Web portal pendidikan – Artikel yang ditulis kali ini berkaitan dengan ekonomi nasional, yaitu dengan judul Pengertian Pendapatan Nasional Secara Lengkap. Untuk itu mari simak ulasannya dibawah ini.

Pendapatan Nasional

pengertian pendapatan nasional secara lengkap
pengertian pendapatan nasional secara lengkap

Tujuan setiap negara adalah menyejahterakan rakyatnya, tujuan ini dapat dicapai dengan melaksanakan pembangunan ekonomi. Pembangunan ekonomi itu sendiri dianggap berhasil jika terdapat peningkatan kesejahteraan rakyat yang merata.

Untuk mengetahui tingkat kesejahteraan tersebut, bisa dilihat dari tingkat pendapatan nasional. Biasanya jika pendapatan nasional terus meningkat, dapat dikatakan masyarakat lebih sejahtera daripada kondisi sebelumnya. Namun perlu dilihat bagaimana distribusi pendapatan nasional tersebut.

Pengertian Pendapatan Nasional


Istilah pendapatan nasional merupakan istilah yang sangat sering kamu dengar. Istilah ini sangat sering muncul, baik di televisi, koran, majalah, maupun internet. Namun apa sebenarnya pendapatan nasional tersebut ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita perlu melihat terlebih dahulu sejarah awal pendapatan nasional.

Pendapatan nasional pada awalnya dirumuskan oleh Pierre de Boisguilbert (1646-1714) di Prancis dan Sir William Petty di Inggris pada abad ke 17. Pandangan mereka terhadap pendapatan nasional berkisar pada soal nilai uang, barang dan jasa yang dihasilkan dan dikonsumsi.

Lalu, apa sebenarnya pendapatan nasional itu ?

Pendapatan nasional adalah nilai barang dan jasa yang diwujudkan oleh perekonomian dalam satu tahun tertentu. Menurut Sadono Sukirno, pendapatan nasional adalah istilah yang menerangkan tentang nilai barang dan jasa yang diproduksi suatu negara dalam satu tahun tertentu.

Dari dua definisi nasional tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk menghitung pendapatan nasional haruslah dihitung keseluruhan nilai barang dan jasa akhir yang diproduksi suatu negara dalam kurun waktu satu tahun. Jadi untuk mengetahui pendapatan nasional pada tahun tertentu harus dihitung nilai dari barang dan jasa yang dihasilkan dalam tahun tersebut.

Menurut Badan Pusat Statistik (2015), salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu negara dalam suatu periode tertentu adalah data PDB, baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasar harga konstan.

PDB pada dasarnya merupakan jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu negara tertentu, atau merupakan jumlah nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit ekonomi.

Manfaat Pendapatan Nasional


Pendapatan nasional suatu negara memiliki beberapa manfaat bagi negara tersebut. Manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

A. Menilai prestasi ekonomi suatu negara

Perekonomian suatu negara tidak bisa dinilai tanpa ada suatu kriteria tertentu. Dengan adanya pendapatan nasional kita bisa mengetahui prestasi suatu perekonomian tertentu secara pasti, apakah mengalami kemajuan atau kemunduran.

B. Menilai Perkembangan Ekonomi Suatu Negara dari Waktu ke Waktu

Perekonomian suatu negara tidak selamanya mengalami kemajuan. Bila dilanda krisis, perekonomian akan mengalami kemunduran dan kemudian akan tumbuh lagi bila krisis tersebut telah berlalu. Perkembangan perekonomian ini, baik maju maupun mundurnya dari waktu ke waktu bisa dilihat dari pendapatan nasional.

Baca juga : Pengertian Masyarakat Ekonomi ASEAN

C. Membandingkan perekonomian dengan Negara Lain

Perekonomian suatu negara dapat dibandingkan dengan perekonomian negara lain dengan melihat pendapatan nasional masing masing negara tersebut. Biasanya perekonomian yang lebih maju seperti Singapura ditandai oleh pendapatan nasional yang lebih tinggi.

Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional


Data pendapatan nasional adalah salah satu indikator makro yang dapat menunjukan kondisi perekonomian nasional setiap tahun. Menurut BPS (2015) manfaat yang dapat diperoleh dari data ini antara lain :

  • PDB harga berlaku nominal menunjukan kemampuan sumber daya ekonomi yang dihasilkan suatu negara. Nilai PDP yang besar menunjukan kemampuan sumber daya ekonomi yang besar, begitupun juga sebaliknya
  • PDB harga berlaku menunjukkan pendapatan yang memungkinkan untuk dinikmati oleh penduduk suatu negara
  • PDB harga konstan (riil) dapat digunakan untuk menunjukkan laju pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan atau setiap kategori dari tahun ke tahun
  • Distribusi PDB harga berlaku menurut lapangan usaha menunjukkan struktur perekonomian atau peranan setiap kategori ekonomi dalam suatu negara
  • PDB harga berlaku menurut pengeluaran menunjukkan produk barang dan jasa digunakan untuk tujuan konsumsi, investasi, dan diperdagangkan dengan pihak luar negeri
  • PDB dan PNB per kapita atas dasar harga berlaku menunjukan nilai PDB dan PNB per satu orang penduduk
  • PDB dan PNB per kapita atas dasar harga konstan berguna untuk mengetahui pertumbuhan nyata ekonomi per kapita penduduk suatu negara

Sebagaimana kamu ketahui, pendapatan nasional merupakan nilai seluruh hasil produksi (barang dan jasa) yang dihasilkan oleh seluruh anggota masyarakat suatu negara dalam satu tahun tertentu. Pendapatan nasional juga didefinisikan jumlah seluruh pendapatan yang diterima oleh masyarakat dalam suatu negara dalam satu tahun.

Dari dua pengertian tersebut terdapat dua hal penting, yaitu produksi barang dan jasa serta pendapatan masyarakat. Jika produksi barang dan jasa terus meningkat setiap tahun, pendapatan nasional juga bisa dipastikan meningkat. Bila pendapatan masyarakat naik secara signifikan setiap tahun, juga bisa dipastikan bahwa pendapatan nasional meningkat.

Masyarakat dapat berperan dalam meningkatkan pendapatan nasional dengan cara bekerja dengan giat. Tidak mau menganggur dan berusaha segiat mungkin dalam bekerja. Dengan ikut bekerja, masyarakat bisa menghasilkan barang dan jasa. Makin giat bekerja, makin banyak barang dan jasa yang dihasilkan.

Kata kunci : Pengertian pendapatan nasional secara lengkap

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com