Web portal pendidikan – untuk sore ini sedikit saya share tentang pengertian ekosistem, baik secara pengertian nya. Kehidupan semua jenis makhluk hidup saling memengaruhi, dipengaruhi, dan berinteraksi dengan alam membentuk suatu kesatuan yang disebut ekosistem.

Pengertian Ekosistem

Cabang biologi yang mempelajari ekosistem adalah ekologi. Menurut Ernest Haeckel (zoologiwan Jerman, 1834 – 1914 ), ekologi menurut bahasa yunani, oikos = rumah atau tempat hidup, logos artinya ilmu , diartikan sebagai ilmu yang mempelajari interaksi yang terjadi diantara makhluk hidup ataupun antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

ekosistem1
Definisi Ekosistem
pengertian ekosistem

Para ahli ekologi mempelajari makhluk hidup dalam enam hierarki kehidupan, mulai dari individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, biosfer.

1. Individu, merupakan satuan makhluk hidup dari satu spesies tertentu. Contohnya, seekor rusa.

2. Populasi, merupakan sekelompok makhluk hidup terdiri atas individu individu satu spesies yang mendiami suatu daerah tertentu (habitat) pada waktu yang sama. Misalnya, popupasi pohon kelapa di kelurahan Tegakan pada tahun 1989 berjumlah 2.552.

3. Komunitas, merupakan kelompok makhluk hidup terdiri atas berbagai populasi yang berinteraksi sesamanya pada suatu tempat dan waktu tertentu. Misalnya suatu komunitassawah terdapat populasi padi, rumput, katak, ikan, dan burung.

4. Ekosistem, merupakan komunitas (faktor biotik) dan lingkungan fisiknya (faktor abiotik) yang berinteraksi. Misalnya suatu ekosistem sawah yang dihuni oleh beberapa populasi organisme dan berinteraksi dengan seluruh faktor abiotiknya (air,tanah,cahaya, dan iklim).

5. Biosfer, Merupakan seluruh bagian bumi yang dihuni oleh organisme.

6. Bioma, (ekosistem klimaks) merupakan ekosistem dalam skala besar yang melibatkan iklim akibat perbedaan letak geografis. Misalnya bioma hutan hujan trofis, savana, gurun, kutub es, hutan konifer, dan tundra.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, untuk lebih mendetail secara jelas lagi tentang ekosistem nanti saya publish artikel artikel terbaru nya.

Artikel ditulis oleh @duta dengan judul artikel Pengertian ekosistem. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com