Pengertian Gadget, Jenisnya, dan Contohnya

oleh -28 views
6. Pengertian Gadget Jenisnya Dan Contohnya

Berbicara tentang gadget tentunya sudah tidak asing lagi karena hampir setiap orang mulai tergantung dengan perangkat ini. Entah itu untuk bermain media sosial, game, menontoh video, mendengarkan musik, dll.

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah apakah gadget itu sama seperti Hp? Sejumlah orang terkadang tidak bisa membedakan antara Hp dengan gadget. Padahal sebenarnya jenis gadget itu ada banyak, tidak hanya sebatas Hp saja. Berikut adalah penjelasannya, antara lain:

Pengertian Gadget

Secara umum, gadget disebut juga dengan gawai. Yaitu sebuah instrument atau perangkat yang dibuat secara khusus untuk meringankan beban manusia. Itulah sebabnya gadget selalu berkaitan dengan teknologi yang lebih canggih dari tipe sebelumnya.

Dari sinilah gadget menjadi berbeda dengan perangkat elektronik pada umumnya karena gadget selalu ada pembaharuan (update). Jadi jangan heran bila gadget selalu menghadirkan teknologi terbaru untuk membuat hidup Anda lebih praktis. Berikut pengertian gadget menurut para ahli, antara lain:

  1. Menurut Garini dalam Rohman (2017: 27), maka gadget itu termasuk perangkat elektronik yang memiliki banyak fungsi. Gadget yang berupa smartphone umumnya disebut dengan telepon genggam. Seiring berjalannya waktu, fungsi dan fitur smartphone semakin banyak dan lengkap.
  2. Menurut Derry ( 2014: 7), gadget merupakan perangkat elektronik yang dibuat khusus untuk membantu pekerjaan manusia supaya lebih praktis. Sehingga dengan adanya gadget inilah nantinya akan membuat semua pekerjaan menjadi lebih praktis karena serba teknologi.
  3. Menurut Manumpil, dkk (2015: 1), gadget merupakan peralatan teknologi yang mulai berkembang pesat dan fungsinya banyak, khususnya pada smartphone, Blackberry, dan iPhone. Dimana setiap tahunnya selalu ada perubahan dan peningkatan fitur secara rutin demi memenuhi kebutuhan konsumen atau penggunanya.

6 Contoh Gadget Berdasarkan Fungsinya

Pada dasarnya hampir sebagian besar orang mengira gadget itu hanya sebuah smartphone saja. Padahal smartphone hanyalah salah satu dari sebagian besar perangkat gadget saat ini. Maka dari itu supaya tidak salah, berikut kami berikan contoh gadget berdasarkan fungsinya, antara lain:

  1. Handphone – Perangkat ini termasuk jenis gadget yang paling sering digunakan oleh semua orang saat ini. Menariknya lagi adalah perkembangan handphone semakin pesat dan perubahannya cepat. Jenis handphone terpopuler sekarang ini menggunakan sistem operasi android, iOs, dan juga windows phone.
  2. Komputer/ laptop – Ini adalah salah satu jenis gadget yang sering dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan, khususnya di bidang pekerjaan. Gadget itu sendiri butuh sistem operasi supaya bisa berjalan, yaitu Mac, Windows, Linux, dll.
  3. Kamera Digital – ini adalah salah satu jenis gadget yang berguna untuk menangkap gambar atau objek berbentuk foto dan video. Karena fungsinya itulah membuat beberapa orang sering menggunakannya untuk mengabadikan momen terbaiknya saat liburan atau sedang ada event tertentu.
  4. iPad dan tablet – jenis gadget yang satu ini ukurannya lebih besar dari hp. Dengan ukuran layar yang berukuran lebih besar dari hp membuat iPad dan tablet dapat menampilkan visual yang lebih jelas dan besar. Jadi pengguna bisa merasa nyaman saat bermain game, menonton, dan melakukan kegiatan yang lain.
  5. Headphone/ headset – salah satu jenis gadget yang dimanfaatkan untuk mendengarkan musik supaya suaranya lebih jelas. Dengan memanfaatkan headphone atau headset inilah pengguna bisa menikmati suara video dan musik lebih jelas tanpa gangguan.

Dampak Positif Gadget Dilihat dari Fungsinya

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan gadget dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Di bawah ini adalah dampak positif menggunakan gadget bila dilihat dari segi fungsinya, antara lain:

  1. Seperti yang diketahui bahwa gadget itu diciptakan untuk memberikan hiburan kepada penggunanya. Misalnya seperti iPod yang berguna untuk bermain game, mendengarkan musik, melihat video, dll.
  2. Gadget bisa dimanfaatkan untuk akses internet. Karena dengan gadget inilah Anda bisa mencari segala informasi yang dibutuhkan secara online sekaligus mengunduh file apa saja yang dibutuhkan.
  3. Gadget berguna untuk media komunikasi. Sehingga penggunanya bisa lebih mudah berinteraksi dengan orang banyak (sesame pengguna gadget).
  4. Gadget berguna untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan. Misalnya untuk mencari informasi yang bermanfaat lewat beberapa situs. Atau untuk mengerjakan tugas kuliah, sekolah, dll.
  5. Gadget berguna untuk memperluas jaringan pertemanan Anda. Seperti yang terlihat sekarang ini ada banyak jaringan media sosial yang bisa diakses menggunakan gadget dengan mudah untuk memperluas jaringan pertemanan dan penjualan (bisnis).
  6. Gadget efektif dapat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis lebih mudah. Karena dengan menggunakan gadget inilah nantinya Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan promosi secara online. Sehingga hal tersebut bisa membuat peluang untuk menghasikan uang lebih banyak.

Dampak Negatif Kecanduan Gadget

Meski memiliki banyak kelebihan, namun ternyata gadget bisa memberikan dampak negative bila tidak digunakan dengan benar. Sayangnya hampir setiap orang selalu mengecek gadgetnya 12 menit sekali, bahkan bisa kurang dari itu. Sehingga hal tersebut bisa menyebabkan dampak negative karena kecanduan gadget. Berikut dampaknya, antara lain:

  1. Terlalu sering menggunakan gadget bisa merusak mata. Karena saat Anda menatap gadget terlalu lama pasti akan membuat mata Anda menjadi kering. Bahkan lebih buruknya lagi adalah bisa menyebabkan terjadinya peradangan dan infeksi mata. Sehingga bila hal tersebut tetap dilakukan akan mempengaruhi kesehatan mata Anda dalam jangka panjang.
  2. Menggunakan gadget terlalu sering bisa menyebabkan pola tidur menjadi terganggu. Karena gadget umumnya memantulkan cahaya biru sehingga bisa mengganggu produksi hormone melatonin yang umumnya bisa membantu orang tidur. Buruknya lagi adalah bila remaja memiliki pola tidur yang abnormal bisa menyebabkan konsentrasi dan pola pikirnya menjadi terganggu.
  3. Selain bisa merusak mata, menggunakan gadget terlalu sering akan membuat postur tubuh berubah. Bahkan ada beberapa diantaranya yang mengalami nyeri bahu dan leher karena posisi kepalanya terlalu condong ke depan ketika sedang melihat gadget. Sehingga dalam jangka lama, pemakaian gadget tersebut bisa membuat struktur tulang menjadi bungkuk dan susah normal.
  4. Saat seseorang mulai kecanduan terhadap gadget, hal ini membuat aktivitas fisik orang menjadi berkurang. Karena Anda terlalu banyak duduk menggunakan gadget, otomatis hal tersebut bisa menyebabkan angka masalah kanker, diabetes, dan kesehatan mental seperti depresi semakin meningkat.
  5. Ketika seseorang mulai gencar dan tidak terkontrol menggunakan gadget, misalnya saja terlalu lama menelepon, hal tersebut bisa menyebabkan masalah pada kesehatan. Jadi tidak hanya mata saja, namun juga bermasalah pada otak. Itu karena radiasi yang disebabkan oleh ponsel bisa membuat kemampuan seseorang dalam mengingat bentuk abstrak menjadi berkurang.

Setelah melihat sedikit penjelasan tentang pengertian, jenis, contoh, dan dampak positif negatifnya, maka sebaiknya batasi pemakaian gadget setiap hari. Sehingga Anda bisa mengurangi dampak buruk gadget karena kecanduan sejak dini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *