Web Portal Pendidikan – Selamat malam sob, kali ini kita akan bahas tentang materi sektor pertanian, atau biasa disebut agribisnis. Nah, judul yang akan saya buat kali ini yaitu Penyebab Adanya Ledakan WBC (Wereng Batang Coklat). Untuk selengkapnya dapat kamu simak dalam artikel berikut.

Penyebab Adanya Ledakan WBC (Wereng Batang Coklat)

Secara umum, para petani di Indonesia pernah mengalami kegagalan panen. Bukan hanya saat musim hujan, petani di Indonesia  juga kerap mengalami kegagalan panen yang tidak dapat diprediksi datangnya.

Seperti yang terjadi pada bulan Januari tahun ini, di beberapa wilayah Bojonegoro mengalami kegagalan panen yang diakibatkan oleh meledaknya hama wereng. Pada artikel kali ini, saya akan menyampaikan beberapa masalah mengapa bisa terjadi ledakan hama wereng dan beberapa solusinya.

Beberapa pekan terakhir juga disebutkan bahwa terjadi ledakan hama wereng (WBC) di daerah luar Jawa, seperti Pandeglang, Sumatera selatan (OKU dan OKUT), Jambi, Sumut, Lampung dan Sulawesi. Kondisi ledakan hama ini menyerupai yang terjadi pada tahun 2011/2012 di sentra produksi padi di Pulau Jawa, yang mana Pemerintah harus mengimpor sekitar dua juta ton, hanya saja lokasinya lebih luas.

Hal itu dapat terjadi karena beberapa hal:

  1. Pemaksaan penanaman padi yang terus-menerus tanpa jeda. Petani selalu menanam padi tanpa istirahat, sehingga tidak ada siklus untuk memotong populasi hama wereng.
  2. Penggunaan insektisida yang terlarang untuk padi. Adanya Inpres No. 3 Tahun 1986 tentang penerapan PHT dan pelarangan 57 jenis insektisida dan pelarangan terhadap pestisida lain penyebab resurgensi wereng pada tanaman padi.
  3. Pemupukan yang tidak seimbang dikarenakan kurangnya pendidikan petani. Setiap tanaman harus diberi pupuk dengan dosis dan waktu yang tepat.
  4. Penggunaan pestisida (insektisida, fungisida, herbisida dan bakterisida) pada padi sawah yang sangat tinggi sehingga dapat menimbulkan strain hama baru yang resisten terhadap pestisida.
  5. Kesuburan tanah yang kritis yang disebabkan oleh perubahan irama iklim.Beberapa petani di Indonesia mungkin tidak menyadari beberapa hal yang menyebabkan ledakan hama wereng tersebut.

Pencegahan Agar Tidak Terjadinya Ledakan WBC

Akan tetapi, WBC (Wereng Batang Coklat) dapat dicegah melalui beberapa hal. Berikut beberapa solusi dari ledakan hama wereng yang dapat saya sampaikan:

  • Para petani di Indonesia mengikuti penyuluhan- penyuluhan yang diadakan Pemerintah guna memperbaiki kualitas hidup petani di Indonesia.
  • Para penyuluh perlu menata kembali cara mereka memberikan penyuluhan secara  proaktif, jangan hanya menyerahkannya pada kios penjual racun.
  • Dalam penanaman padi, sekurang- kurangnya diberi jeda satu kali dalam dua tahun. Para petani bisa menanam tanaman selain padi, sehingga hal tersebut dapat memutus perkembangan hama wereng.
  • Adanya penundaan pengadaan pestisida oleh Pemerintah disertai dengan pengalokasian pendidikan petani dan pemberdayaan pembuatan sarana pengendalian ramah lingkungan.
  • Penggunaan pestisida selebihnya dapat dilakukan 5-6 kali per musim.
  • Dikarenakan adanya perubahan irama iklim, beberapa petani di Indonesia menggunakan solusi ‘belajar dari pengalaman’ yang dapat mengingat irama atau gojekan alam yang sering muncul di lahan pertaniannya.

Walaupun kebanyakan masalah hama wereng terjadi karena kurangnya pengetahuan petani yang perlu dikembangkan lagi, tetapi juga diperlukan adanya kerjasama oleh tim dari Pemerintah yaitu peningkatan kerja sama dan koordinasi antara Kementerian Pertanian, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat dan organisasi petani dalam pengembangan upaya penanggulangan ledakan wereng.

Memang, di dunia ini tidak ada perlakuan yang sempurna seperti halnya yang kita inginkan untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat di Indonesia. Hal yang dapat kita lakukan adalah tidak pernah putus menimba ilmu, bukan hanya dari buku, aturan Pemerintah, guru ataupun dosen, tetapi juga dari pengalaman. Para petani yang memiliki pengalaman, pasti memiliki tips tersendiri guna memperbaiki atau menghasilkan hasil panen yang baik dan bagus.

Penutup dari Artikel “Penyebab Adanya Ledakan WBC”

Nah itulah sedikit kisah pahit petani saat ledakan WBC terjadi. Kita harus lebih memproteksi lagi lahan pertanian kita, mencari tahu penyebab penyebab adanya ledakan WBC lagi dimasa mendatang.

Cukup sekian dari tulisan jurnal agribisnis yang saya buat kali ini, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan, karena saya penulis baru yang mulai mengembangkan ilmu pertanian. Terima kasih sudah membaca artikel Penyebab Adanya Ledakan WBC. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel ini dikemudian harinya.