Pengertian Istishab Dan Macam Macam Istishab

oleh -85 views
pengertian istishab dan macam macam istishab
pengertian istishab dan macam macam istishab

Web portal pendidikan – Selamat pagi sobat keluhkesah.com, kali ini kita akan memberikan materi edukasi dengan judul pengertian istishab dan macam macam istishab. Untuk penjelasan lengkapnya dapat kita ulas dibawah ini.

Pengertian Istishab Dan Macam Macamnya

pengertian istishab dan macam macam istishab
pengertian istishab dan macam macam istishab

A. Pengertian Istishab

Secara lughawi istiṣḥab berasal dari kata shuhbah yang dimaknai membandingkan sesuatu kemudian mendekatkannya.

pengertian istishab
pengertian istishab

Sedangkan menurut istilah istishab yaitu mendekatkan suatu peristiwa dengan hukum tertentu dengan peristiwa lainnya, sehingga keduanya dinilai sama status hukumnya.

Hakikat dari istishab yaitu memberlakukan apa yang telah berlaku sebelumnya selama belu ada hukum yang mengubahnya.

Misalnya seseorang pada awalnya suci dari najis maka akan ditetap dinyatakan bahwa dia suci dari najis, sampai ada bukti yang menunjukkan bahwa dia terkena najis.

Para Ulama Ushul Fiqih berbeda pendapat tentang kehujjahan Istishab sebagai dalil hukum. menurut mayoritas ulama Hanafiah, istishab bisa dijadikan hujjah untuk memperkuat hukum yang telah ada sebelumnya dan menganggap hukum itu tetap berlaku pada masa yang akan datang, dan menolak penetapkan hukum yang baru.

Ulama Malikiyah, Syafi’iyyah, Hanabilah, zhahiriyah dan syiah berpendapat bahwa istishab bisa dijadikan hujjah secara mutlak untuk memperkuat hukum yang sudah ada, selama belum ada dalil yang mengubahnya.

Baca juga artikel penulis lainnya :

Dan terdapat juga Sebagian ulama berpendapat bahwa istishab tidak bisa dijadikan dalil.

B. Macam Macam Istishab

macam macam istishab
macam macam istishab

Istishab terbagi menjadi beberapa macam yaitu:

  1. Prinsip asal tidak ada, yaitu pada dasarnya tidak ada yang menetapkan keberadaannya. Jika hal ini diumpakan dalam hukum, maka seseorang tidaka akan dituntut secara hukum sebelum hukum tersebut ditetapkan.
  2. Prinsip bebas dari tanggung jawab, yaitu sesuatu yang terbebas dari tanggung jawab sampai dibuktikan bahwa adanya tanggung jawab atasnya, Jika hal ini diumpakan dalam hutang, maka seserang tersebut dinyatakan tidak memiliki hutang sebelum dibuktikan bahwa dia telah berhutang.
  3. Prinsip umumnya dalil, yaitu pengamalan dalil yang berbentuk umum sambal menunggu adanya dalil lain yang membatasinya. Misalnya berlakunya ketentuan umum bahwa seseorang yang mendapat hutang bebas menggunakan uang tersebut sampi adanya dalil atau ketentuan khusus dalam penggunaan uang hasil hutang tersebut.
  4. Prinsip pemberlakuan hukum, yaitu prinsip masih berlakunya hukum yang sudah ditetapkan sampai kemudian ada hukum yang membatalkannya. Misalnya hukum lama masih tetap berlaku hingga ada hukum yang menggantinya.
  5. Prinsip berlakunya sifat atau keadaan yaitu, tetap berlakunya suatu sifat atau keadaan sampai ada hal yang mengubahnya. Misalnya seseorang ang sudah jelas terpilih sebagai pemimpin tetap dianggap sebagai pemimpin sampai kemuadian bahwa dia diturunkan dari jabatannya atau habisnya masa jabatan.
  6. Prinsip hukum akal, yaitu memberlakukan hukum yang ditetapkan akal sampai datangnya wahyu yang dibawa nabi, misalnya pada masa jahiliyah dulu mereka diperbolehkan meminum khamr sampai datangnya wahyu yang menyatakan bahwa hukum meminim khamr itu di haramkan.

Baca juga : Pengertian zakat dan hukumnya

Prinsip hukum ijma’, yaitu memberlakukan hukum yang ditetapkan dengan ijma’ waktu terjadinya perubahan ada ijma‘ lain yang menetapkannya. Misalnya seseorang yang melakukan tayamum untuk shalat dan kemudian dia melihat air atau mendengar jika ternyata ada air maka batal shalatnya.

penulis, Imas masitoh
penulis, Imas masitoh

Artikel ditulis oleh Imas Masitoh dengan judul artikel Pengertian istishab dan macam macam istishab.

Profil lengkap penulis :
Nama : Imas Masitoh
Domisili : Bates Labuhan Sreseh Sampang
Pendidikan : Mahasiswi Ekonomi Syariah FEBI UINSA
Email Pengirim : Imas Masitoh
Judul Tulisan : Pengertian istishab dan macam macam istishab


Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Mulai dari sekarang, mari menulis artikel dan dapatkan hadiah jutaan rupiah dari keluhkesah.com. Caranya tinggal kirim artikel yang rutin ke email kami yang tertera diatas.

Kata kunci : Pengertian istishab dan macam macam istishab

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *