Pentingnya Tes Psikologi untuk Masuk Perguruan Tinggi

oleh -130 views
Pentingnya Tes Psikologi Untuk Masuk Perguruan Tinggi
Pentingnya Tes Psikologi Untuk Masuk Perguruan Tinggi

Web portal pendidikan – Selamat sore sobat keluhkesah.com, pada sore hari ini saya akan membagikan tips sukses yang berguna untuk sobat sekalian, kali ini tips yang akan saya bagikan yaitu seberapa pentingnya tes psikologi untuk masuk perguruan tinggi. Berikut ulasannya dapat saya sampaikan dibawah ini.

Pentingnya Tes Psikologi Untuk Masuk Perguruan Tinggi

Pentingnya Tes Psikologi Untuk Masuk Perguruan Tinggi
Pentingnya Tes Psikologi Untuk Masuk Perguruan Tinggi

Tes psikologi sering diadakan di sekolah-sekolah. Bahkan tes ini sudah dimulai dari tingkat sekolah dasar. Itu karena tes ini diberikan dengan tujuan untuk mengetahui minat, bakat, fungsi kognitif, dan emosional siswa sejak dini. Dari tes psikologi inilah nantinya akan diketahui seperti apa pola belajar siswa dan metode yang paling tepat bagi pengajar untuk memberikan bimbingan ketika belajar di dalam kelas.

Tidak hanya itu saja, ternyata tes psikologi juga selalu dibutuhkan untuk berbagai macam jenis seleksi, termasuk keperluan pendidikan lanjut. Seleksi masuk perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta juga memerlukan tes ini. 

Meski bukan merupakan ukuran pasti dalam penilaian calon mahasiswa, namun hal tersebut seringkali dijadikan sebagai gambaran secara umum yang cukup membantu pengenalan individu lebih jauh. Di bawah ini adalah pentingnya tes psikologi ketika akan memasuki perguruan tinggi, antara lain:

#1 Tes Psikologi untuk Mengetahui Minat dan Bakat Calon Mahasiswa

Tes psikologi untuk mengetahui minat dan bakat calon mahasiswa
Tes psikologi untuk mengetahui minat dan bakat calon mahasiswa

Pada dasarnya, tes psikologi sangat penting dilakukan untuk mengetahui minat dan bakat calon mahasiswa sejak dini. Pada dasarnya, setiap fakultas atau bahkan jurusan itu tidak berarti passion belajar mahasiswa sama. Pola pendidikan di rumah sejak kecil dan lingkungan banyak berpengaruh. Masing-masing mahasiswa memiliki bakat yang berbeda, meski belajar dalam satu kelas yang sama.

Dengan mengetahui bakat dan minat mahasiswa sejak dini dari tes psikologi tersebut, hal ini akan membuat lebih mudah bagi pihak pengajar untuk memberikan model pembelajaran yang tepat sesuai kebutuhan mahasiswanya. Sehingga metode pembelajarannya bisa diikuti oleh semua mahasiswa dengan mudah. 

Melihat hal tersebut, tentunya hal ini sangat penting dilakukan agar tujuan dari belajar bisa dicapai. Dengan begitu, hasilnya bisa dirasakan oleh mahasiswa maupun tenaga pengajar dengan baik.

Selain beberapa hal tersebut, dengan mengetahui minat mahasiswa dari hasil tes psikologi tersebut akan memudahkan dalam proses konseling. Setiap pergantian semester biasanya akan ada sesi bimbingan atau konseling dari dosen pembimbing. Dari hasil tes psikologi tersebut, maka para mahasiswa bisa lebih mudah dalam mengkomunikasikan semua hal yang berkaitan dengan proses belajar kepada dosennya.

Hasil diagnosis psikologi dan karakter mahasiswa tersebut akan membantu Konselor atau Dosen memberikan solusi terhadap segala permasalahan yang dialami oleh siswanya. Seperti yang terlihat bahwa ternyata tidak sedikit mahasiswa seringkali mengalami kesulitan belajar, kesulitan beradaptasi dengan lingkungan belajar, dan sebagainya. 

Pada akhirnya karena banyaknya masalah yang belum terselesaikan tersebut membuat mereka terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif. Melihat hal tersebut, maka hal-hal seperti ini bisa diantisipasi sejak dini dengan berbekal tes psikologi dari awal.

Baca juga : pentingnya pendidikan pancasila di perguruan tinggi

#2 Tes Psikologi untuk Mengukur Ketahanan dan Potensi Mahasiswa

tes psikologi untuk mengukur ketahanan dan potensi calon mahasiswa
tes psikologi untuk mengukur ketahanan dan potensi calon mahasiswa

Belajar di Perguruan Tinggi berbeda dengan jenjang sekolah di bawahnya. Mahasiswa mau tidak mau harus sudah mandiri dan mampu mengambil keputusan sendiri. Baik dalam hal belajar maupun kehidupan sosial dan pribadinya. Pendampingan Dosen tidak sepenuhnya bisa diandalkan seperti pada masa SMA. 

Melihat hal tersebut, maka peran tes psikologi sangat penting sekali. Itu karena tes tersebut akan memberi gambaran mengenai ketahanan mahasiswa terhadap beban belajar, permasalahan kehidupan, dan sebagainya. Mahasiswa adalah masa produktif yang diharapkan dapat membawa perubahan berarti untuk masa depan. Sehingga harus mampu menyesuaikan diri dengan padatnya rutinitas kuliah, tidak mudah stress yang akhirnya merugikan diri sendiri.

Maka dari itu, dibutuhkan tes psikologi untuk mengukur di bagian mana potensi paling besar dan dimana kelemahan mahasiswa sejak dini. Hal ini masih berkaitan dengan kebutuhan konseling. Sehingga nantinya bisa diarahkan dengan baik agar semua aspek belajar mahasiswa menjadi lebih maksimal. 

Tujuannya dilakukan tes ini adalah agar mahasiswa bisa lebih fokus pada kompetensi yang dimiliki dan bisa lebih berprestasi selama belajar di kelas. Bagaimanapun juga, tidak dapat dipungkiri bila setiap keberhasilan belajar selama di perguruan tinggi ditentukan oleh motivasi mahasiswa. 

Salah satu hal yang mempengaruhi motivasi adalah kondisi psikologis. Kondisi ini bisa dilihat dari hasil tes psikologi pada saat seleksi masuk perguruan tinggi. Keberhasilan dalam belajar menentukan kualitas lulusan sekaligus peluang mendapatkan pekerjaan. Sementara itu, belajar di perguruan tinggi membutuhkan ketahanan fisik dan psikologis. 

Beban belajar anak kuliahan umumnya tidak sepadat masa SMA, karena pola belajarnya juga sudah berubah. Bukan hanya fokus di kelas, kemudian ditentukan hasilnya pada saat ujian semester. Pendidikan di perguruan tinggi itu jauh lebih kompleks dan menuntut kedewasaan mahasiswa.

Pendidikan di perguruan tinggi mengarahkan mahasiswa agar siap menghadapi dunia kerja. Jadi banyak hal yang harus dikuasai diluar mata kuliah. Tingkat ketahanan adaptasi dan belajar seorang mahasiswa akan diketahui dari hasil tes psikologi. Jadi bermanfaat bukan hanya untuk mahasiswa bersangkutan tetapi juga pihak perguruan tinggi.

Artikel ditulis oleh @Shinta dengan judul artikel pentingnya tes psikologi untuk masuk perguruan tinggi. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami cs@keluhkesah.com

Kata kunci : Pentingnya tes psikologi untuk masuk perguruan tinggi