Pentingnya Mengajarkan Kebersihan Lingkungan Sejak Dini

oleh -52 views
pentingnya mengajarkan kebersihan lingkungan sejak dini
pentingnya mengajarkan kebersihan lingkungan sejak dini

Web portal pendidikan – Selamat malam sobat keluh kesah, kali ini sayaa akan menulis materi edukasi tentang pentingnya mengajarkan kebersihan lingkungan sejak dini. Adapun uraian lengkapnya dapat saya jelaskan dibawah ini berikut ulasannya.

Pentingnya Mengajarkan Kebersihan Lingkungan Sejak Dini

pentingnya mengajarkan kebersihan lingkungan sejak dini
pentingnya mengajarkan kebersihan lingkungan sejak dini

Menjaga kebersihan lingkungan harusnya sudah menjadi kewajiban bagi setiap individu & kelompok masyarakat, selain untuk menjaga lingkungan dan alam kita semakin lestari, juga agar Good People dan keluarga terhindar dari yang namanya penyakit.

Jika lingkungan yang kita tempati semakin sehat, maka tubuh kita pun juga akan semakin terjamin kesehatannya karena terhindar dari penyakit, kesehatan itu mahal harganya, oleh sebab itu kita harus pandai menjaga lingkungan kita agar bersih dan sehat.

Memang benar tubuh yang sehat bisa didapatkan dari berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makan makanan yang bergizi, serta lingkungan yang sehat dan bersih.

Lingkungan yang sehat terkadang diabaikan oleh banyak pihak, karena kesibukan dan aktivitas yang padat sehingga lingkungan sekitar tidak dijaga kebersihannya. Lingkungan yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satunya yang mengkhawatirkan adalah deman berdarah (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk karna lingkungan yang kotor dan bau.

Kebersihan lingkungan berarti keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya itu debu, sampah, dan bau.

Apakah Di Indonesia Kebersihan Menjadi Masalah Yang Serius ?

Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang serius perkembangannya. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat.

Dan elemen yang bisa membuat lingkungan Good People bersih adalah lingkungan yang menjadi lebih sejuk, bebas dari polusi udara, serta air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum.

Lingkungan dipengaruhi oleh penghuninya yang bisa menentukan kebersihannya. Perlu kesadaran dan tingkat pengetahuan akan hal hal yang terkait dengan lingkungan. Kebersihan lingkungan bukan kewajiban bagi para petugas kebersihan saja, namun bagi semua kalangan masyarakat.

Kesadaran lingkungan bisa dimulai dari individu sendiri, di rumah, di tempat kerja, di sekolah, hingga di lingkungan masyarakat. Hal sederhana yang bisa kita lakukan dengan mengurangi penggunaan plastik dengan menggunakan botol tumbler seperti dari Thermos yang hadir untuk mengurangi penggunaan botol plastik.

Menjaga kebersihan lingkungan tidaklah terikat pada tempat dimana kita tinggal, tetapi dimanapun kita berada, maka kewajiban untuk turut menjaga dan merawatnya, secara otomatis juga berada di pribadi Good People.

Kemudian bisa melanjutkannya dengan menjaga kebersihan rumah dan halaman. Karena kebersihan rumah dan halaman akan membuat kita nyaman tinggal didalamnya dan menjadi lebih terbiasa untuk membersihkan lingkungan lainnya. Menyapu rumah dan juga halaman yang dijadwalkan rutin, tidak menunggu pada saat kotor saja.

Hal terpenting dalam menjaga kebersihan lingkungan adalah untuk tetap membiasakan hal hal baik seperti kebiasaan membuang sampah pada tempatnya bukan dengan membuang sampah di selokan atau sungai.

Baca juga : Pengelompokan Limbah

Mencoba untuk memilah milah sampah, ada yang bisa dijadikan pupuk kompos, ada yang bisa dibakar, bahkan ada yang bisa didaur ulang.

Kemudian hal yang paling penting dalam kasus ini juga adalah dengan membiasakan untuk bergotong royong membersihkan lingkungan bersama. Selain bisa menjaga lingkungan agar tetap sehat, juga bisa menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat.

Kesimpulan

Selalu ingat, bahwa kebersihan adalah sebagian dari Iman. Jika lingkungan bersih, maka aktivitas apapun yang kita lakukan akan membuat kita nyaman dalam menjalankannya. Serta tubuh akan menjadi lebih bersih dan sehat.

Mulai dari sekarang, ajarkan anak anda untuk menjaga kebersihan dirinya dan juga kebersihan lingkungannya. Jadikan generasi penerus kita adalah generasi yang cinta alam dan generasi yang hidup bersih.

Artikel ditulis oleh @author dengan judul artikel pentingnya mengajarkan kebersihan lingkungan sejak dini. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *