Seperti Inilah Perkembangan Teknologi di Indonesia Saat Ini

oleh -163 views
Perkembangan teknologi di indonesia saat ini
Perkembangan teknologi di indonesia saat ini

Web portal pendidikan – Selamat siang sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan memberikan ulasan materi edukasi perkembangan teknologi di Indonesia saat ini. Berikut ulasannya dapat saya sampaikan di bawah ini.

Perkembangan Teknologi Di Indonesia Saat Ini

Perkembangan teknologi di indonesia saat ini
Perkembangan teknologi di indonesia saat ini

Perkembangan teknologi di Indonesia saat ini sepertinya berjalan semakin cepat dari waktu ke waktu. Bahkan penggunaan teknologi semakin meningkat tajam secara tidak langsung.

Namun, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan teknologi itu? Teknologi merupakan sarana atau sistem untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pada umat manusia.

Maka dari itu keberadaannya sangat penting sekali, terlebih teknologi digital semakin cepat perkembangannya setiap hari.

Meningkatnya perkembangan teknologi seperti itulah yang akhirnya berdampak pada semua bidang kehidupan. Penasaran seperti apakah perkembangannya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Teknologi dan Contohnya

Teknologi merupakan sarana dan prasarana berupa barang atau komponen untuk kenyamanan dan kelangsungan hidup umat manusia.

Umumnya pemanfaatan teknologi dimulai dari adanya perubahan sumber daya alam menjadi sebuah alat. Dari sinilah seiring berjalannya waktu, akhirnya maknanya semakin luas.

Baca juga :

Teknologi bisa berupa benda tidak berwujud, seperti metode pembelajaran, software, metode bisnis, dll. Contoh nyata adanya perkembangan teknologi di Indonesia saat ini adalah laptop, komputer, mesin, handphone, motor, mobil, dll. 

Fungsi Teknologi dan Manfaatnya

Fungsi teknologi dan manfaatnya
Fungsi teknologi dan manfaatnya

Kemunculan teknologi memberikan banyak manfaat untuk kelangsungan hidup manusia. Salah satu contoh teknologi yang memberikan banyak manfaat adalah Google. Dengan adanya Google membuat semua orang bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat.

Sementara itu, manfaat teknologi sebenarnya adalah supaya membuat anak-anak tidak gagap teknologi dan memudahkan mereka beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Disamping itu, teknologi juga bisa dijadikan sebagai sarana eksplorasi demi meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Perkembangan Teknologi di Indonesia Saat Ini

Perkembangan teknologi di indonesia
Perkembangan Teknologi di Indonesia

Indonesia adalah bangsa yang hidup dalam kesatuan global, sehingga selalu terlibat dalam perkembangan teknologi dan pengetahuan untuk kepentingan bangsanya sendiri.

Sebagai negara berkembang, Indonesia masih dianggap belum begitu maju dalam menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini.

Berdasarkan Armida Alisjahbana sebagai mantan Menteri dan kepala BPPN mengatakan bahwa kemajuan teknologi di Indonesia masih sangat rendah. Ada beberapa indikator yang bisa dijadikan sebagai bukti rendahnya tingkat teknologi disini.

Misalnya saja adalah kurangnya kontribusi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang industri, jumlah ilmuwan masih sedikit, dan sinergi kebijakannya lemah.

Sesuai data yang didapat dari UNDP (United Nation for Development Program) pada tahun 2013 menyatakan bahwa indeks pencapaian teknologi Indonesia berada di peringkat ke-60 dari 72 negara.

Ukurannya tersebut dilihat dari banyaknya perolehan hak paten serta royalti dari karya dan penemuan teknologi, difusi inovasi teknologi dari banyaknya pengguna internet, besaran sumbangan ekspor teknologi, tingkat pendidikan penduduk sesuai rata-rata lama menempuh pendidikan di usia 15 tahun lebih, jumlah pengguna listrik dan telepon, dll.

Jadi rendahnya perkembangan teknologi di Indonesia saat ini karena anggaran untuk riset dari pemerintah masih terbatas.

Meski di tahun 2010 yang lalu sudah ada alokasi dana dari pemerintah Indonesia senilai 1,9 T untuk penelitian serta pengembangan pengetahuan teknologi. Namun ternyata dana tersebut hanya 0,85% dari PDB setiap tahun.

Bila dibandingkan dengan dana riset yang diberikan oleh Jepang 3,4%, China 2%, dan Korea Selatan sebesar 4,04% dari PDB, maka dapat disimpulkan bila Indonesia masih tertinggal jauh.

Disamping itu, kontribusi ilmu pengetahuan teknologi di bidang produksi juga masih terbatas. Hal ini bisa dilihat dari rendahnya produktivitas, kurangnya efisiensi, dan terbatasnya kandungan teknologi berbentuk barang ekspor. Ekspor produk manufaktur umumnya masih didominasi sebesar 60% oleh produk teknologi rendah.

Berdasarkan fakta di atas, maka perkembangan teknologi di Indonesia saat ini ini masih tertinggal jauh dari negara lain. Maka dari itu seharusnya perkembangannya semakin ditingkatkan demi kemajuan negara.

Beruntungnya bila melihat 10 tahun belakangan ini, sepertinya perkembangan teknologi dalam dunia finansial cukup cepat.

Hal ini bisa dilihat dari kemudahan transaksi lewat smartphone. Sehingga semua orang bisa melakukan transaksi lewat e-money, investasi, dan berbagai macam pengembangan dana semakin mudah. 

Dengan adanya kemudahan dalam hal finansial berbentuk teknologi membuat semua orang bisa memanfaatkan pengembanan dana dengan mudah. Sehingga hal ini mampu membantu para UKM yang unbankable bisa mendapat bantuan modal usaha dan inklusi keuangan.

Artikel ditulis oleh @shinta dengan judul artikel perkembangan teknologi di Indonesia saat ini. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

One thought on “Seperti Inilah Perkembangan Teknologi di Indonesia Saat Ini

  1. Oh jadi secara umum perbedaan di antara keduanya adalah UMKM itu lebih besar dari UKM ya. Ngerti2. Yuk kita majukan UKM dan UMKM Indonesia

Komentar ditutup.