Pentingnya Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Bagi Kredibilitas UMKM

oleh -337 views
pentingnya surat izin usaha perdagangan siup
pentingnya surat izin usaha perdagangan (SIUP)

Web portal pendidikan – Selamat siang sobat keluhkesah.com, kali ini kita menerima kiriman tulisan dari Shafira dengan judul artikel “Pentingnya surat izin usaha perdagangan (SIUP) bagi kredibilitas UMKM. Berikut ulasannya.

Pentingnya Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Bagi Kredibilitas UMKM

pentingnya surat izin usaha perdagangan siup
pentingnya surat izin usaha perdagangan (SIUP)

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan sebuah kegiatan usaha ekonomi yang produktif, baik dimiliki oleh perseorangan maupun badan usaha yang memiliki kategori sesuai dengan undang-undang yang bersangkutan.

UMKM dianggap sebagai kegiatan yang memiliki dampak positif bagi sektor keuangan daerah karena membantu meningkatkan pendapatan daerah sekaligus berkontribusi dalam penerimaan pajak negara.

Pelaku UMKM bisa berasal dari skala rumah tangga hingga badan usaha yang sudah memiliki pekerja dan jaringan kemitraan yang cukup luas. Oleh karena itu, pengembangan UMKM perlu untuk dilakukan karena selain membantu perekonomian, juga menjadi solusi bagi penyerapan tenaga kerja.

Namun sangat disayangkan, Indonesia menjadi salah satu negara dengan kasus penduduk terpapar Covid-19 yang cukup tinggi dengan jumlah kasus positif mencapai 951.651 jiwa.

Dengan adanya pandemi ini, para UMKM juga turut merasakan dampak penurunan ekonomi dan tidak jarang pengusaha yang dengan terpaksa harus menghentikan usahanya semenjak pandemi ini terjadi. 

Berdasarkan beberapa masalah yang dialami oleh pemilik usaha, ada salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah penurunan ekonomi akibat adanya pandemi Covid-19.

Sejauh ini, sudah banyak ditemukan pelaku usaha skala rumah tangga yang mulai menjalani usahanya dengan menjual olahan pangan. Namun masalah terjadi karena para pemilik usaha ini berasal dari berbagai kalangan, maka beberapa dari mereka ada yang belum cukup memahami tentang pendirian usaha.

Selain itu, pemasaran yang kurang dan belum adanya kepemilikan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) pun menjadi suatu masalah yang harus diselesaikan dengan segera agar usaha tetap berjalan dengan lancar.

Apa Yang Dimaksud SIUP ?


Surat izin dagang yang biasa dikenal sebagai Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) merupakan dokumen yang memuat surat perizinan dagang yang diterbitkan sesuai dengan domisili dan berlaku di seluruh wilayah Indonesia. Untuk usaha skala rumah tangga, SIUP mikro merupakan jenis SIUP yang bisa diterapkan. 

UMKM yang terdapat di berbagai wilayah banyak yang bergerak dalam bidang olahan makanan/minuman, dan salah satu izin usaha yang bisa digunakan adalah Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPPIRT).

Sertifikat ini menjadi dokumen legalitas yang penting untuk dimiliki oleh setiap UMKM karena menyangkut keamanan pangan dari produk yang dijual untuk memastikan bahwa produk bebas dari cemaran biologis, kimia dan bahan mengganggu lainnya sehingga menjadi layak konsumsi.

Dengan mendaftarkan usahanya agar memperoleh surat tersebut, maka pelaku usaha akan lebih mudah untuk mengembangkan usahanya dikarenakan produknya  yang sudah tersertifikasi.

Produk yang sudah teruji ini akan memiliki kredibilitas di mata para calon konsumen yang bisa meningkatkan rasa percaya atas produk yang akan mereka beli. 

Maka dari itu, kami melalui kegiatan KKN integratif virtual Unpad 2021 ini melakukan pendampingan terhadap masyarakat yang memiliki usaha olahan pangan untuk membantu mereka dalam menemukan solusi untuk permasalahan yang dihadapi, sekaligus mengenalkan para mitra mengenai SIUP, khususnya SPPIRT.

Kegiatan pendampingan ini merupakan wujud kerja nyata dan pengabdian dari mahasiswa kepada masyarakat, sekaligus membantu pemerintah dalam mewujudkan kegiatan usaha yang tertib hukum.

Kegiatan KKN yang dilakukan oleh mahasiswa ini memperoleh berbagai informasi dari sosialisasi yang diadakan bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Selain sosialisasi, webinar merupakan sumber informasi lain yang juga digunakan oleh mahasiswa guna membimbing dan membantu mitra masing-masing.

Setiap kelompok berdiskusi untuk membahas subtemanya dan menggunakan hal tersebut sebagai informasi yang akan diberikan kepada mitra, terutama mitra yang belum memiliki atau belum mengenal surat izin dagang.

SIUP yang merupakan salah satu subtema kelompok dijelaskan kepada mitra dengan harapan menambah wawasan terhadap pentingnya SIUP dalam usaha yang dijalani.

Kemudian kegiatan keseharian mahasiswa tersebut dicatat kedalam aplikasi Trello agar memudahkan DPL untuk menilai kegiatan mahasiswa.

Bentuk kegiatan pendampingan dimulai dari mengidentifikasi masalah mitra untuk dianalisis dan dicari solusinya, dimana kegiatan ini dominan dilakukan secara online meskipun beberapa kali juga dilakukan secara tatap muka.

Dari kesepuluh mitra yang didampingi sudah memperoleh output kegiatan, seperti halnya logo produk, pembaruan kemasan, video promosi dan akun Instagram untuk promosi online.

Selama kegiatan tersebut antusiasme para mitra cukup tinggi karena selalu berperan aktif saat melakukan diskusi dengan mahasiswa pendamping, selain itu mitra juga cukup responsif saat dimintai keterangan mengenai usahanya dan juga pada saat mengevaluasi hasil kegiatan mahasiswa.

Melalui kegiatan KKN ini, diharapkan bisa membantu mitra dalam mengembangkan usahanya secara lebih modern serta menarik minat mitra untuk mengurus SPPIRT demi memperoleh keuntungan sesuai dengan yang dijelaskan.

Apabila para rumah tangga yang sedang menjalani usaha namun sedang terdampak oleh pandemi ini berniat untuk mempertimbangkan perizinan yang legal.

Maka diharapkan bisa mewujudkan masyarakat dengan kemandirian ekonomi di tengah pandemi Covid-19, dengan demikian masyarakat bisa membantu pemerintah dalam mewujudkan tujuan yang tercantum dalam Sustainable Development Goals, yaitu “No Poverty” dan “Zero Hunger”, sehingga akan tercipta dunia tanpa kelaparan dan kemiskinan.

Itulah ulasan mengenai pentingnya surat izin usaha perdagangan atau siup. Semoga artikel yang diberikan dapat bermanfaat di kemudian harinya.


Yuk, kenalan dengan para penulis artikel hebat ini. Berikut nama nama yang terlibat dalam ulasan artikel diatas.

  • Kharina Mudiwaty
  • Muhammad Fitra Ramadhan
  • Naafa Larasati
  • Shafira Nur Rahmatunnisa
  • Viorensa Tedjalaksana

File kiriman dapat dilihat dibawah ini

Saya sudah menulis sesuatu yang bermanfaat untuk ditiru, bagaimana dengan anda ? Yuk ceritakan keluhkesahmu disini. Membantu memberikan solusi untuk meringankan beban yang orang lain rasakan.

Artikel ditulis oleh @Shafira Nur Rahmatunnisa dengan judul artikel Pentingnya surat izin usaha perdagangan (SIUP) Bagi Kredibilitas UMKM. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami cs@keluhkesah.com

Kata kunci : Pentingnya surat izin usaha perdagangan, SIUP, Kredibilitas UMKM

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com