Web portal pendidikan – Hai para penulis yang kreatif dan cerdas. Tibalah pada saat yang sangat dinanti-nantikan. Pengumuman juara lomba Esai Tingkat Nasional Bertema “Peran Pemuda Dalam Menyikapi Bahasa Sebagai Alat Penyebar Hoaks” Bersama Belapendidikan.com.

Pengumuman Juara Lomba Esai Oktober – November 2018 Bersama Belapendidikan.com

Setelah melewati proses seleksi dan penjurian yang cukup ketat, panitia lomba esai ”Peran Pemuda Dalam Menyikapi Bahasa Sebagai Alat Penyebar Hoaks” akhirnya mendapatkan nama-nama pemenangnya. Mereka berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dengan latar belakang dan profesi yang beranekaragam, seperti mahasiswa/i, dosen, pelajar, bahkan karyawan di salah satu instansi negara.

Lomba esai ini merupakan kali kedua yang diadakan oleh situs web belapendidikan.com. Lomba ini merupakan bagian dari agenda tahunan kami dalam rangka merefleksikan kebutuhan manusia akan kertas.

Sejak dibuka pada tanggal 15 oktober 2018 dan ditutup 15 november 2018, panitia lomba sudah menerima lebih dari 205 naskah esai. Naskah-naskah tersebut kemudian di seleksi oleh tim editor sehingga terpilih 198 naskah esai yang berhasil disaring untuk masuk kebagian penilaian.

Dari naskah-naskah itu, panitia kemudian melakukan seleksi awal dengan membuat daftar pendek (short list). Dengan daftar inilah yang menjadi acuan bagi tim juri untuk menentukan siapa nama-nama pemenang yang akan dinobatkan sebagai juara umum 1, 2, dan 3.

Penilaian lomba kami nilai dengan didasarkan pada beberapa kriteria yang sudah ditentukan, yaitu seperti relevansi tema yang dibuat, orisinalitas gagasan, kualitas dan gaya penulisan, dan juga tidak lupa kreativitas dalam penyajian isi.

Berikut ini nama-nama finalis (beserta judul naskah) yang disusun berdasarkan ranking:

pengumuman lomba esai oktober - november
pengumuman lomba esai 15 oktober – 15 november 2018
  1. Muhammad Awaludin – Alat Komunikasi Publik Dapat Mempengaruhi Adanya Hoaks
  2. Faradilla Amelia Sukmawati – Bahasa Sebagai Aktor Utama Dari Timbulnya Hoaks di Media
  3. Suryani – Peran Penting Pemuda Dalam Mengatasi Hoaks di Media Massa

Untuk pemenang, harap hubungi langsung ke contact yang sudah tertera diatas demi meminimalisir segala bentuk penipuan, mohon berhati-hati apabila ada oknum yang meminta Anda untuk mengirimkan biaya administrasi atau dalam bentuk apapun untuk lomba ini, karena kami tim Belapendidikan.com TIDAK MEMINTA BIAYA APAPUN kepada para peserta.

Dan Untuk 10 Besar Dengan Esai Terbaik Jatuh Kepada :

  1. Muhammad Awaludin – Alat Komunikasi Publik Dapat Mempengaruhi Adanya Hoaks
  2. Faradilla Amelia Sukmawati – Bahasa Sebagai Aktor Utama Dari Timbulnya Hoaks di Media
  3. Suryani – Peran Penting Pemuda Dalam Mengatasi Hoaks di Media Massa
  4. Syarifah Aini Rasyid – Pemuda Pemudi Bersatu mencegah dan memberatas hoaks
  5. Sri Wahyuni – Peran Pemuda Dalam Mengatasi Hoaks Media Massa
  6. Karmila Novitasari – Peran Pemuda Dalam meningkatkan mutu bahasa Demi Meminimalisir Tindakan Hoaks
  7. Ridwan Harahap – Pergerakan pemuda dalam mengatasi hoaks di media
  8. Kurniati – Indonesia Modern Pengkonsumsi Hoaks
  9. Kartini – Pemuda Berintelektual Tolak Hoaks Merajalela
  10. Agus Saputra – Peran Pemuda dalam menyikapi hoaks

Terima kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh para peserta. Untuk itu, sebagai penghargaan atas apresiasi para peserta yang sudah menjejakan esainya dalam lomba ini, kami akan mempublikasikan tiap esai peserta di situs belapendidikan.com agar esai yang ditulis kedepannya dapat bermanfaat untuk orang lain yang membacanya.

Demikianlah informasi ini kami sampaikan. Mohon maaf jika ada kesalahan maupun kekhilafan dari kami selaku panitia penyelenggara lomba esai belapendidikan. Tetap terus tingkatkan semangatmu dalam menulis.

Sampai jumpa di pengumuman lomba sastra selanjutnya. Lomba Esai Belapendidikan Tanggal 15 oktober hingga 15 november 2018 resmi kami tutup. Selamat Untuk Para Pemenang.