Pengertian Lembaga Negara

oleh -231 views
pengertian lembaga negara
pengertian lembaga negara

Web portal pendidikan – Selamat malam sobat belapendidikan, kali ini kita akan bahas mengenai pengertian lembaga negara adalah. Menurut sobat, apa saja lembaga lembaga negara di Indonesia ? Berikut akan kami ulas dalam artikel dibawah ini.

Konsep Lembaga Negara


Perubahan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 telah dilakukan sebanyak empat kali. Perubahan tersebut untuk mempertegas kekuasaan dan wewenang masing masing lembaga negara, batas batas kekuasaan tiap lembaga negara dan menempatkannya pada fungsi penyelenggaraan negara.

Perubahan yang terjadi berkaitan dengan sistem penyelenggaraan kekuasaan negara yang hendak dibangun pada ketatanegaraan Indonesia.

Menurut sobat apa saja nama lembaga lembaga negara yang ada pada saat ini ? dan Bagaimana hubungan antara lembaga lembaga negara yang ada dengan masyarakat ?

Dalam negara demokrasi seperti negara Indonesia, rakyat memiliki peranan penting dalam mengelola negara. Demokrasi yang berarti pemerintahan yang dilakukan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat tentu tidak mungkin hal itu dilakukan secara langsung di negara Indonesia.

Oleh karena itu, perlu adanya suatu lembaga negara yang mampu melaksanakan dan menampung seluruh aspirasi dan kehendak rakyat sebagai wujud dari suatu kedaulatan demokrasi.

Dalam negara terdapat badan badan atau organisasi yang menyelenggarakan urusan atau fungsi masing masing, dalam rangka mewujudkan tujuan negara.

Badan badan atau organisasi ini dikenal dengan lembaga negara. Masing masing lembaga ini berdiri sendiri namun tetap saling berhubungan. Jadi menurut sobat, apa pengertian lembaga negara ? Mengapa negara membutuhkan lembaga lembaga tersebut ?

Pengertian Lembaga Negara Adalah


Kalau negara itu diumpamakan dengan seorang manusia, maka pada umumnya manusia dianugrahin Tuhan anggota tubuh. Bagian bagian tubuh tersebut antara mata, hidung, telinga, tangan, kaki dan lain sebagainya.

Masing masing anggota tubuh memiliki fungsi tersendiri seperti mata untuk melihat, hidung untuk penciuman, telinga untuk mendengar, tangan untuk bekerja, kaki untuk berjalan dan lain sebagainya. Demikian halnya dengan negara.

Dalam kehidupan masyarakat terdapat berbagai pekerjaan atau urusan yang dilaksanakan orang seseorang, kelompok (bagian masyarakat), dan masyarakat itu sendiri sebagai organisasi.

Dalam negara juga terdapat badan badan yang mempunyai tugas dan fungsi tertentu dalam rangka terselenggaranya kehidupan bernegara yang baik, kuat, demokratis, dan sehat.

Seperti yang telah disinggung di atas, badan badan atau organisasi tersebut dapat disebut lembaga negara. Akan tetapi, apakah semua badan atau lembaga yang mewujudkan tujuan negara disebut lembaga negara ?

Pengertian lembaga negara adalah badan atau organisasi kenegaraan yang dibentuk berdasarkan konstitusi (undang undang) dari suatu negara.

Lembaga negara dibentuk dalam rangka penyelenggaraan kehidupan negara demi terwujudnya tujuan negara. Jadi lembaga negara di Indonesia dibentuk berdasarkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Menurut UUD 1945 (hasil amandemen) ada tujuh institusi, yaitu presiden dan wakil presiden sebagai suatu kesatuan institusi Kepresidenan; DPR; DPD; MPR; MK; MA; dan BPK.

Adapun lembaga Komisi Yudisial, kewenangannya langsung diberikan undang undang dasar tetapi tidak tepat disebut sebagai lembaga tinggi negara. Karena fungsinya hanya bersifat supporting atau auxiliary terhadap fungsi utama kekuasaan kehakiman.

Pasca amandemen UUD Negara RI 1945 dikenal dua istilah untuk mengidentifikasi organ organ penyelenggara negara, yaitu istilah “badan dan lembaga”.

Namun perbedaan itu sama sekali tidak mengurang esensi adanya organisasi yang melaksanakan fungsi penyelenggaraan negara dan pemerintahan.

Untuk lebih jelasnya, saya akan merincikan pembagian lembaga negara sebelum dan sesudah amandemen UUD 1945. Berikut ulasannya.

Lembaga Lembaga Negara sesuai dengan UUD 1945 sebelum amandemen


MPRDPR
PRESIDENBPK
DPAMA

dan Lembaga Lembaga Negara sesuai dengan UUD 1945 setelah amandemen

Lembaga Negara Sesuai Dengan UUD 1945 Sesudah Amandemen
Lembaga Negara Sesuai Dengan UUD 1945 Sesudah Amandemen

Berdasarkan hasil amandemen UUD 1945, lembaga lembaga negara dalam sistem ketatanegaraan di Indonesia jika diurutkan menurut pasal pasal dalam UUD 1945 yang mengaturnya tersebut meliput :

  • MPR (diatur dalam pasal 2 dan pasal 3)
  • Presiden (diatur terutama pasal 4 sampai pasal 15, serta pasal lain yang berkaitan)
  • DPR (diatur dalam pasal 19 sampai pasal 22B)
  • DPD (diatur dalam pasal 22C dan pasal 22D)
  • KPU (diatur dalam pasal 22E)
  • Bank Sentral (diatur dalam pasal 23D)
  • BPK (diatur dalam pasal 23E dan pasal 23G)
  • MA (diatur dalam pasal 24 dan pasal 24A)
  • KY (diatur dalam pasal 24B)
  • MK (diatur dalam pasal 24C)

Menurut kamu sudah tepatkah fungsi fungsi lembaga negara diatas dalam menjalankan tugasnya saat ini ? Berikan komentarmu di kolom yang telah kami sediakan dibawah.

Kritik dan saran yang membangun terhadap judul “pengertian lembaga negara adalah” sangat kami harapkan untuk pengembangan artikel ini kedepannya.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com