Pengertian dan 10 Macam Macam Rubik Yang Pernah Eksis Di Masyarakat

oleh -299 views
Pengertian rubik dan macam macam rubik
Pengertian rubik dan macam macam rubik

Web portal pendidikan – Selamat pagi sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan membuat suatu artikel yang berkaitan dengan mainan anak. Adapun judul artikel yang saya buat adalah pengertian dan macam macam rubik yang pernah eksis di masyarakat. Berikut ulasannya dapat saya sampaikan dibawah ini.

Pengertian Rubik


Pengertian rubik adalah kubus yang berbentuk dengan enam sisi yang sama dan pada setiap sisinya punya warna yang berbeda berbeda. Oh iya, setiap sisi dari rubik juga terdiri dari sembilan buah kotak kecil yang bisa kamu putar ke berbagai arah. Sehingga dalam satu benda rubik ada 54 (lima puluh empat) buah kotak kecil yang bisa diputar putar ke seluruh arah menjadi warna yang diacak.

Tantangan permainan rubik bisa dilihat saat 54 kotak kecil yang tadi warnanya sudah tidak lagi menjadi satu sisi dengan warna lainnya (yang telah kita acak). Ini berarti kita harus menyusun sampai keenam sisi dari rubik bisa menjadi satu lagi dengan warna yang sama pada tiap sisinya.

Apakah teman-teman disini bisa menyelesaikan rubik sehingga bisa tersusun menjadi warna yang sama lagi dalam waktu yang singkat? Mari Kita cari tahu sejarah penemuan kubus rubik yang dibuat oleh Pak Erno Rubik ya!

Kubus Rubik Diciptakan Sebagai Media Belajar

Kubus rubik ini ternyata diambil dari nama penemunya, yaitu Erno Rubik. Pak Erno yang lahir di Budapest menciptakan suatu model atau contoh rubik pada tahun 1974 untuk para murid muridnya. Selain menciptakan rubik, Pak Erno juga merupakan guru yang mengajar desain dan arsitektur.

Nah kembali lagi ke rubik, untuk membantu muridnya memahami konsep ruang dan tiga dimensi, Pak Erno akhirnya membuat suatu media pembelajaran. Untuk membuat muridnya dapat memahami apa yang diajarkannya, Pak Erno kemudian membuat “benda” yang yang bisa digerakkan serta dapat diputar-putar.

Benda yang diciptakan Pak Erno pada saat itu menjadi benda yang unik, karena bisa berputar ke berbagai arah dan sisi tanpa rusak maupun berjatuhan.

Perlu Satu Bulan untuk Menemukan Penyelesaian Kubus Rubik

Tahukah kamu ? Ada 43 triliun kombinasi yang bisa digunakan untuk menyelesaikan rubik sampai menyatu dengan warna yang sama di tiap sisinya. Saat ini, jika teman-teman ingin segera menyelesaikan rumus kubik ke bentuk asalnya, kamu bisa membaca buku mengenai teknik susun rubik maupun menonton video cara menyelesaikan rubik.

Namun pada awal pembuatannya, Pak Erno membutuhkan waktu yang lama untuk dapat menyelesaikan rubik yang dibuatnya sendiri. Setelah membuatnya pada tahun 1974, Pak Erno membutuhkan waktu kurang lebih selama satu bulan untuk dapat menyelesaikan rubik buatannya sendiri agar kembali menyatu lagi.

Ketika menciptakan rubik, Pak Erno tidak terpikir apakah mungkin ia bisa menyelesaikan rubik buatannya sendiri, tapi justru apakah mungkin ia dapat menemukan metode yang tepat untuk menyelesaikan rubik buatannya. Hal itulah yang menjadi penyebab kenapa Pak Erno butuh waktu yang cukup lama untuk dapat menyelesaikan rubiknya.


Sejarahnya Rubik Tercipta

Sejarah rubik tercipta dan penemunya
Sejarah rubik tercipta dan penemunya

Mulai Diperkenalkan Tahun 1977

Setelah dibuat tahun 1974, Pak Erno mematenkan rubik buatannya yang diberi nama Magic Cube atau Buvos Kocka dalam bahasa Hungaria, yang berarti kubus ajaib sebagai puzzle di tahun 1975.

Nah, pada 1977, Magic Cube ini mulai digemari dan diproduksi dalam jumlah kecil serta semakin populer di Hungaria pada akhir tahun 1970-an, lalu diikut sertakan dalam Pameran Mainan Internasional sehingga permainan rubik semakin menyebar luas.

Tidak hanya di Hungaria, Magic Cube mulai banyak dimainkan masyarakat di London, Paris, sampai New York.
Baru pada tahun 1980an, kubus rubik buatan Pak Erno diproduksi secara besar-besaran oleh satu perusahaan mainan.

Namun, ada beberapa perubahan kecil yang dilakukan, yaitu berat dari rubik ini dikurangi setengahnya agar mudah dibawa kemana mana dan nama Magic Cube diganti menjadi Rubik’s Cube atau Kubus Rubik.

Perubahan yang dilakukan memberikan banyak keuntungan, yaitu beratnya yang dikurangi hingga setengahnya, waktu yang dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan rubik agar menjadi lebih cepat.

Setelah menjadi semakin terkenal dan populer lalu dimainkan oleh banyak orang, akhirnya pada 1982 diadakanlah Kejuaraan Rubik Internasional yang diadakan pertama kali di daerah Budapest.


Macam Macam Rubik

Macam macam rubik
Macam macam rubik

Pada saat ini bentuk Rubik tidak hanya berbentuk kotak persegi berdimensi 3 × 3 × 3 seperti awal saja. Bentuk Rubik saat ini sudah sangat bervariasi, berikut ini adalah jenis dan macam macam rubik yang pernah ada sampai saat ini. .

  1. Standar Cube (3x3x3)
  2. Master Cube (4x4x4)
  3. Professor Cube (5x5x5)
  4. V-Cube 6 (6x6x6)
  5. V-Cube 7 (7x7x7)
  6. Pocket Cube (2x2x2)
  7. Fisher’s Cube (pengembangan dari standar cube 3x3x3)
  8. Void Cube
  9. Square-1
  10. Super Square-1

Nah setidaknya ada kurang lebih 10 macam macam rubik yang pernah eksis dari tahun ke tahun. Apakah ada jenis rubik kamu di 10 macam rubik diatas ? Yuk berikan tanggapanmu melalui kolom komentar dibawah ini.

Itulah penjelasan dari pengertian dan macam macam rubik yang pernah eksis di masyarakat, lebih dan kurangnya saya minta maaf serta saya berharap kritik dan saran yang diberikan pembaca nantinya dapat membangun artikel ini lebih baik lagi kedepannya.

Kamu juga bisa menulis seperti saya diatas, kirim tulisanmu di keluhkesah.com, artikel dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah loh. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami cs@keluhkesah.com

Kata kunci : Pengertian Rubik, Macam macam Rubik, Sejarah Rubik

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

One thought on “Pengertian dan 10 Macam Macam Rubik Yang Pernah Eksis Di Masyarakat

  1. untuk mencari macam macam rubik bagusnya di toko apa ya mas ? di swalayan ada kah mainan rubik dijual ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *