Web portal pendidikan – Hasil kiriman artikel hari ini dengan judul peran pemuda mengambil informasi dalam sebuah berita, disampaikan dan dikirimkan langsung melalui email kami [email protected]

Peran Pemuda Mengambil Informasi Dalam Sebuah Berita

Mendengar dan membaca kata “pemuda” mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Lalu apa yang di maksud dengan seorang pemuda.

Pemuda adalah individu yang memiliki karakter dinamis, artinya bisa memiliki karakter yang bergejolak, optimis, dan belum mampu mengendalikan emosi yang stabil menurut mulyana(2011).

Dapat kita ketahui pemuda dalam suatu negara adalah penerus dari negara itu sendiri, jika pemuda dalam negara tersebut rusak, bisa dipastikan pula bahwa kedepannya negara itu akan berkembang tidak baik, pemuda berperan penting pula dalam setiap perkembangan negaranya.

Maka dari itu negara berperan dalam fase pendidikan. Ada rasa tanggung jawab dalam sebuah negara untuk melahirkan penerus bangsa yang pintar,cerdas,tangguh.

Bahasa suatu alat komunikasi bagi manusia yang terdiri dari berbagai macam kata, dalam suatu negara Bahasa yang di ucapkan sangatlah berbeda-beda, contoh saja negara kita Indonesia. Yang terdiri dari pulau-pulau dan adat yang beragam, dari situ lah muncul banyak Bahasa seperti: Bahasa jawa, Bahasa sunda, Bahasa minangkabau dan masih banyak lagi.

Hal ini lah yang membuat menarik bagi kita khususnya negara Indonesia, dari setiap pulau memiliki Bahasa yang berbeda, juga pemuda yang pastinya akan menjadi penerus para penjuang bangsa, guna menghindari lahirnya pemuda yang tidak baik untuk Indonesia, para pemuda harus pintar-pintar dalam menerima informasi.

Mengapa demikan ?

Sebab pemuda lah yang akan menerima informasi dari setiap orang dan akan dicerna lalu di bagikan ke semua orang yang ia ketahui, jika saja seorang pemuda mendapatkan informasi yang tidak benar sebab ia tidak mencari tahu kebenarannya bisa saja pemuda menjadi belenggu untuk negaranya sendiri.

Contoh pemuda yang mengetahui akan adanya serangan dari negara lain, itu hanya kabar burung yang di sebarkan dari mulut ke mulut tetapi ia sudah takut. Dan merasa pasrah dengan keadaan tanpa mencari tahu dulu apakah benar akan terjadi serangan dari negara lain.

Hal semacam ini akan menyulitkan negara nya sendiri karena memiliki pemuda yang lemah juga penakut. Tidak baik jika menerima informasi tanpa mencari tahu asal-usul kebenaranya.

Peran pemuda ini lah yang harus pintar dan mencerna baik buruknya dalam mengambil informasi. terlabih dari social media, banyak kasus terjadi, contoh saja the jak mania yang meninggal karena ia meng-uplod dirinya sedang di bandung, hal hasil para Viking mania mencari tahu dan memukulinya hingga meninggal.

Hal semacam ini harusnya bisa di buat pelajaran karena informasi dan Bahasa sangat cepat terserbar dikalangan pemuda khususnya.

Jika saja ada kabar berita yang tidak benar, kebanyakan para pemuda ini malah mempercayai kabar tersebut tanpa mencari tahu terlebih dahulu berita ini benar atau salah, peran para pemuda disini sungguh penting dalam mencerna informasi, bukan hanya ikut-ikutan dan malas dalam mencari tahu.

Pemuda juga harusnya di dorong untuk selalu berkeinginan memajukan negaranya. Bukan malah percaya akan satu berita yang belum pasti kebenaranya.

Meningkatkan membaca dan menulis untuk memberikan suatu informasi yang dapat di percaya solusi yang baik untuk para pemuda masa kini.

Qoyis maulida - Peran pemuda mengambil informasi Dalam Sebuah Berita
Qoyis maulida – Peran pemuda mengambil informasi Dalam Sebuah Berita

Teknologi yang sudah canggih tidaklah susah untuk mencari tahu suatu kebenaran, melawan berita hoax atau berita tidak benar dapat dilakukan oleh pemuda, dengan argument juga pengetahuan yang sudah di kuasai tersebut.

Biodata Penulis :
Nama : Qoyis Maulida
TTL : Banyuwangi, 16 Juli 1998
Asal : Gresik

Artikel ini ditulis oleh Qoyis Maulida, kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com