Ketika Anda berbicara dengan lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung dan saling baku lempar percakapan, hal itu disebut dengan komunikasi. Komunikasi memiliki banyak definisi, jenis, dan sejarah nya sendiri. Kali ini, Bela Pendidikan akan mengulas tentang pengertian komunikasi, sejarah komunikasi, dan beberapa poin penting mengenai komunikasi.

Pengertian Komunikasi

Komunikasi adalah proses penyampaian informasi baik bentuk ide, gagasan, atau pesan dari suatu pihak kepada pihak lainnya. Secara umum, komunikasi ini dilakukan baik secara lisan atau verbal yang bisa di mengerti oleh pihak lain atau kedua belah pihak itu sendiri. Namun, jika lisan tak bisa dimengerti, komunikasi masih bisa dilakukan dengan gerak-gerak benda atau tubuh sendiri.

Komunikasi bisa dilakukan secara lisan atau gerak-gerak tubuh selama masih di mengerti oleh kedua belah pihak. Untuk gerak tubuh, informasi yang disampaikan bisa dimengerti karena gerak tubuh seperti senyum, geleng kepala, mengangkat bahu, dan lainnya.

Sejarah Komunikasi

Komunikasi (Communication) berasal dari bahasa Latin yaitu Communis berarti “Sama”. Communico, Communicare, atau Communicatio berarti make to common, dalam bahasa Indonesia berarti membuat hal yang sama. Sederhananya, komunikasi bisa terjadi jika ada kesamaan penyampaian pesan dengan pihak yang menerima informasi atau pesan tersebut.

Karena itu lah, komunikasi sangat bergantung oleh kemampuan kedua pihak dalam menerima pesan atau informasi tersebut. Pada awalnya, hal ini digunakan untuk mengungkapkan kebutuhan dalam hal organis. Seiring dengan evolusi manusia, sinyal-sinyal kimiawi primitive yang di pergunakan dalam hal komunikasi juga ikut berevolusi.

Pengertian Komunikasi
Pengertian Komunikasi

Manusia berkomunikasi untuk membagikan apa yang mereka tahu baik itu pengetahuan ataupun pengalaman. Manusia bisa berkomunikasi dari berbagai media seperti tulisan, berbicara, gerak, dan penyiaran. Tapi, komunikasi hanya efektif jika pesan yang disampaikan dapat dicerna dengan baik oleh si penerima pesan.

Komunikasi sudah ada sejak lama dan dipergunakan bahkan manusia pertama atau sebelumnya, komunikasi telah ada. Dalam masa-masa dulu, manusia melakukan komunikasi dengan gerakan namun seiring berkembangnya revolusi dan teknologi, komunikasi dapat dipermudah bahkan bisa berbicara dari tempat yang jauh melintasi samudera dan benua.

Proses Komunikasi

Komunikasi merupakan kegiatan yang memiliki proses, berikut ini adalah prosesnya:

  1. Komunikator, seseorang yang memiliki maksud untuk melakukan komunikasi dengan orang lain. Pesan yang akan disampaikan tersebut berupa informasi, baik dalam lisan ataupun gerakan tubuh yang bisa dimengerti oleh kedua pihak.
  2. Pesan, serangkaian informasi yang akan disampaikan kedua pihak baik secara langsung maupun tidak langsung seperti berbicara lewat handphone dan berbicara dari mulut ke mulut (Secara langsung).

Model Komunikasi

Komunikasi memiliki 3 model yang mendasari bagaimana komunikasi tersebut dapat dikonseptualisasikan dan diperkembangkan.

Komunikasi Linear

Ditemukan oleh Claude Shannon dan Warren Weaver di tahun 1949 dalam The Matchematical of Communication.

Interaksional

Model ini dikembangkan oleh seorang bernama Wilbur Schramm di tahun 1954 yang ditekankan pada proses komunikasi dua arah antara para pelaku komunikator.

Transaksional

Model komunikasi yang dikembangkan Barnlund di tahun 1970. Model ini adalah pengiriman dan penerimaan informasi yang berlangsung terus menerus dalam sebuah proses komunikasi.

Baca juga: Pengertian Teater, Arti, dan Unsur-Unsurnya

Komunikasi sendiri tak selalu memerlukan dua orang yang saling bertatap muka, namun komunikasi bisa terjadi oleh banyak orang atau system perantaran. Pada dasarnya, komunikasi adalah hal alamiah pada manusia untuk bisa saling bertukar pikiran, ide, gagasan, pesan, dan perintah untuk manusia lainnya.