asosiasi sepak bola dunia pada tahun 1886, dan barulah secara resmi terbentuk pada tahun 1904. Asosiasi itulah yang saat ini kita kenal dengan nama FIFA ( Federation Internationale de Football Association ) yang terbentuk di Paris, Perancis.

Baca juga : Sejarah sepak bola dan pengertiannya

B. Teknik Dalam Permainan Sepak Bola

Teknik permainan sepak bola
Teknik Permainan Sepak Bola

Beberapa teknik yang dimainkan dalam permainan sepak bola dapat di uraikan sebagai berikut.

1. Teknik Menendang Bola

Ini merupakan teknik dasar yang harus dilakukan ke semua pemain yang terlibat dilapangan. Ada 3 macam teknik menendang yang harus kamu tau, yaitu :

  • Menendang dengan kaki bagian luar
  • Menendang dengan kaki bagian dalam
  • Menendang dengan punggung kaki

2. Teknik Menggiring Bola

Menggiring bola atau disebut dribbling menjadi modal utama bagi setiap pemain sepak bola. Karena teknik menggiring bola merupakan teknik dasar yang harus dilatih oleh semua pemain. Menggiring berarti mengontrol gerakan bola menuju ke gawang lawan. Saat menggiring, pemain harus melakukan tendangan ke arah tertentu sambil tetap menguasai bola.

Menurut author, ada 2 macam teknik menggiring bola, yaitu :

  • Speed Dribbling, pemain menggiring bola dan membawa bola melaju dengan kecepatan yang stabil. Selain kecepatan faktor lainnya yang dapat diperhatikan adalah pemain tidak sedang terdesak atau bebas dari hadangan tim lawan.
  • Closed Dribbling, Berbeda dari speed dribbling, penggiringan bola dilakukan ketika pemain terdesak atau dikepung tim lawan. Penggiringan harus dilakukan dalam jarak pendek sehingga pihak lawan kesulitan untuk merebut bola.

3. Teknik Menyundul Bola

Teknik menyundul bola dengan kepala atau heading dilakukan ketika bola sedang melayang diatas. Tujuan teknik ini adalah untuk mengoper ke semua titik, biasanya di oper ke teman yang ada disekitar atau dibuang jauh.

Teknik ini juga dapat membuat gol ketika bola yang dilambungkan melayang didekat gawang tim lawan.

4. Teknik Menghentikan Laju Bola

Teknik menghentikan laju bola atau stopping merupakan teknik dasar yang diajarkan untuk menghentikan atau mematahkan gerakan bola. Setelah bola yang kamu hentikan berhenti, kamu bisa dengan leluasa menggiring atau membawa bola kemanapun kamu mau.

Teknik menghentikan bola dapat kamu lakukan dengan beberapa cara, yaitu sebagai berikut :

  • Menggunakan kaki bagian dalam
  • Menggunakan kaki bagian luar
  • Menggunakan punggung kaki
  • Menggunakan telapak kaki
  • Menggunakan paha
  • Menggunakan perut
  • menggunakan dada
  • Menggunakan kepala

5. Teknik Menangkap Bola Dengan Tangan ( Teknik Spesial Untuk Kiper / Penjaga Gawang )

Teknik ini harus dikuasai oleh seorang kiper atau penjaga gawang. Kiper harus bisa melihat pergerakan bola yang datang mendekati gawang.

Kiper harus mempunyai reflek yang cepat untuk segera menangkap bola yang digiring oleh pemain lawan. Jika kiper lamban dalam pergerakan maka bukan tidak mungkin akan terjadinya gol jika tidak bisa diantisipasi.

C. Aturan Permainan Sepak bola

aturan permainan sepak bola
Aturan permainan sepak bola

Dalam permainan sepak bola pastinya ada aturan yang harus diikuti oleh semua pemain yang berada didalam lapangan. Peraturan ini mencakup peraturan lapangan dan peraturan permainan, hingga hal yang berkaitan dengan pemain.

1. Peraturan Lapangan ( Berkaitan dengan ukuran lapangan, bola dan tiang gawang)

  • Panjang lapangan 100 sampai 110 meter
  • Lebar 64 75 meter
  • Jari jari lingkaran tengah lapangan 9.15 meter
  • Lingkaran daerah pinalti 40.39 x 16.5
  • Daerah gawang 18.35 x 5.5 meter
  • Tinggi tiang gawang 2.44 meter
  • Lebar gawang 7.32 meter
  • Diameter bola 21 sampai 22.5 cm
  • Keliling lingkaran bola 68 sampai 71 cm
  • Berat bola 410 sampai 450 gram

2. Peraturan Permainan

Adapun aturan dalam permainan sepak bola yang sudah diterapkan oleh Asosiasi Federasi Sepak Bola (FIFA) meliputi berbagai macam, yaitu sebagai berikut :

  • Durasi (menit bermain) > Permainan dimainkan dua babak, dan masing masing babak berdurasi 45 menit
  • Kick Off > Dilakukan pada saat memulai pertandingan dan memulai kembali permainan setelah terjadinya gol atau setelah istirahat babak
  • Offside > offside terjadi pada saat pemain lebih dulu melewati pemain bertahan lawan sebelum bola di oper.
  • Bola keluar (out) > Bola dinyatakan keluar apabila bola sudah melewati garis pinggir lapangan
  • Tendangan sudut > sesuai dengan namanya, tendangan sudut terletak di tiap sudut lapangan
  • Tendangan Pinalti > Penalti terjadi ketika pemain yang sedang bertahan melakukan pelanggaran ke pemain lawan didalam kotak pinalti

3. Peraturan Pemain

Setiap tim terdiri dari 11 pemain, 10 pemain dan 1 orang penjaga gawang. 10 pemain terbagi bagi atas penyerang, gelandang, dan bek atau pemain bertahan.

Larangan Pemain

  • Pemain pada saat masuk ke lapangan tidak diperkenankan memakai kalung, topi, atau gelang yang sifatnya keras. Karna takut mengakibatkan luka pada pemain lawan jika terkena
  • Kostum harus sesuai dengan aturan fifa yang dimana celana pendek. Tidak diperkenankan memakai celana panjang.
  • Harus memakai kaos kaki dan sepatu, serta decker pelindung tulang kering

Sanksi Pemain

Pemain bisa mendapatan sanksi ketika melakukan pelanggaran kepada pemain lawan, bisa dengan cara tackle, mendorong, menggigit, atau berbicara kasar pada saat pertandingan.

Pemain berhak mendapatkan peringatan secara lisan atau mendapatkan kartu sesuai dengan kesalahannya. Kartu terbagi 2 yaitu kuning dan merah.

Ketika pemain mendapatkan kartu kuning, maka artinya pemain harus was was jika melakukan pelanggaran lagi. Karna jika sudah 2 kali mendapatkan kartu kuning maka secara otomatis mendapatkan kartu merah.

Kartu merah merupakan kartu yang berbahaya jika dikeluarkan oleh wasit, karna jika pemain mendapatkan kartu merah maka secara otomatis juga pemain diusir keluar lapangan dan tidak berhak untuk mengikuti pertandingan yang berjalan.

Baca juga : Sejarah Bola Voli, Pengertian dan Aturannya

D. Tujuan Permainan Sepak Bola

Tujuan permainan sepak bola
Tujuan permainan sepak bola

Bukan hanya sebatas permainan yang mengisi waktu luang, permainan sepak bola memiliki tujuan yang harus di kejar yaitu kemenangan. Apapun pertandingan yang digelar tujuannya cuma satu yaitu mengejar kemenangan.

Permainan sepak bola dilakukan secara adil dan menjunjung tinggi sportivitas. Bagaimana dengan pembaca keluhkesah.com ? Apakah suka juga dengan permainan sepak bola ? Berikan komentarnya dibawah ini.

Hastag : #permainan sepak bola, #pengertian sepak bola, #teknik dalam permainan sepak bola, #Aturan permainan sepak bola, #Tujuan permainan sepak bola

Artikel ditulis oleh Ahmad Andrian F dengan judul artikel permainan sepak bola : Pengertian, teknik dan aturan. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan sebesar besarnya dari pengunjung keluhkesah.com

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *