Web portal pendidikanPengertian, peranan , dan bentuk hukum perusahaan lembaga pembiayaan akan di bahas pada pagi hari ini. Saya ingin bertanya pada sobat jurnaliscun, apakah kalian tau mengenai pengertian lembaga pembiayaan ? kalo tidak tahu sobat bisa simak penjelasan nya dibawah ini

A. PENGERTIAN LEMBAGA PEMBIAYAAN

Meskipun lembaga pembiayaan merupakan lembaga keuangan bersama dengan lembaga perbankan, namun dilihat  dari padanan istilah dan penekanan kegiatan usahanya antara lembaga pembiayaan dan lembaga keuangan berbeda.

Istilah Lembaga Pembiayaan merupakan padanan dari istilah bahasa Inggris financing institution. Lembaga pembiayaan ini kegiatan usahanya lebih menekankan pada fungsi pembiayaan, yaitu dalam bentuk penyediaan dana atau barang modal dengan tidak menarik dana secara langsung dari masyarakat.

Istilah lembaga pembiayaan mungkin belum sepopuler dengan instilah lembaga keuangan dan lembaga perbankan. Belum akrabnya dengan istilah ini bisa jadi karena dilihat dari eksitensinya lembaga pembiayaan memang relatif masih baru jika dibandingkan dengan lembaga keuangan konvensional, yaitu bank.

Kebijakan dibidang pengembangan kegiatan lembaga pembiayaan diatur berdasarkan Kepres No. 61 Tahun 1988 tentang Lembaga Pembiayaan dan Keputusan Menteri Keuangan No. 1251/KMK.013/1988 tentang ketentuan dan tata cara pelaksanaan lembaga pembiayaan.

Menurut pasal 1 angka (2) Keppres No 61.tahun 1988 jo. Pasal 1 huruf (b) SK. Menkeu No. 1251/KMK.013/1988 yang dimaksud dengan lembaga pembiayaan adalah badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana atau barang modal dengan tidak menarik dana secara langsung dari masyarakat.

B. PERANAN LEMBAGA PEMBIAYAAN

Pengertian Lembaga pembiayaan adalah salah satu bentuk usaha dibidang lembaga keuangan bukan bank yang mempunyai peranan sangat penting dalam pembiayaan.

Kegiatan lembaga ini dilakukan dalam bentuk penyediaan dana atau barang modal dengan tidak menarik dana secara langsung dari masyarakat dalam bentuk giro, deposito, tabungan, dan surat sanggup bayar.

Berdasarkan kegiatan yang dilakukan tersebut, lembaga pembiayaan mempunyai peran yang penting sebagai salah satu lembaga sumber pembiayaan alternatif yang potensial untuk menunjang pertumbuhan perekonomian nasional.

C. BENTUK HUKUM PERUSAHAAN PEMBIAYAAN

Dikatakan penting karena siapapun orang nya baik pribadi maupun badan usaha tentu memerlukan dana untuk memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan dana bagi sektor usaha, terlebih bagi usaha kecil masih sangat dirasakan.

Berdasarkan surfei Biro Pusat Statistik (BPS)  diperoleh data bahwa kendala yang dihadapi usaha kecil di 20 provinsi adalah masalah modal, yaitu sebesar 31%, bahan baku 26%, pemasaran 21%, kompetisi 17%, teknik produktif 2%, dan manajemen 2%.

Data diatas menunjukan bahwa masalah modal memegang peranan yang sangat penting bagi pengembangan sektor usaha di Indonesia. Oleh karena itu, dipandang perlu untuk terus meningkatkan kemampuan khususnya bagi usaha kecil untuk dapat mengakses sumber dana dari berbagai sumber keuangan dalam rangka memenuhi kebutuhuan permodalannya.

Lembaga pembiayaan dalam menjalankan kegiatannya dilaksanakan oleh perusahaan pembiayaan. Menurut pasal 1 angka (5) Keppres No. 61 Tahun 1988 yang dimaksud dengan perusahaan pembiayaan adalah badan usaha di luar bank dan lembaga keuangan  bukan bank yang khusus didirikan untuk melakukan  kegiatan yang termasuk dalam bidang usaha lembaga pembiayaan.

Perusahaan pembiayaan yang dimaksud, menurut pasal 3 ayat (2) Keppres No. 61 Tahun 1988 berbentuk perseroan Terbatas atau Koperasi. Dengan demikian, pembiayaan harus berbentuk badan huku baik berbentuk Perseroan Terbatas (PT) atau koperasi.

Menurut Undang Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas adalah badan hukum yang didirikan berdasarkan perjanjian, yang melakukan kegiatan usaha dengan modal tertentu seluruhnya terbagi dalam saham, dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam undang undang serta peraturan pelaksanaannya.

Dari definisi diatas ada lima unsur pokok, yaitu
a. Perseroan Terbatas merupaka suatu badann hukum
b. didirikan berdasarkan perjanjian
c. memiliki modal yg terbagi dalam saham saham
d. menjalankan usaha tertentu
e. memenuhi persyaratan undang undang

Sebagai badan hukum, PT memenuhi unsur unsur atau karakteristik suatu badan hukum seperti yang ditentukan dalam undang undang no. 40 tahun 2007, yaitu organisasi yang teratur, harta kekayaan sendiri, mempunyai tujuan sendiri, dan akta pendirian disahkan oleh pejabat yang berwenang. PT ini memperoleh status badan hukum sejak akta pendiriannya disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Apakah sobat belapendidikan puas dengan jawaban diatas ? , pasti puas dong , kalo masih kurang sobat googling aja. Nah itulah penjelasan dari tema kita hari ini Pengertian Lembaga Pembiayaan. Lebih dan kuran mohon dimaafkan, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan dari pengunjung belapendidikan.com

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com