Anda sering melihat orang menari? Bagaimana menurut Anda? Pastinya melihat seseorang atau kelompok yang sedang memberikan pentas tari sangat menarik untuk kita nikmati. Selain memanjakan mata, tarian biasanya diiringi dengan musik yang sangat menghibur. Tahukah Anda apa itu tari? Kali ini Bela Pendidikan ingin mengulas tentang pengertian tari dan hal penting tentang tari yang harus Anda tahu.

Pengertian Tari

Tari adalah gerak pada tubuh secara berirama biasanya di lakukan di tempat serta waktu yang telah di tentukan untuk keperluan tertentu seperti penggambaran perasaan, maksud, pikiran, dan pergaulan.

Bunyi-bunyian selama tari berlangsung di sebut dengan musik pengiring. Fungsinya musik iringan banyak, salah satunya adalah mempermudah mengatur gerakan si penari dan memperkuat serta memperdalam perasaan si penari dan para penonton.

Untuk gerakannya, tari berbeda dengan apa yang Anda lakukan setiap hari seperti berlari, mengangkat tangan, senam, berjalan dan lainnya, gerakan tari lebih teratur dan indah.

Pengertian Tari
Pengertian Tari

Tari tergolong atas 3 jenis, yaitu tari klasik, tari rakyat dan terakhir adalah tari kreasi baru. Salah satu tari adalah Dansa yang berasal dari Negara bagian barat dan telah menjadi budaya di sana dimana tari tersebut dilakukan oleh pasangan yang saling berpegangan tangan, berpelukan, dengan musik yang khas.

Tari Berkelompok Nusantara

Tari ini adalah jenis tari yang berasal dari Nusantara. Tari ini di peragakan oleh penari ahli baik tunggal atau kelompok. Jenis tari ini bisa di lakukan secara indivudal dan kelompok contoh misalnya tari merak yang boleh menjadi perorangan dan secara berkelompok.

Tak hanya itu, tari merak bisa juga menjadi tari berpasangan. Tari tunggal lebih condong ke psikologis dimana penari akan menjadi subjek atau objek di suatu kegiatan. Berikut ini adalah sifat-sifat dari tari tunggal:

  1. Lirik, sifat tarian yang di pusatkan ke subjek atau diri pribadi secara sifatnya seperti haru, senang, ataupun bahagia.
  2. Epik, sifat ini lebih condong ke nilai luar diri, misalnya manja dan kagum.

Jenis Tari Berdasarkan Koreografi

  1. Tari Solo atau di sebut juga tari tunggal yaitu tarian yang di peragakan oleh satu penari seperti tari Golek.
  2. Tari Berpasangan atau tari duet adalah tari yang di lakukan oleh dua penari secara berpasangan seperti tari Topeng.
  3. Tari Kelompok, tari yang di lakukan oleh lebih dari dua orang.
  4. Tari Kolosal atau tari massal, tarian ini di lakukan oleh banyak orang (Kelompok yang besar)

Pengertian Dansa

Dansa adalah kegiatan tari yang memerlukan pasangan Dansa memiliki sejarah yang panjang. Dikenal mulai dari tahun 1700-an di kalangan bangsawan, kini dansa menjadi sangat populer di seluruh dunia baik kaum muda dan tua.

Perkembangan Tari di Indonesia

Di Indonesia, tarian adat telah menjadi salah satu hal menonjol di mata dunia. Banyak sekali tari-tarian yang menarik di Indonesia. Meski begitu, semakin berkembanganya zaman, budaya tari dari luar mulai masuk ke Indonesia dan populer.

Baca juga: Mengenal apa itu Gerakan Pramuka Indonesia

Suatu tarian akan sukses jika adanya musik pengiring, pesan, dan si penari. Beberapa pendapat mengatakan bergerak sekecil pun itu sudah disebut dengan tari, namun belum di perindah dengan gerakan dan musik pengiring.

Salah satu tujuan tari adalah menarik pengunjung dengan penampilan yang menarik. Semoga pengertian tari diatas dapat bermanfaat untuk Anda.