Pentingnya Manajemen Logistik Dalam Perusahaan

oleh -130 views
pentingnya manajemen logistik dalam perusahaan
pentingnya manajemen logistik dalam perusahaan

Web portal pendidikan – Selamat siang sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan memberikan ulasan tentang pentingnya manajemen logistik dalam perusahan. Seberapa pentingnya manajemen logistik ? Berikut ulasannya dapat kami sampaikan dibawah ini.

Pentingnya Manajemen Logistik Dalam Perusahaan

pentingnya manajemen logistik dalam perusahaan
pentingnya manajemen logistik dalam perusahaan

Logistik bisa diartikan sebagai proses pengelolaan strategis terhadap penyimpanan dan pemindahan barang, suku cadang, dan hasil barang jadi dari supplier. Tujuan dari logistik adalah menyampaikan barang jadi dan juga berbagai material dalam jumlah dan waktu yang tepat.

Dalam pelaksanaan tugasnya unit logistik biasanya dibantu oleh beberapa bagian yaitu sistem analisis, gudang, pembelian, distribusi, serta transportasi. Logistik mengatur sistem pemasukan, pengeluaran, serta penyimpanan barang.

Rencana pengiriman barang di logistik berkaitan erat dengan bagian sistem analisis, penataan operasional, route planner, dan banyak sebutan lain yang saling merencanakan pengiriman dengan mempertimbangkan kapasitas yang dimiliki, tonase muat kendaraan, serta jarak tempuh yang dilalui.

Ruang lingkup utama dari layanan logistik Indonesia ialah mendukung manufaktur serta distribusi dari tugas dengan memilih barang dari item lalu mengirimkannya secara tepat waktu.

Biasanya gambaran sistem logistik dari suatu perusahaan akan mencerminkan kinerja dari perusahaan itu sendiri. Banyak perusahaan yang memiliki modal besar dan pada akhirnya jatuh bangkrut, terbengkalai sistem produksi barang karena tidak mampu menjalankan sistem logistik yang mumpuni. Oleh sebab itu, penting bagi setiap perusahaan untuk menerapkan manajemen logistik.

Manajemen logistik adalah bagian dari proses beruntun dan saling berkaitan, yaitu berfungsi mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengendalian efisiensi, pengefektifan penyimpanan, dan aliran keluar masuk barang. Dalam suatu perusahaan, manajemen logistik adalah kunci utama dalam mengendalikan serta memantau proses dari penyimpanan, pengiriman, hingga penerimaan barang.

Oleh karenanya, manajemen logistik selalu menjadi pertimbangan dalam menentukan harga. Sebab,semakin jauh jasa yang akan digunakan maka akan semakin mahal harga yang dibanderol karena dipengaruhi oleh proses logistik.

Logistik memiliki peranan penting untuk mempermudah suatu kegiatan dalam rantai pasokan. Suatu proses logistik yang berjalan baik membutuhkan manajemen logistik transportasi, pengelolaan barang yang tepat, dan berbagai hal lainnya. Hal tersebut bertujuan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Manajemen logistik sendiri mengacu kepada pengertian logistik, yaitu proses pengolahan strategis terhadap pemindahan dan juga penyimpanan barang, suku cadang, serta barang dari supplier. Mengacu pada pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa manajemen logistik berperan penting dalam mengatur perencanaan dan penempatan fasilitas perusahaan ataupun pelanggan agar berjalan dengan lancar.

Namun, ketika terjadi masalah maka seorang manajer diharapkan untuk mampu mengidentifikasi masalah dan mencari solusi jalan keluarnya. Jadi, setelah kamu membaca penjelasan diatas seberapa pentingnya manajemen logistik ? Pastinya sangat penting kan.

Berikut ini ada beberapa fungsi dari manajemen logistik, yaitu:

Manajemen Logistik Sebagai Fungsi Perencanaan dan Penentuan Kebutuhan Seorang manajer akan melakukan perencanaan dan penentuan kebutuhan dari suatu kegiatan. Dalam membuat penentuan benda, seorang manajer dituntut untuk menyesuaikannya degnan anggaran serta estimasi biaya lainnya.

Manajemen Logistik Sebagai Fungsi Penganggaran

Setelah menentukan barang-barang dalam suatu kegiatan, tugas selanjutnya seorang manajer adalah melakukan perhitungan. Diperlukannya anggaran jumlah pengeluaran yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan bujet.

Manajamen Logistik Sebagai Fungsi Pengadaan

Jika anggaran tidak sesuai dengan jumlah kebutuhan dan ada solusi lain untuk memecahkan permasalahan, seorang manajer harus melakukan pengadaan. Mereka dituntut untuk berpikir kreatif dan melakukan sesuatu agar kegiatan tetap berlangsung dengan baik menggunakan anggaran yang telah ditentukan.

Manajemen Logistik Sebagai Fungsi Penyimpanan dan Penyaluran

Seorang manajer bertugas untuk menyimpan barang yang telah dikumpulkan sebaik mungkin. Setelah itu, barang-barang tersebut disalurkan kepada seseorang yang membutuhkannya.

Manajemen Logistik Sebagai Fungsi Pemeliharaan

Seorang manajer harus mampu untuk memelihara serta menjaga barang, baik itu yang sudah terpakai ataupun belum dipakai.

Manajemen Logistik Sebagai Fungsi Penghapusan

Jika terjadi kerusakan pada barang inventaris, manager harus menghapus kerusakan tersebut. Misalnya, menmbeli ulang bahan serupa atau menggantikannya dengan barang lain.

Manajemen Logistik Sebagai Fungsi Pengendalian

Inilah fungsi terpenting di mana seorang manajer harus mampu mengendalikan semua fungsi-fungsi di atas dengan baik dan tepat.

Baca juga : Kriteria penting menciptakan sistem HRD yang baik

Cara Mengefisiensikan Biaya Perusahaan Logistik


Dengan pengalaman kami dalam bidang logistik, kami mencoba berbagi pengalaman kepada Anda agar bisa mengefisiensikan biaya perusahaan logistik Anda. Bagaimana caranya? Yuk kita bedah bersama:

Salah satu hal penting untuk bisa meningkatkan keuntungan: “Treat people well and profits will follow.”

1. Fokus pada keamanan

Paling penting adalah bagaimana para pekerja dan mitra sangat memahami pentingnya sebuah keamanan. Anda harus aktif untuk menyerukan bahwa semua operasional gudang Anda harus sesuai dengan regulasi dan mengutamakan safety. Jika dilanggar hal ini bisa saja berakibat operasional Anda terhenti.

2. Fokus pada biaya pekerja

Analisa bagaimana produktifitas pekerja Anda pada setiap jalannya kegiatan operasional gudang. Pastikan bahwa setiap pekerja sudah memahami job desk agar semua proses bisa berjalan secara maksimal.

3. Fokus pada pemeliharaan peralatan secara berkala

Untuk bisa berhemat, Anda juga harus memperhatikan perawatan peralatan secara berkala. Rusaknya peralatan saat sedang jam sibuk tentu akan merugikan bisnis Anda, apalagi jika operasional Anda sampai terhenti.

4. Penggunaan teknologi dan sistem yang terintegrasi

Peningkatan produktivitas dari penggunaan teknologi dan sistem yang tepat pada gudang bisa mencapai 30%. Misalnya seperti penggunaan Transportation Management System (TMS) bisa memaksimalkan rute pengiriman Anda dengan memilih rute terbaik.

5. Menentukan mitra yang tepat

Kolaborasi dengan mitra yang tepat juga bisa mengurangi biaya pada logistik Anda. Pastikan bahwa mitra yang Anda pilih memang benar-benar memiliki spesialisasi di bidangnya dan memiliki budaya yang sama dengan perusahaan Anda.

Presiden Joko Widodo akan mencanangkan program BBM Satu Harga untuk menurunkan biaya logistik di Indonesia. Pencanangan program ini dikarenakan saat ini biaya logistik di Indonesia menjadi salah satu yang termahal di dunia. Namun sayangnya kebijakan BBM Satu Harga ini baru bisa dinikmati mulai 2017 setelah semua peraturan selesai dibuat.

Pemerintah sangat serius dalam menurunkan harga logistik, salah satunya dengan mencanangkan program ini. Faktor utamanya adalah karena kontribusi BBM terhadap biaya logistik mencapai 28 persen. Bayangkan jika harga BBM di setiap daerah sama maka akan berdampak pada penurunan biaya logistik di seluruh wilayah Indonesia.

Artikel ditulis oleh @author dengan judul artikel pentingnya manajemen logistik dalam perusahaan. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami cs@keluhkesah.com

Kata kunci : Pentingnya manajemen logistik dalam perusahaan

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com