Blogspot dan WordPress merupakan situs layanan pembuat blog yang bersifat gratis untuk pengguna nya, diantara keduanya pasti ada kekurangan dan kelebihan satu sama lain baik dalam hal tampilan , maupun hal lainnya.
Sebaiknya kita harus ketahui dulu pengertian dari masing masing, baik dari Blogspot maupun WordPress.

Blogspot Screen Shoot
Tampilan Blogspot Seperti Ini

Blogspot atau yang sering disebut blogger merupakan layanan pembuat blog gratis yang dimana user nya diberikan kemudahan dalam membuat tampilan blog , artikel ataupun masalah edit template. Blog yang dibuat dari blogspot, akan diberikan subdomain atau url blog dengan nama blogspot.com diujung nama url yang anda buat. Blogspot juga merupakan situs yang dimiliki oleh google. oleh sebab itu, google memberikan kebebasan bagi blog yang dibuat dari blogspot untuk mendaftar ke layanan iklan google, yakni google adsense. Jika anda merasa bahwa url blog yang dimiliki terlalu panjang, anda juga bisa mengganti nya dengan nama sendiri melalui domain TLD (Top Level Domain). Anda bisa mencari situs yang menyediakan jasa domain TLD.
Jika anda ingin mendaftar blog dengan situs blogspot, bisa langsung mengunjungi link nya disini blogger.com

Wordpress Screen Shoot
Tampilan Depan WordPress

WordPress juga sama dengan blogger, yakni situs layanan pembuat blog gratis, yang dimana user dari wordpress sendiri diberikan kebebasan dalam mengolah database yang ada di wordpress, tampilan di wordpress sangat rumit, oleh sebab itu bagi anda yang merasa pemula dalam hal blog, saya sarankan sebaiknya mulai dari Blogspot terlebih dahulu karena tampilan simple nya. WordPress mempunyai hosting atau ruang kosong dalam file yang terbatas, buat yang ingin hosting nya melebihi dari kata “terbatas” anda bisa membeli hosting nya di situs situs yang recommended, berbeda dengan blogspot yang diberikan hosting unlimited oleh layanan nya.
Jika anda ingin mendaftar blog dengan situs wordpress, bisa langsung mengunjungi link nya disini wordpress.com

Keuntungan Masing Masing Dari 2 Layanan Diatas Adalah

Keuntungan Blogger
1. Dalam hal tampilan standar, blogspot lebih sedikit unggul daripada wordpress, karena wordpress dalam hal memuat laman akan sedikit memakan waktu loading daripada blogspot.
2. Hosting blogspot unlimited, dan pastinya tidak mengeluarkan biaya lagi untuk membeli hosting
3. Dalam layanan iklan adsense, blogspot diperbolehkan mendaftar adsense walaupun menggunakan domain blogspot.

Kerugian Blogger
1. Dalam tampilan yang professional, Blogger kalah jauh dengan tampilan yang dimiliki oleh wordpress, karena blogger hanya memiliki tampilan standar.
2. WordPress bisa membuat laman yang tidak bisa dibuat oleh blogger, contohnya seperti forum

Keuntungan WordPress
1. Dalam hal tampilan WordPress memang sangat diatas angin daripada blogger
2. Banyak master master blog yang memakai wordpress, karena tampilan nya yang profesional dan pastinya elegant
3. Bisa membuat laman seperti Forum , registrasi , dan sebagainya

Kerugian WordPress
1. WordPress banyak memakan biaya daripada blogspot, baik dalam membeli hosting maupun domain, karena hosting gratis yang ada di dalam wordpress bersifat terbatas.
2. Dalam iklan adsense, wordpress tidak diizinkan mendaftar dengan hosting yang gratis, jika ingin mendaftar adsense harus beli hosting prabayar terlebih dahulu.

Jika dilihat dari perbandingan kedua nya, dua dua nya sangat mengungguli satu sama lain baik dalam tampilan , hosting , maupun biaya. jika anda pemain blog yang professional, saya sarankan untuk memakai wordpress, jika anda menyukai tampilan yang standar standar saja, saya sarankan untuk memakai blogspot.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com