Sebagai seorang yang ingin mengetahui dan mendalami ilmu IPA, pengertian mamalia, jenis mamalia, atau hal berhubungan tentang mamalia sangat perlu di diketahui karena telah menjadi dasar di Ilmu Pengetahuan Alam. Sudahkan Anda tahu apa itu mamalia?

Mamalia identic dengan ciri seperti memiliki bulu/rambut dan merupakan binatang berdarah panas. Otak pada mamalia lah yang mengatur semua system peredaran darah dengan jantung empat ruang yang di milikinya.

Pengertian Mamalia

Mamalia adalah sebutan untuk hewan yang menyusui, binatang jenis vertebrata yang memiliki ciri utama sebagai mamalia yaitu adanya kelenjar susu pada setiap betina nya. Susu ini kemudian di berikan untuk sang anak dan disebutlah sebagai mamalia atau binatang menyusui.

Mamalia memiliki banyak ordo yaitu 46 ordo, 425 keluarga, dan 5.000 genus yang tersebar. Secara filogenetik, mamalia adalah turunan dari monotremata (Echidna) serta mamalia theria.

Karakteristik Mamalia

Ciri dari mamalia yang pertama adalah menyusui anaknya. Mamalia juga merupakan hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan. Namun dalam beberapa mamalia, ada juga yang berkembangbiak dengan cara bertelur.

Meski begitu, melahirkan bukan hanya di miliki ordo mamalia namun dapat juga di temui di non-mamalia seperti hiu martil atau ikan guppy.

Jenis menotremata (Mamalia yang bertelur) memang tak memiliki puting susu tapi memiliki organ kelenjar susu. Hal ini yang membuat jenis ini tetap masuk sebagai hewan mamalia.

Anda harus tahu, taksonomi yang di gunakan sering menekankan pada kesamaan terhadap nenek moyang. Karaktersitik/ciri sangat bermanfaat dalam membedakan asal suatu hewan. Jika salah satu Cetacea tak memiliki ciri mamalia, maka ia akan dianggap mamalia karena nenek moyangnya sama dengan mamalia.

Mamalia mempunyai 3 tulang pendengaran pada satu telinga serta 1 dentari (Tulang) pada rahang bawah. Jenis Vertebrata lain dengan telinga 1 tulang pendengaran (Stapes) pada setiap telinga serta paling tidak 3 tulang di sisi rahang.

Pengertian Mamalia

Jenis binatang mamalia juga memiliki integument dengan 3 lapisan. Epidermis yang paling luar, dermis berada ditengah, dan hypodermis yang bisa ditemukan di bagian paling dalam. Epidermis pada umumnya memiliki 30 lapis sel yang dapat berfungsi sebagai kedap air atau lapisan tahan air.

Sel-sel terluar (Epidermis) ini sering terkelupas dan bagian dalam sering terbelah dan sel yang terbelah kecil tadi akan terdorong ke atas.

Dermis yang berada di bagian tengah biasanya memiliki ketebalan 15 sampai dengan 40 kali lebih tebal dari epidermis. Sel ini terdiri dari pembuluh darah serta kelenjar. Sedangkan hypodermis disusun atas jaringan adiposa yang berfungsi menyimpan lemak, insulasi, dan sebagai penahan benturan. Ketebalan lapisannya pun beragam.

Baca juga: Pengertian Reptil, Jenis dan Cirinya

Itu dia beberapa penjalasan tentang mamalia, pengertian mamalia, jenis mamalia, dan beberapa hal penting mengenai mamalia. Mamalia di kenal luas di masyarakat sebagai binatang yang menyusui, artinya setiap hewan mamalia akan menyusui anak nya hingga dewasa.

Namun faktanya, berdasarkan penjelasan diatas dan penelitian mengatakan bahwa tak semua hewan yang menyusui anaknya disebut mamalia. Anda bisa melihat penjelasan lebih rincinya diatas.

Di dunia ini, jenis hewan kelas mamalia sering di temukan daripada jenis lainnya. Tak seperti reptil yang kebanyakan berbahaya, mamalia banyak menjadi ternak seperti sapi, kambing, kuda, dan lainnya. Namun ada juga yang berbahaya seperti serigala, singa, harimau, dan jenis kucing besar lainnya, semoga pengertian mamalia diatas bisa bermanfaat untuk Anda.