kalimat
Pengertian Kalimat Dan Unsur


Jurnaliscun.com – Malam hari yang hangat ini, saya akan memposting lagi mengenai topik bahasan yang diatas yaitu Pengertian Kalimat Dan Unsur Unsurnya , kalimat ? hmm sobat pasti sudah tau apa itu yang namanya kalimat , yap bener kalimat itu suatu bahasa yang digunakan untuk menyampaikan ide. Nah, pengertian tersebut belum jelas, hanya menurut pandangan awam saja, mau tau penjelasan nya lebih lengkap ? sobat bisa baca di postingan ini

Kalimat

1. Pengertian Kalimat

Download Pengertian Kalimat

Kalimat dapat dipahami sebagai satuan bahasa terkecil yang dapat digunakan untuk menyampaikan ide atau gagasan. Dapat dikatakan sebagai satuan bahasa terkecil karena sesungguhnya diatas tuturan kalimat itu masih terdapat satuan kebahsaan yang jauh lebih besar. Pakar berbeda menyatakan bahwa kalimat adalah satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai intonasi akhir, dan secara aktual dan potensi sendiri atas klausa.

2. Unsur Unsur Kalimat

Ibarat sebuah bangunan rumah yang terdiri dari sejumlah komponen dan unsur yang membangun atau membentuk rumah ini. Sosok kalimat juga dapat hadir karena terbangun dari unsur unsur pembangunan kalimat itu. Tanpa unsur pembangunan yang jelas kesejatiannya itu, sebuah kalimat tidak pernah akan dapat terwujud dengan benar dan makna yang baik.

a. Subjek

Unsur pembentuk kalimat yang harus disebut pertama ini adalah subjek. Dalam kalimat, subjek tidak selalu terdapat didepan. Adakalanya subjek itu terletak dibelakang predikat terutama kali kalimat yang berdiatesis pasif, seperti telah disebutkan di depan, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengetahui keberadaan subjek kalimat.
Cara yang pertama adalah dengan mempergunakan pertanyaan siapa + yang + predikat apabila subjek itu adalah subjek orang, atau apa + yang + predikat bilamana yang menjadi subjek itu bukan orang. Di atas sudah dikatakan bahwa subjek tidak selalu berada di depan predikat.

b. Predikat

Sama sama sebagai unsur pokok didalam kalimat, predikatif memiliki karakter yang tidak sama dengan subjek. Akan tetapi, kejatian sebuah subjek menjadi jelas juga karena ada subjek kalimatnya. Dengan demikian dapat dikatan bahwa sesungguhnya subjek dan predikat kalimat itu sama sama menjadi unsur pokok dalam kalimat.

Baca Artikel Terkait >> Teknik Menyusun Kalimat

c. Objek

Dalam banyak hal dapat dikatakan bahwa objek kalimat berlawanan dengan subjek kalimat. Tempatnya juga hampir pasti berlawanan didalam kalimat. Objek kalimat hanya dimungkinkan hadir apabila predikat kalimat tersebut merupakan verba atau kata kerja yang sifatnya aktif transitif.

d. Pelengkap

Pelengkap sering dikacaukan pemahamannya dengan objek kalimat. Dalam kalimat pasif, pelengkap tidak dapat menempati fungsi objek pada posisi yang sama, objek dapat menempatinya. Maka, inilah sesungguhnya perbedaan mendasar antara objek dan pelengkap.

e. Keterangan

Keterangan adalah unsur kalimat yang sifatnya tidak wajib hadir. Berbeda dengan subjek, predikat, objek dan pelengkap yang sifatnnya wajib hadir, keterangan sifatnya mana suka. Dengan tanpa keterangan itu, kalimat tetap saja berciri gramatikal maka, keterangan kalimat itu sesungguhnya dapat disebut sebagai unsur luaran atau unsur periferal. Adapun fungsinya adalah untuk menambahkan informasi pada kalimat itu. Informasi yang hendak ditambahkan itu adalah tempat, waktu, cara, syarat, sebab, tujuan, dan sebagainya.
Demgan kata lain, posisi dari keterangan itu cendrung lebih bebas, tidak terikat.

Sobat bisa mendownload artikel diatas ini dengan klik download

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com