Pernahkan Anda melihat ular atau hewan bersisik lainnya? Menurut Anda hewan jenis itu di sebut apa? Mereka disebut sebagai reptil (Reptile), salah satu jenis hewan yang ditandai dengan sisik, tak punya tulang belakang, dan berdarah dingin. Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian reptil, dan beberapa penjelasan singkat tentang apa itu reptil.

Pengertian Reptil

Reptil adalah hewan melata yang berdarah dingin dan masuk sebagai hewan vertebrata. Salah satu ciri dari binatang reptil adalah sisik yang menutupi seluruh tubuhnya. Reptil atau reptillia juga di sebut sebagai hewan tetrapoda, yang artinya binatang dengan 4 tungkai dan termasuk hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur.

Reptil sekarang ini bisa ditemukan di mana saja di dunia ini, kecuali di daerah Antartika. Reptil memiliki beberapa kelompok untuk membedakan mereka, diantaranya adalah Crocodilia seperti buaya, Sphenodontia, Squamata seperti ular, kadal, dan lainnya dan yang terakhir adalah Testudinata seperti penyu, kura-kura dan lainnya.

Meski reptil adalah hewan yang bertelur (Ovipar), faktanya ada beberapa spesial Squamata yang berkembangbiak dengan cara melahirkan (Viviar). Berbicara ukuran, hewan reptil memiliki banyak ragam ukrang. Mulai dari yang kecil seperti cicak sampai dengan yang paling besar komodo atau buaya yang bisa mencapai ukuran bermeter-meter.

Ciri-Ciri Binatang Reptil

Jenis yang di sebutkan diatas hanya sebagian, masih banyak yang tak disebutkan namun ke-3 jenis diatas adalah yang paling umum di temukan. Berbicara mengenai ciri-ciri, binatang reptil juga memiliki ciri-ciri yang sebaiknya Anda tahu.

Reptil memiliki ukurang tubuh beragam. Tubuh mereka terdiri dari kepala, leher, badan, dan ekor. Biasanya pada bagian tengkorak kepala memiliki sebuah tonjolan di bagian belakang. Selain ular, semua reptil memiliki dua pasang kaki dengan 5 jari di setiap kaki-kaki nya.

Pengertian Reptil

Reptil juga memiliki kelenjar bau dekat kloaka. Sedikit berbeda dengan kura-kura, penyu atau sejenisnya yang kelenjar baunya ada pada antara karakaps (Perisai dorsal dan plastron).

Satu lagi ciri utama dari reptil adalah bersisik. Tak hanya bersisik, kulit reptil sangat kering dan sensitive. Beberapa fungsi dari kulit reptil sangat bermanfaat untuk kelangsungan reptil itu sendiri seperti membantu dalam pencegahan dehidrasi di daerah kering dan kedap air.

Reptil adalah hewan berdarah dingin. Jadi semua urusan tentang suhu tubuh maka bisa di lihat pada tingkah laku, bukan dari metabolisme tubuh. Alat pernapasan reptil menggunakan paru-paru, hal ini semua berlaku untuk setiap ordo/jenis reptil.

Alat indra yang dimiliki reptil ada 3, yaitu mata, telinga, dan hidung. Fakta sekaligus ciri menarik dari reptil adalah memiliki umur yang panjang bisa mencapai puluhan bahkan ratusan tahun. Salah satu contohnya adalah penyu yang bisa hidup mulai dari 20 tahun sampai dengan ratusan tahun.

Berbicara tentang berbagai macam reptil, reptil memiliki banyak sekali jenis. Ada yang bersifat memangsa, beracun, sebagai hewan peliharaan, dan masih banyak lainnya. Bunglon dan iguana adalah dua dari sekian banyak jenis reptil yang bisa di pelihara karena kecantikan dan keunikan mereka.

Baca juga: Jadwal Seleksi CPNS Setelah Seleksi Administrasi

Sedangkan untuk reptil yang mematikan seperti komodo, buaya, ular berbisa, kadal beracun, dan lainnya sebaiknya Anda hindari dan tak boleh di pelihara. Semoga dengan pengertian reptil, jenis reptil, dan ciri-ciri dari binatang reptil diatas bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda di dunia IPA atau pengetahuan tentang hewan.