8 Penyebab Sakit Punggung Atas yang Jarang Disadari Orang-Orang

oleh -95 views
8 penyebab sakit punggung atas yang jarang diketahui
8 penyebab sakit punggung atas yang jarang diketahui

Web portal pendidikan – Selamat malam sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan memberikan tips kesehatan tentang 8 penyebab sakit punggung atas yang jarang disadari orang orang. Berikut ulasannya dapat saya sampaikan dibawah ini.

8 Penyebab Sakit Punggung Atas Yang Jarang Disadari

8 penyebab sakit punggung atas yang jarang diketahui
8 penyebab sakit punggung atas yang jarang diketahui

Siapa sangka bila ternyata sakit punggung atas ini tidak hanya dialami lansia saja. Namun banyak orang yang usianya masih produktif dan anak-anak juga mengalaminya. Biasanya masalah ini terjadi disertai dengan terjadinya nyeri dan ketegangan pada bagian tubuh lainnya, seperti tulang belikat, lengan, bahu, dan leher.

Selain itu, penderitanya biasanya juga mengalami sakit kepala tegang serta nyeri dada ketika sedang menarik nafas dalam-dalam. Nyeri punggung atas tersebut bisa juga berasal dari tulang belakang, saraf tulang belakang, otot leher, otot punggung, sampai ligamen (jaringan ikat) yang menghubungkan otot pada tulang belakang dan punggung.


8 Penyebab Sakit Punggung Atas


Penyebab sakit punggung atas itu bisa bermacam-macam, misalnya saja seperti cedera sampai melakukan gerakan yang salah. Selain itu, masih ada lagi beberapa penyebab terjadinya masalah sakit punggung atas seperti di bawah ini:

#1 Kurang Berolahraga

Kurang berolahraga dapat menyebabkan sakit punggung
Kurang berolahraga dapat menyebabkan sakit punggung

Jarang gerak atau kurang berolahraga bisa menyebabkan otot tubuh melemah. Otomatis bila hal ini dibiarkan begitu saja dalam jangka lama membuat otot tubuh tidak dapat menopang tubuh dengan sempurna. Sehingga tubuh bisa mengalami sakit punggung atas dan bawah. 

Untuk itu seharusnya bila Anda bukan tipe orang yang suka bergerak aktif karena harus bekerja di depan layar monitor PC sepanjang hari, usahakan menyisihkan waktu untuk berjalan-jalan ringan di kantor untuk beristirahat sejenak.

Baca juga : Manfaat lempar lembing untuk kesehatan

#2 Beban Tas Ransel Terlalu Berat

Beban tas ransel terlalu berat
Beban tas ransel terlalu berat

Terlalu sering membawa ransel yang bebannya berat juga bisa membuat bentuk tulang belakang bermasalah. Bahkan seiring berjalannya waktu, kebiasaan tersebut bisa menyebabkan terjadinya sakit punggung. Jadi bila Anda sering melakukannya, sebaiknya jangan membawa beban terlalu berat pada punggung.

Setidaknya beban maksimal paling aman ketika ingin membawa beban adalah jangan lebih dari 20% berat tubuh Anda. Misalnya berat badan Anda sebesar 75 kg, setidaknya beban tas ransel terberat paling aman adalah 15 kg.

#3 Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama
Duduk terlalu lama

Sakit punggung juga bisa terjadi ketika Anda sering duduk dengan postur yang salah dalam jangka lama. Keluhan ini sering terjadi pada mereka yang selalu duduk sepanjang waktu untuk bekerja, bermain gadget sambil menunduk terlalu lama, bepergian jauh memakai kendaraan. Sehingga saraf punggung menjadi tertekan dan ototnya kaku, serta menyebabkan sakit punggung atas hingga menjalar sampai ke lengan dan bagian kepala.

#4 Sering Menggunakan Ukuran Sepatu Tidak Tepat

Ukuran sepatu tidak tepat
Ukuran sepatu tidak tepat

Sepatu apa saja bila ukurannya tidak tepat bisa menyebabkan masalah pada punggung Anda. Jadi tidak hanya sekedar disebabkan oleh sepatu dengan hak tinggi saja. Bila bagian dasar sepatu yang digunakan sudah aus dan bentuk lengkungannya tidak sesuai dengan struktur telapak kaki Anda, itu bisa menyebabkan masalah pada punggung. 

#5 Akibat dari Mengalami Cedera

Akibat mengalami cedera
Akibat mengalami cedera

Cedera yang dialami pada otot, kulit, tulang, dan saraf punggung atas bisa menyebabkan terjadinya nyeri punggung atas. Masalah ini biasanya terjadi karena kecelakaan, olahraga berat, dan melakukan gerakan berulang dengan postur tubuh yang salah, Misalnya saja ketika sedang mengangkat benda di lantai dengan cara yang salah.

Baca juga : Manfaat senam yoga untuk kesehatan tubuh jasmani dan rohani

#6 Tendonitis


Kondisi seperti ini terjadi ketika jaringan ikat mengalami peradangan. Padahal jaringan ini bertugas untuk menyambungkan otot dan tulang tubuh.

Untuk penyebabnya bisa terjadi karena cedera, melakukan gerakan secara berulang pada punggung seperti kerap memutar badan ke kanan dan kiri. Disamping itu, masalah ini juga bisa terjadi karena jarang olahraga dan mengalami obesitas.

#7 Kualitas Tempat Tidur Buruk

Kualitas tempat tidur buruk
Kualitas tempat tidur buruk

Sering tidur di tempat tidur yang buruk kualitasnya atau permukaannya mudah berubah juga menyebabkan masalah nyeri punggung. Itu karena kasur itu tidak bisa menahan struktur tulang belakang sebagaimana mestinya. Sehingga tidak hanya mengalami nyeri punggung saja, namun badan juga akan terasa lelah, pegal-pegal, dan kaku.

#8 Patah Tulang Selangka


Kondisi seperti ini biasanya terjadi akibat dari cedera seperti terjatuh dengan tangan terentang. Sehingga hal tersebut menyebabkan terjadinya sakit punggung atas. Biasanya beberapa orang mengalaminya ketika terjatuh dari kendaraan seperti sepeda. Disamping itu, masalah sakit punggung juga bisa terjadi karena ada riwayat penyakit tertentu, seperti hernia nukleus pulposus, saraf terjepit, skoliosis, osteoarthritis, tumor, dan osteoporosis.

Umumnya sakit punggung atas yang masih ringan itu bisa reda dengan sendirinya bila penderitanya melakukan istirahat cukup, fisioterapi, dan juga menggunakan obat pereda nyeri. Namun sebaiknya konsultasikan masalah ini langsung kepada dokter bila mengalami sakit punggung akibat cedera dan sering kambuh.

Dimana penyakit tersebut disertai gejala lainnya, seperti nyeri dada, sakit kepala berat, pusing, demam, nyeri kaku leher, mati rasa, dan kesemutan. Karena sakit punggung atas yang diiringi dengan gejala tersebut bisa terjadi karena ada penyakit yang lebih serius sehingga butuh pemeriksaan serta pengobatan lebih lanjut dari dokter.

Itulah penjelasan dari artikel tentang 8 penyebab sakit punggung atas yang jarang disadari orang. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel ini lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami cs@keluhkesah.com

Kata kunci : 8 penyebab sakit punggung atas yang jarang disadari orang