Pengertian Kesenian Menurut para Ahli dan Contohnya

oleh -68 views
5. Pengertian Kesenian serta Contohnya
Pengertian Kesenian serta Contohnya

Kata kesenian seringkali dihubungkan dengan kebudayaan yang sedang berkembang saat ini. Kesenian itu sendiri merupakan wujud budaya dalam kehidupan sosial kultural sehingga eksistensinya tetap terjaga dengan baik.

Karena kesenian merupakan sarana untuk mengekspresikan keindahan dari jiwa manusia. Jadi kesenian itu bisa digunakan untuk menjaga norma serta adat istiadat masyarakat supaya tidak lekang oleh waktu. Maka dari itu biasanya kesenian dijadikan sebagai simbol budaya.

Misalnya saja seperti tari kecak yang berkaitan dengan unsur budaya Bali. Kesenian yang mana tariannya diiiringi dengan busana dan riasan ini bisa memperlihatkan identitas budaya yang memiliki makna tersendiri.

Jadi kesenian itu tidak membahas tentang pola komunikasi lisan saja, namun juga meliputi semua hal di dalamnya. Untuk itu supaya bisa lebih mengenal seperti apa kesenian lebih jauh, berikut ini akan kami kupas selengkapnya tentang pengertian kesenian lebih jauh di bawah ini.

Pengertian Kesenian

Kesenian merupakan salah satu warisan budaya dan sarana yang bisa dimanfaatkan untuk mengungkapkan keindahan jiwa manusia. Jadi selain dijadikan sebagai cara untuk mengekspresikan keindahan, kesenian juga mempunyai fungsi lainnya.

Misalnya saja seperti mitor yang berguna untuk menentukan normal dalam mengatur sikap seseorang dalam meneruskan adat budaya dan nilainya lebih jauh. Umumnya, kesenian bisa berguna sekali untuk mempererat ikatan solidaritas. Sehingga keberadaannya sangat penting.

Pengertian Kesenian Menurut para Ahli

Menurut para ahli, arti dari kata kesenian itu ada banyak. Maka dari itu supaya lebih mengenal makna kesenian lebih jauh, berikut akan kami ulas pengertian dari kesenian menurut para ahli, antara lain:

  1. Menurut William A. Haviland, kesenian adalah keseluruhan sistem yang berkaitan dengan proses imajinasi manusia yang keratif kepada kelompok masyarakat umum berdasarkan kebudayaan tertentu.
  2. Menurut J.J Hogman, kesenian adalah suatu hal yang terdiri atas ide, aktifitas, dan artifacts.
  3. Menurut Kottak, kesenian itu sebagai bentuk hasil ekspresi, keindahan, dan kualitas semua hal yang lebih baik dari aslinya.
  4. Menurut Kuntjaraningrat, kesenian itu merupakan sesuatu yang kompleks dan terdiri atas gagasan, norma, ide, nilai-nilai, dan peraturan yang lebih kompleks. Kegiatan kesenian itu memiliki pola manusia dan biasanya berbentuk benda buatan dari manusia.
  5. Menurut Irving Stone, kesenian adalah kebutuhan pokok. Jadi sama seperti mantel hangat atau roti yang sering dimanfaatkan di musim dingin. Mereka berpikir bila kesenian itu barang mewah. Sehingga roh manusia merasa lapar dan haus terhadap kesenian layaknya perut yang kelaparan dan meminta makanan.

7 Contoh Kesenian dari Berbagai Daerah di Tanah Air

Indonesia adalah Negara kepulauan yang mempunyai adat budaya yang banyak dan bermacam-macam. Kesenian adalah salah satu budaya Tanah Air yang dijadikan sebagai cara untuk mengekspresikan keindahan jiwa manusia. Berikut ini adalah 7 contoh kesenian yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, antara lain:

  1. Kuda Lumping

Kesenian yang disebut dengan jaran kepang adalah bentuk tarian tradisional yang memperlihatkan sekelompok prajurit sedang menunggang kuda. Namun kuda yang dimaksudkan disini adalah kuda dari bamboo atau bahan anyaman yang lainnya, kemudian dibentuk seperti kuda.

Kesenian kuda lumping ini berasal dari Madura. Dalam penampilannya tersebut menyuguhkan beberapa aksi yang menarik dan bervariasi. Menariknya lagi adalah beberapa diantaranya ada yang kesurupan harimau, kera, semar, dll. Selain itu, terkadang ada juga pemain yang kesurupan dan minta makanan aneh seperti bunga 7 rupa, kaca, menyan, dll.

  • Mamanda

Mamanda disebut juga dengan seni teater tradisional dari Kalimantan Selatan. Mamanda ini seperti lenong karena berkaitan dengan penonton dan pemain. Biasanya terjadi saling bersautan kata-kata lucu sehingga membuat nuansanya semakin meriah.

Selain itu, biasanya dalam pertunjukan Mamanda ini diiringi oleh iringan musik ritme acting pemainnya. Alat musik yang dipakai meliputi biola, gong, serunai, dan suling. Sedangkan ceritanya menceritakan tentang hikayat, legenda, dan fantasi.

  • Debus

Debus adalah salah satu kesenian populer dari Banten. Kesenian ini memperlihatkan aksi bela diri manusia yang menakjubkan. Dulu debus adalah alat yang dimanfaaatkan untuk meningkatkan semangat para warga Banten di masa penjajahan Belanda.

Dalam pertunjukannya tersebut, debus menunjukkan aksi dari pencak silat berkaitan dengan ilmu kekebalan. Selanjutnya, seiring berjalannya waktu, akhirnya debus mulai menyebar hingga ke beberapa daerah seperti di kabupaten Pandeglang, Serang, dan Lebak.

  • Tari Saman

Tari saman adalah tarian dari suku Gayo di Aceh. Tarian ini diciptakan oleh ulama besar, bernama Syekh Saman. Dulu tarian ini hanya sebuah permainan rakyat bernama Pok Ane saja. Selanjutnya karena kehadiran agama Islam di Gayo membuat gerakan dan lagu pengiring tari Saman mulai berubah.

Lagu pengiring tarian ini mempunyai makna kebanggaan tersendiri untuk Allah. Selain itu, biasanya tarian ini digunakan untuk menyampaikan nasehat, pesan, dan dakwah.

  • Ketoprak

Ketoprak adalah kesenian dari Jawa. Biasanya pertunjukannya disebut dengan Opera. Selain itu di dalamnya ada unsur nyanyiannya. Dulu ketoprak lahir untuk memperlihatkan perjuangan warga Indonesia melawan penjajah di abad ke-19. Saat itu ketoprak dibawakan oleh musisi keraton di Surakarta.

Selanjutnya ketoprak mulai berkembang dan menyuguhkan cerita masyarakat sehari-hari. Sementara itu, di tengah pertunjukan ada babak yang tidak berhubungan dengan kisah utama untuk menghibur para penonton.

Disinilah pemain akan memberi hiburan kepada penonton sekaligus mengiringinya menggunakan alat musik gamelan. Dimana dalam kelompok musik gamelan tersebut selalu dibantu oleh sinden yang berperan sebagai penyanyinya. Namun meski sudah tersedia sinden, namun biasanya para pemainnya juga ikut bernyanyi.

  • Wayang Kulit

Pertunjukan yang menggunakan boneka khas Tanah Air ini dimainkan oleh dalang yang berada di balik tirai berbayang. Kesenian ini sebenarnya sudah ada sejak dahulu kala, dan bahkan sampai saat ini masih ada pertunjukannya dan masih tetap dilestarikan.

Beberapa tokoh yang ada dalam wayang kulit tersebut merupakan tokoh dari cerita sejarah umat Hindu yang berasal dari kitab Ramayana dan Mahabharata. Sama halnya dengan kethoprak, pertunjukan ini diiringi dengan instrument alat musik khas Jawa Tengah.

  • Wayang Jemblung

Kesenian yang satu ini disebut juga dengan ritual untuk meminta keselamatan karena lahirnya seorang bayi. Wayang jemblung merupakan salah satu kesenian tradisional dari Jawa Tengah yang juga merupakan sarana hiburan yang wajib dilestarikan.

Bedanya antara wayang jemblung dengan wayang kulit adalah, dalam wayang jemblung ini tidak ada iringan instrument alat musik dari Jawa Tengah. Namun dalam kesenian wayang jemblung ini ada iringan nyanyian oleh penembang secara langsung.

Nah itu tadi adalah sedikit penjelasan tentang pengertian kesenian dan juga contohnya lebih jauh. Maka dari itu demi melestarikan kesenian budaya yang ada di Indonesia, maka kita semua harus melestarikannya dengan cara melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kesenian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *