Penyebab Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia, Salah Satunya Leluhurnya Berbeda!

oleh -43 views
penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di indonesia
penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di indonesia

Web portal pendidikan – Selamat siang sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan memberikan edukasi dalam penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Berikut ulasannya dapat saya sampaikan di bawah ini.

Penyebab Keberagaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia

penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di indonesia
penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di indonesia

Sedikitnya ada 4 faktor penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Lebih menariknya lagi adalah Indonesia termasuk negara yang memiliki keanekaragaman terbanyak di dunia.

Keanekaragaman tersebut meliputi berbagai macam suku bangsa seperti etnis, ras, kepercayaan, budaya, dan bahasa daerah yang bermacam-macam.

Namun meski begitu, Indonesia selalu hidup damai dan saling membantu dengan suku bangsa yang lainnya.

Hal ini sesuai dengan semboyan yang dianut, yaitu berbeda-beda namun tetap satu pada Bhineka Tunggal Ika. Karena banyaknya keanekaragaman itu membuat Indonesia disebut dengan bangsa majemuk.

Kemajemukan itu terjalin dalam ikatan bangsa yang berdaulat. Keragaman yang dimilikinya merupakan mukjizat yang tidak terhingga. Berdasarkan laporan dari sensus BPS di tahun 2010 yang lalu, Indonesia memiliki 1.340 suku bangsa. Itu artinya jumlah suku bangsa disini sangat banyak.

4 Faktor Penyebab Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia

Faktor Penyebab Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia
Faktor Penyebab Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia

Di bawah ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan Indonesia memiliki banyak suku bangsa dan budaya, antara lain:

Baca juga :

#1 Leluhurnya Banyak dari Ras yang Berbeda

Leluhurnya Banyak Dari Ras Yang Berbeda
Leluhurnya Banyak Dari Ras Yang Berbeda

Indonesia memiliki 2 leluhur (nenek moyang) yang rasanya tidak sama. Di bagian barat terdapat ras Mongoloid, sedangkan di bagian timur ada ras Australomelanesid.

Dulu leluhur suku bangsa yang hidup di timur Indonesia singgah dari Afrika pada 100 ribu hingga 300 ribu tahun yang lalu.

Sedangkan nenek moyang barat Indonesia mulai datang dari selatan Taiwan pada 5.000 tahun silam. Sejak saat itulah kedua leluhur baik dari ras Mongoloid dan Austromelanesoid selalu hidup rukun dengan damai. Beberapa dari mereka mengalami percampuran ras.

Hal ini dikarenakan terjadinya perkawinan, khususnya di daerah Wallacea seperti Sulawesi dan Nusa Tenggara. Selanjutnya, seiring berjalannya waktu, mulailah terbentuk evolusi budaya dan bahasa yang kemudian menjadi beberapa kelompok suku bangsa yang tidak sama.

#2 Dipengaruhi oleh Budaya Asing

Dipengaruhi oleh budaya asing
Dipengaruhi oleh budaya asing

Salah satu penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia lainnya adalah karena dipengaruhi oleh budaya asing. Sehingga terbentuk sebuah akulturasi 2 unsur budaya. Sejak saat itu kemudian tercipta budaya baru yang lengkap dengan karakteristik dan ciri khas yang berbeda-beda.

Misalnya saja seperti budaya Jawa. Sejak Kesultanan Mataram Islam dipengaruhi oleh budaya Arab yang berasal dari pedagang Jazirah Arab, hal ini membuat sistem penanggalan Jawa berkaitan erat dengan sistem penanggalan Hijriyah Islam yang berasal dari Arab.

Cara penanggalan seperti ini bahkan masih digunakan sampai sekarang. Hal ini membuktikan bahwa keberagaman suku bangsa serta budaya tersebut memang dipengaruhi oleh faktor lingkungan budaya asing di masa lalu.

#3 Kondisi Iklim antar Wilayah Berbeda

Kondisi Iklim Antar Wilayah Berbeda
Kondisi Iklim Antar Wilayah Berbeda

Kondisi iklim yang berbeda di wilayah Indonesia menjadi salah satu penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.

Masyarakat yang hidup di sekitar barat Indonesia memiliki musim hujan secara teratur. Sehingga sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai seorang petani.

Sedangkan masyarakat Indonesia yang tinggal di bagian timur, maka dengan dominasi musim kemarau panjang serta padang sabana, hal ini membuat kebanyakan dari mereka bermata pencaharian sebagai pemburu dan peternak.

Masyarakat yang hidup menjadi seorang pemburu biasanya cenderung mempunyai warna kulit lebih gelap. Karena mereka kerap terkena sinar matahari secara langsung saat sedang berburu.

#4 Terdiri atas Banyak Pulau

Terdiri atas banyak pulau
Terdiri Atas Banyak Pulau

Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas karena terdiri dari ribuan kepulauan sehingga hal ini turut mempengaruhi terjadinya keberagaman bangsa. Masyarakat lokal yang hidup di setiap daerahnya memiliki cara beradaptasi yang berbeda-beda, tergantung dari lingkungan tempat tinggalnya.

Sehingga secara tidak langsung hal ini mempengaruhi kepercayaan, adat kebiasaan, dan masih banyak yang lainnya.

Misalnya bila dalam 1 pulau ada yang hidup di kawasan pesisir, biasanya mereka memiliki adat budaya dan kepercayaan yang berhubungan dengan laut. Begitu juga dengan mereka yang tinggal di pegunungan.

Jadi seperti itulah 4 penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Meski memiliki banyak aneka ragam budaya dan suku bangsa, namun hal ini tetap saja tidak membuat bangsa Indonesia terpecah belah.

Karena Indonesia menganut bhineka tunggal ika sehingga kaya dengan keanekaragaman budaya dan suku bangsa.

Artikel ditulis oleh @shinta dengan judul artikel penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *