ragam1
Pengertian Ragam Fungsi Bahasa


Jurnaliscun.com – Hai sobat jurnaliscun, kali ini saya akan membahas tentang topik diatas, yaitu Pengertian Ragam Dan Fungsi Bahasa, Sobat pasti mengenal apa itu Bahasa kan? , Bahasa secara pandangan awam ialah kata kata yang digunakan dalam kehidupan sehari hari , baik dalam arti bahasa nasional maupun bahasa yang dipakai didaerah daerah.

Kali ini saya tidak hanya menjelaskan pengertian bahasa nya saja, tapi lebih menyeluruh baik dari segi arti maupun fungsi serta ragam bahasanya, sobat jurnaliscun dapat membaca artikel tersebut disini.

A. Arti Bahasa

download ragam
Download Ragam Fungsi Bahasa

Bahasa, masyarakat, dan budaya adalah tiga etinitas yang erat terpadu. Ketiadaan yang satu menyebabkan ketidak adaan yang lainnya. Di dalam sebuah wadah masyarakat pasti hadir etinitas bahasa. Demikian pula, etinitas bahasa itu pasti akan hadir kalau masyarakatnya ada.

Budaya dan masyarakat ada dua hal yang juga tidak dapat saling terpisahkan. Di mana ada masyarakat disitu ada budaya, demikian sebaliknya.
Kendatipun pernyataan diatas bisa saja tidak disetujui banyak kalangan, setidaknya saya mengimani hal itu. Maka sangat diharapkan pemahaman ilmuwan interrelasi bahasa, budaya, dan masyarakat seperti yang disebutkan diatas itu dapat dipahami pula oleh sobat jurnaliscun.

Nah, dalam kaitannya dengan yang disampaikan diatas, sosok bahasa selalu sering disebut penenda (prevoir) eksitensi budaya dari masyarakat budaya yang bersangkutan. Masyarakat yang maju budaya nya pasti juga berkembang baik etinitas bahasanya. Bahasa yang baik juga dapat menunjukan keberadaan masyarakat. Maka, bahasa sering pula disebut cerminan masyarakat.

Jadi, Selain prevoir atau penanda keberadaan bagi budaya, bahasa juga merupakan cerminan bagi keberadaan masyarakat. Itulah sebabnya sering dikatakan pula bahwa bahasa hampir pasti menunjukan bahasanya. Pada bangsa maju bahasanya juga maju, tertata dan bermartabat.

Dalam kaitannya dengan “arti bahasa” ini, atau yg oleh beberapa ahli bahasa tertentu disebut hakikat bahasa, berikut ini ditunjukan pendapat Anderson (1972) dan Brown (1960) sebagaimana dilihat dalam Tarigan (1993). Anderson menyebutkan delapan prinsip dasar yang merupakan hakikat bangsa bahasa, yakni
1. Merupakan alat komunikasi
2. Bersifat kemestaan
3. Bersifat kemanusiaan
4. Berkaitan dengan masyarakat dan budaya
5. Memiliki makna konvensional
6. Bersifat vokal
7. Merupakan simbol arbitrer
8. Merupakan sistem

Sementara itu Brown menyebutkan delapan prinsip dasar bahwa yang membentuk hakikat bahasa yaitu (1) merupakan kebiasaan, (2) bersifat berubah ubah, (3) berhubungan dengan budaya, (4) merupakan alat komunikasi, (5) bersifat unik dan khas, (6) merupakan lambang arbitrer, (7) bersifat vokal, (8) merupakan sistem.

Baca >> Pengertian Kalimat Dan Unsur unsurnya

Jadi Jelas sekali kelihatan bahwa kedua pendapat itu sesungguhnya hampir sama. Ada beberapa ciri yang sedikit membedakan, tetapi secara umum dapat dikatakan bahwa gagasan Anderson dan gagasan Brown ini memiliki kesamaan.

B. Fungsi Bahasa

Bahasa memiliki fungsi beragam. Setiap pakar bahasa ternyata juga memiliki rumusan fungsi bahasa yang berbeda, sesuai dengan fokus penjelasanya. Akan tetapi, sebelum disajikan bermacam macam fungsi bahasa oleh banyak pakar bahasa, harus ditegaskan terlebih dahulu bahwa fungsi bahasa yang paling utama adalah fungsi komunikasi dan interaksi.

Baca >> Teknik Menyusun Kalimat

Nah, bicara fungsi bahasa, nama Halliday, linguis sangat ternama, sama sekali tidak dapat ditinggalkan. Lewat karyanya yang berjudul “Explorations in the functions of lenguage” Halliday menunjukan tujuh buah bahasa.

Funsi itu dapat disebutkan sebagai berikut :
1. Funsi regulasi
2. Fungsi personal
3. Fungsi representational
4. Fungsi interaksional
5. Fungsi personal
6. Fungsi heroistik
7. Fungsi imginatif

C. Ragam Bahasa

Bahasa Indonesia memiliki ragam bahasa yang tidak sedikit jumlahnya. Bahkan, saya boleh mengatakan ragam atau laras bahasa itu banyak sekali jumlahnya.
Karena berbagai pertimbangan kepentingan dan perhitungan konteksnya, hadirlah ragam ragam bahasa yang wujudnya dapat bermacam macam itu.

1. Ragam Bahasa Berdasarkan Waktunya

Terdapat tiga macam ragam bahasa Indonesia jika konteks waktu dijadikan bahan utama pertimbangan perbedaanya. Dalam setting waktu pula sebuah bahasa akan dapat terperinci menjadi

a. bahasa ragan lama atau bahasa ragam kuno
b. bahasa ragam baru atau ragam modern
c. bahasa ragam kontemporer, yakni ragam bahasa yang banyak mencuat akhir akhir ini.

2. Ragam Bahasa Berdasarkan Medianya

Jika dilihat dari medianya, bahasa dapat dikelompokan menjadi dua, yakmi bahasa ragam lisan dan bahasa ragam tulis.
Bahasa ragam tulis biasanya ditandai dengan ditentukan oleh penggunaan aksen aksen bicara atau penekanan penekanan tertentu dalam aktivitas bertutur, pemakaian intonasi atau lagu kalimat tertentu. Demikian juga tanda tandan itu akan kelihatan dari wujud, wujud kosakata, tatabahasa, kalimat, dan paraghrafnya.
Dalam bahasa ragam lisan, orang tidak lazim menyebutnya kalimat tetapi tuturan. Adapun untuk paragraf atau alenia, orang biasa menyebut pratone. Jadi, orang bertutur yang baik selalu memperhatikan wujud wujud tuturan dan kerangka kerangka pratonenya.

Bahasa ragam lisan selanjutnya dapat terperinci menjadi dua yakni , bahasa ragam lisan baku dan bahasa ragam lisan tidak baku.

3. Ragam Bahasa Berdasarkan Pesan Komunikasinya

Apabila didasarkan pada kandungan pesan komunikasinya, bahasa dapat dibedakan menjadi bahasa ragam ilmiah, bahasa ragam sastra, bahasa ragam pidato, dan bahasa ragam berita. Khusus untuk ragam bahasa ilmiah, dapat dikatakan bahwa bahasa ragam ini ternyata muncul pula dalam pengelompokkan ragam bahasa berdasarkan pesan komunikasi ini.

Sobat jurnaliscun dapat memiliki artikel ini, dengan klik download

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com